Mata Kuliah ini membahas tentang: Ketentuan Umum Perpajakan, Sejarah dan perkembangan perpajakan, undang-undang serta perubahannya. Kemudian dikaitkan dengan Asuransi sebagai objek pajak dengan subjek pajak (wajib Pajak) Orang Pribadi (OP) maupun Badan Usaha (BU) yang ditinjau dari sisi undang-undang, tarif serta bagaimana cara menghitungnya.


Deskripsi Mata Kuliah: Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis Lembaga Keuangan Bukan Bank sebagai bagian dari sistem lembaga keuangan di Indonesia.

Capaian Mata  Kuliah : Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis manajemen Lembaga Keuangan Bukan Bank yang ada dalam sistem lembaga keuangan di Indonesia baik bersistem konvensional maupun syariah serta mampu menjalankan peran pada Profesi terkait masing-masing Lembaga serta Profesi terkait.

Topik Inti Lembaga Keuangan Bukan Bank: meliputi Sistem dan Lembaga Keuangan (Syariah dan Konvensional), Pasar Modal (Syariah dan Konvensional), Pasar Uang (Syariah dan Konvensional), Asuransi (Syariah dan Konvensional), Gadai (Syariah dan Konvensional), Perusahaan Pembiayaan (Syariah dan Konvensional), Lembaga Pengelola Zakat, Lembaga Pengelola Wakaf, Lembaga Keuangan Mikro.


Mata kuliah ini membahas tentang metode dan distribusi sampling, teori pendugaan statistik, pengujian hipotesis statistik, analisis korelasi, regresi sederhana, regresi berganda, distribusi chi-square, ANOVA satu arah, ANOVA dua arah, dan pengujian Non-Parametrik.