Mata kuliah Pembelajaran IPA di MI/SD ini membahas cara menerapkan berbagai teori pembelajaran yang relevan untuk dilaksanakan pada kegiatan belajar mengajar di MI/SD. Dengan mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu merencanakan pembelajaran IPA serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran di kelas.

Tujuan pembelajaran mata kuliah ini agar mahasiswa mampu:

1.      Mengembangkan perangkat pembelajaran pembelajaran IPA K-13 di MI/SD

2.      Menjelaskan hakikat dan tujuan pembelajaran IPA di MI/SD

3.      Mengidentifikasi kurikulum dan struktur pembelajaran IPA di MI/SD

4.      Mengidentifikasi cara menyusun indikator dan materi pembelajaran IPA di MI/SD

5.      Memahami keterampilan proses pembelajaran IPA di MI/SD

6.      Menyusun penilaian dalam pembelajaran IPA di MI/SD

7.      Mengidentifikasi isi, konten atau materi pembelajaran IPA di MI/SD dalam buku ajar tematik K-13

8.      Melakukan micro teaching pembelajaran IPA MI/SD



MATA KULIAH INI MENJADI MAHASISWA CALON GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DAPAT MENGAJARKAN IPS DI MI

Mata kuliah ini membahas tentang 1). karakteristik guru abad 21. 2) Hakikat pembelajaran tematik, Model Integrasi pembelajaran tematik terpadu, tujuan pembelajaran tematik terpadu, 3) Prota, 4) Promes, 5) Pemetaan KD 6) Pemilihan tema dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar, 7) analisis perangkat pembelajaran terpadu, 8) perencanaan pembelajaran tematik 9)MID semester. 10) Perencanaan Pembelajaran tematik, 11) penilaian Otentik, 12) penilaian Otentik 13) menulis tes hasil belajar 14) menulis tes hasil belajar, 15) review materi perkuliahan 16) UAS.