Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami desain ekstrakurikuler PAI baik secara teoretis maupun praktis 

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa dalam mengidentifikasi, memberikan solusi beserta analisis terhadap ragam isu-isu aktual dalam pendidikan Islam, baik dalam konteks pemikiran, kelembagaan, penyelenggaraan, maupun kebijakan terhadap pendidikan meliputi isu-isu pendidikan di Indonesia dan dunia global. 

  • Mata kuliah ini akan mempelajari bagaimana kerangka pemikiran ahli sehingga PTK ini harus dipelajari dan di praktekkan. Kemudia mahasiswa harus mampu memahami apa yang dimaksut dengan masalah dan bagaimana cara menemukan masalah. Dengan mengetahui apa itu masalah, setelah mahasiswa mengetahui apa yang dimaksut masalah, maka mahasiswa dianjurkan untuk menemukan masalah berdasarkan pengalaman, membaca buku, atau peristiwa yang pernah dialaminya. Dengan didapatkannya masalah di lapangan. Selanjutnya setiap mahasiswa membuat judul penelitian PTK (Rekayasa Ide). Setelaj judul mereka temukan, selanjutnya mahasiswa akan berlatih membuat latar belakang masalah (LBM) dan merumuskan masalahdari judul yang mahasiswa buat. Kemudian mahasiswa akan mempelajari tujuan dan kegunaan dari mahasiswa mempelajari PTK. Setelah mereka memahami apa yang dimaksut PTK, mahasiswa akan dianjurkan mempraktekkan ajara membuat tujuan dan kegunaan PTK untuk seorang guru.
  • Pada matakuliah ini mahasiswa juga akan memahami apa itu teori, kegunaan teori dalam penelitian, cara menuliskan teori, dan praktek membuat BAB II Kajian Teori. 
  • Mahasiswa juga akan membuat resume yang berisikan Metodologi Penelitian (Kritical Book) dan mempraktekkan membuat BAB III Metodologi
  • Mahasiswa juga ditugaskan mengamati proses pembelajaran di dalam kelas di sekolah yang mahasiswa cari sendiri. Tugas ini tuhuannya untuk mempraktekkan cara mengobservasi di lapangan, dan tujuannya agar mahsiswa mengetahui cara membuat catatan lapangan yang merupakan aplikasi dari Teknik Pengumpul Data (Observasi, Wawancara dan Dokumen).
  • Mahasiswa diharuskan membuat proposan sebelum UTS. Setelah UTS mahasiswa akan membuat laporan hasil dari pengamatan di sekolah  (BAB IV)


Mata kuliah ini memiliki pokok bahasan yang berkaitan dengan, Pengertian, Kedudukan, Dan Tujuan, cakupan Pendidikan Komparatif,  Pendidikan Internasional dan Sejarahnya, Pengembangan Pendidikan Komparatif dan Pendidikan Global, Perbandingan Pendidikan Internasional, Global, dan Komparatif, Pendidikan Komparatif sebagai Studi Antar Bangsa dan Antar Budaya,  Prespektif Metodologik Studi Pendidikan, Metodologi Komparasi Pendidikan, Dimensi Kehidupan Masyarakat dan Penyelenggara Sistem Pendidikan, Potret Pendidikan Di Indonesia, Potret Pendidikan Di Jerman, Perancis, dan Inggris, Potret Pendidikan Di Malaysia, Thailand dan India