Mata kuliah ini akan memberikan pemaparan terkait dunia penyiaran, baik dalam tataran teoritis maupun praktis. Dalam tataran teoritis, mahasiswa akan diberikan penjelasan mengenai ruang lingkup yang ada di dalam dunia penyiaran, meliputi karakteristik, jenis dan proses penyiaran, frekuensi siaran, media penyiaran lokal dan nasional, regulasi, hingga implikasi dalam konteks ekonomi, politik, sosial dan budaya. Dalam tataran praktis mahasiswa akan diberikan ruang yang akan menjadi wadah aplikatif dalam mengekspresikan kemampuan mereka dalam dunia siaran, baik dalam bentuk siaran radio, maupun dalam bentuk siaran televisi

Mata kuliah ini akan memberikan pemaparan teoritis dan praktis mengenai dunia penyiaran. Dalam tataran teoritis mahasiswa akan diberikan materi-materi meliputi, definisi, karakteristik, jenis dan proses penyiaran, frekuensi siaran, prinsip dasar penyiaran, media penyiaran, dan sebagainya. Dalam tataran praktis mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori yang diperoleh dalam ruang siaran, baik siaran dalam radio maupun siaran televisi.



Mata Kuliah ini akan membahas tentang teknologi dalam broadcasting baik dalam radio maupun televisi. Mata kuliah dasar broadcasting merupakan mata kuliah syarat beberapa mata kuliah lanjutan sepertu Jurnalisme Media dan Sinematografi. Dalam beberapa mata kuliah syarat tersebut, dibutuhkan pemahaman dasar tentang broadcasting secara jelas. Sehingga mahasiswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan dalam mata kuliah lanjutan tersebut.

 Selain itu, dasar broadcasting juga akan membahas tentang berbagai materi terkait dunia penyiaran. Di antaranya adalah sistem telekomunikasi (frekuensi, sistem satelit), teknik audio dan video, keahlian tradisi oral/lisan dalam bidang broadcasting (senam mulut dan olah vocal), manajemen pengelolaan radio dan televisi, dasar-dasar pemrograman, karakteristik radio siar, karakteristik televisi, teknik editing, penyutradaraan, iklan, kebijakan penyiaran, dan sebagainya

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian untuk memahami periklanan sebagai bagian dari disiplin ilmu komunikasi. Pembahasan mata kuliah ini meliputi pengantar periklanan, iklan dan komunikasi pemasaran, etika periklanan dan materi lainnya yang relevan. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa tidak hanya mampu mengenal periklanan dalam teori, tetapi juga mampu mengaplikasikan periklanan sekaligus mampu mengkritisi/mengidentifikasi periklanan yang bermasalah baik dari etika periklanan, maupun perspektif lainnya