Teknologi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari semua aspek kehidupan manusia. Hampir dalam semua kegiatan, manusia memanfaatkan teknologi, baik yang sederhana maupun yang canggih. Penciptaan teknologi, sesuai dengan esensinya, dilakukan untuk memudahkan kegiatan hidup manusia. Walaupun mampu memberikan kontribusi positif, dampak dari penciptaan sebuah teknologi sering pula memberi warna negatif terhadap hidup manusia. Manusia harus memandang teknologi sebagai sesuatu yang bersifat netral yaitu sarana yang dapat membantu untuk melaksanakan tugas dan aktivitas pekerjaan. Demikian pula halnya dengan komputer yang merupakan teknologi yang berkembang pesat, yang terbukti telah banyak membantu meningkatkan kinerja manusia. Di masa depan perkembangan teknologi komputer akan berlangsung semakin pesat. Hal ini mengharuskan masyarakat untuk lebih mengenal dan bahkan mampu memanfaatkan teknologi tersebut dalam aktivitas kehidupan mereka. Guru dan pendidik perlu menyiapkan siswa agar mengenal penggunaan teknologi komputer. Pengenalan teknologi komputer sejak usia dini akan mendorong anak untuk berani menggunakannya. Di masa depan mereka akan lebih mampu menguasai teknologi yang diperlukan untuk mendukung penyelesaian tugas dan pekerjaan. Untuk mencapai sasaran ini guru perlu memiliki computer literacy – pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan komputer – dan juga kemampuan mengajarkan teknologi tersebut kepada peserta didik. Dalam hal ini peserta didik adalah anak usia dini.

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar penelitian kualitatif. Beberapa materi yang akan dipelajari antara lain pengertian penelitian; prinsip-prinsip penelitian; paradigma penelitian,  dokumentasi; proses dan etika dalam penelitian; desain penelitian; penelitian pengembangan; penelitian survei; penelitian eksperimen; penelitian kualitatif; data dan teknik pengumpulan data; pembuatan kuesioner; teknik wawancara dan observasi; cara menentukan sampel; teknik analisis data; penulisan proposal penelitian; penulisan laporan dan hasil penelitian.


Pada mata kuliah Micro Teaching ini mahasiswa akan diberikan pengalaman menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPPH) dengan berbagai model pembelajaran dan kemudian mempraktikkan mengajar dengan RPPH yang telah dibuat. Tujuan dari mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi (pengetahuan, keterampilan dan sikap) sebagai calon pendidik bagi anak usia dini sehingga memiliki pengalaman melakukan pembelajaran dan kesiapan untuk melakukan praktik pembelajaran ke sekolah-sekolah PAUD.