Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang profesi keguruan/pendidikan yang diawali dari hakikat profesi dan profesionalisme, kode etik guru sebagai tenaga pendidik, manajemen pengelolaan guru dan tenaga kependidikan, kompetensi guru juga lembaga pendidikan tenaga kependidikan, sampai pada upaya peningkatan kualitas guru lewat pendidikan dan pelatihan. Pada bagian akhir dibahas nilai guru ssebagai panggilan jiwa, hubungan guru dengan anak didiknya, sampai pada upaya penciptaan kepribadian guru yang ideal. 

Sasaran mata kuliah ini adalah untuk membekali para mahasiswa agar dapat memahami pengetahuan tentang profesi Keguruan/ pendidikan dan beberapa kompetensi seorang guru yang baik, cakap dan terampil didepan kelas


Mata kuliah ini membahas tentang pengertian etika/profesi kependidikan dan profesionalismenya, guru sebagai tenaga profesional, proses peningkatan profesi guru, persyaratan guru, etika profesi dalam pendidikan, tugas, tanggung jawab, dan peran guru, kompetensi guru, pemanfaatan high touch dalam pembelajaran, kode etik guru Indonesia, dan prosedur sertifikasi guru.


1.      Ta’aruf dan Muqaddimah

2.      Konsep Strategi Pembelajaran Qur’an Hadits

3.      Hakikat Belajar dan Pembelajaran Qur’an Hadits

4.      Strategi Pembelajaran Qur’an Hadits

5.      Metode Pembelajaran Qur’an Hadits

6.      Media Pembelajaran Qur’an Hadits

7.      Evaluasi Pembelajaran Qur’an Hadits I

8.      MID Semester

9.      Evaluasi Pembelajaran Qur’an Hadits II

10.  Etika dan Profesi Guru dalam Proses Belajar Mengajar

11.  Kompetensi Keguruan dalam Pembelajaran

12.  Praktek Keguruan di dalam Kelas Tahap I

13.  Praktek Keguruan di dalam Kelas Tahap II

14.  Praktek Keguruan di dalam Kelas Tahap III

15.  Pendalaman Materi

16.  UAS.


Matakuliah ini merupakan mata kuliah pokok tentang pemahaman konsep-konsep dan mengetahui urgenitas peserta didik dalam menguasai materi Sejarah kebudayaan Islam (SKI). Selain itu, mahasiswa di tuntut untuk praktek  pembelajaran agar mampu mengembangkan teknologi pembelajaran terutama pada materi SKI, dengan pembekalan penguasaan materi kurikulum yang ada. Dan juga mahasiswa harus mampu memilih startegi yang baik dalam mengajar SKI nantinya, sehingga bisa memberikan pembelajaran yang nyata kepada peserta didik.

Matakuliah ini merupakan mata kuliah pokok tentang pemahaman konsep-konsep dan mengetahui urgenitas peserta didik dalam menguasai materi Sejarah kebudayaan Islam (SKI). Selain itu, mahasiswa di tuntut untuk praktek  pembelajaran agar mampu mengembangkan teknologi pembelajaran terutama pada materi SKI, dengan pembekalan penguasaan materi kurikulum yang ada. Dan juga mahasiswa harus mampu memilih startegi yang baik dalam mengajar SKI nantinya, sehingga bisa memberikan pembelajaran yang nyata kepada peserta didik.


Mata kuliah Telaah Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) ini merupakan mata kuliah  wajib untuk memberikan pengalaman baik berupa

pengetahuan, sikap, dan keterampilan   pada mahasiswa PAI dalam menelaah kurikulum PAI dalam beberapa bidang studi yang diajarkan di SMP/SMA. Adapun yang menjadi fokus kajian di antaranya mencakup: (1) menelaah standar kompetensi professional guru sebagai pengembang kurikulum (dalam konteks Kurikulum 2006 atau KTSP dan Kurikulum 2013); (2) menelaah perbedaan kerangka dasar yang mencakup: hakikat,   landasan, prinsip, dan struktur  kurikulum 2006 dan kurikulum 2013; (3) menelaah standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian dalam kurikulum 2006 dan kurikulum 2013   sesuai kebijakan Kemendikbud; (4) menelaah   silabus kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 bidang studi PAI;  (5)  merancang perencanaan pembelajaran berdasarkan hasil telaah silabus masing- masing bidang studi, yang mencakup: indikator, materi, strategi pembelajaran, penilaian, dan media dan sumber belajar baik mengacu pada kurikulum 2006 maupun kurikulum 2013 yaitu tematik-integratif.

.


Mata kuliah ini bertujuan untuk mengajak para mahasiswa untuk mampu menelaah kurikulum Pendidikan Agama Islam. Kurikulum yang akan ditelaah meliputi KTSP dan K-2013. Dengan adanya kemampuan mahasiswa menelaah kurikulum PAI, akan besar kemungkinan mahasiswa mampu melaksanakan kurikulum secara praktis.