Bimbingan dan Konseling Islam merupakan MK yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait pemberian bantuan dari konselor kepada konseli.

Bimbingan Konseling Islam adalah upaya sistematis, objektif, logis, dan berkelanjutan serta terprogram yang dilakukan atau guru bimbingan dan konseling untuk memfasilitas perkembangan peserta didik/ konseli untuk mencapai kemandirian dalam kehidupannya.

Tujuan Matakuliah:

Untuk memahami standar penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang mencakup tentang pengertian tujuan penilaian pendidikan oleh pendidik dan satuan pendidikan, prinsip-prinsip penilaian, tehnik penilaian untuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tahapan-tahapan dan prosedur yang harus dilakukan oleh pendidik. Konstruksi untuk tehnik penilaian, analisis tes (analisis tingkat kesukaran soal, daya beda soal, dan distraktor).

Mata kuliah Strateti Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi calon guru untuk merencanakan, mengembangkan serta melaksanakan pembelajarn Sejarah Kebudayaan Islam. Beberapa prinsip pengembangan strategi berdasarkan peserta didik, materi, berdasarkan Al Qur`an dan Al Hadits, serta teknologi pendidikan akan dikembangkan dalam pembelajaan ini.  

DESKRIPSI TELAAH KURIKULUM PAI

Mata kuliah Telaah Kurikulum PAI ini   merupakan mata kuliah wajib untuk memberikan pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan   pada mahasiswa Prodi PAI dalam menelaah kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam beberapa bidang studi yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah, maupun di SD, SMP dan SMA/SMK. Adapun yang menjadi focus kajian di antaranya mencakup: (1) menelaah standar kompetensi professional guru sebagai pengembang kurikulum (dalam konteks Kurikulum 2006 atau KTSP dan Kurikulum 2013); (2) menelaah perbedaan kerangka dasar yang mencakup: hakikat,   landasan, prinsip, dan struktur  kurikulum 2006 dan kurikulum 2013; (3) menelaah standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian dalam kurikulum 2006 dan kurikulum 2013   sesuai kebijakan Kemenag; (4) menelaah   silabus kurikulum 2013 yang mencakup bidang studi Alquran Hadits, Aqidah Akhlak, Fikih, SKI pada Madrasah dan PAI pada sekolah umum;  (5)  Berdasarkan hasil telaah kurikulum masing- masing bidang studi, merancang dan merencanakan: indikator, materi, strategi pembelajaran, penilaian, media dan sumber belajar mengacu pada kurikulum 2013


Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara teori dan praktek mengenai telaah kurikulum PAI .Dengan adanya penelahaan terhadap kurikulum, mahasiswa akan mampu membedakan antara kurikulum 2007 dengan kurikulum 2013 serta mampu memahami materi kurikulum PAI  di sekolah. Selain itu, mahasiswa juga secara praktis akan mampu menelaah RPP Kurikulum  2013.    

Mata kuliah Telaah Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) ini merupakan mata kuliah  wajib untuk memberikan pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan   pada mahasiswa prodi PAI dalam menelaah kurikulum PAI dalam beberapa bidang studi yang diajarkan di SMP/SMA. Adapun yang menjadi fokus kajian di antaranya mencakup: (1) menelaah standar kompetensi profesional guru sebagai pengembang kurikulum (dalam konteks Kurikulum 2006 atau KTSP dan Kurikulum 2013); (2) menelaah perbedaan kerangka dasar yang mencakup: hakikat,   landasan, prinsip, dan struktur  kurikulum 2006 dan kurikulum 2013; (3) menelaah standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian dalam kurikulum 2006 dan kurikulum 2013   sesuai kebijakan Kemendikbud; (4) menelaah   silabus kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 bidang studi PAI;  (5)  merancang perencanaan pembelajaran berdasarkan hasil telaah silabus masing- masing bidang studi, yang mencakup: indikator, materi, strategi pembelajaran, penilaian, dan media dan sumber belajar baik mengacu pada kurikulum 2006 maupun kurikulum 2013 yaitu tematik-integratif.