Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa untuk memahami desain ekstrakurikuler baik secara teoretis maupun praktis

Pembangunan pendidikan nilai/karakter merupakan salah satu issue strategis untuk melahirkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang memiliki karakter yang baik atau akhlak al-karimah. Maka, pendidikan nilai/karakter dianggap sangat strategis dan relevan utnuk penguatan dasar dalam penyelenggaraan pendidikan khsusunya pendidikan Islam. Pendidikan nilai/karakter dijadikan sebagai mata kuliah wajib oleh prodi pendidikan agama Islam yang muatan materinya akan membahas konsep pendidikan nilai/karakter, pengembangan pendidikan nilai/karakater, konsep dan filosofi pendidikan nilai/karakter, nilai/karakter dalam perspektif Islam, pendidikan nilai/karakter dalam perspektif pendidikan Islam,  pendidikan nila pada era global, konsep pengembangan pendidikan nilai di Indonesia, pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan nasional, pengintegrasian pendidikan nilai/karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan kurikulum terbaru. 


  • Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari bagaimana kerangka pemikiran ahli sehingga PTK ini harus dipelajari dan di praktekkan. Kemudia mahasiswa harus mampu memahami apa yang dimaksut dengan masalah dan bagaimana cara menemukan masalah. Dengan mengetahui apa itu masalah, setelah mahasiswa mengetahui apa yang dimaksut masalah, maka mahasiswa dianjurkan untuk menemukan masalah berdasarkan pengalaman, membaca buku, atau peristiwa yang pernah dialaminya. Dengan didapatkannya masalah di lapangan. Selanjutnya setiap mahasiswa membuat judul penelitian PTK (Rekayasa Ide). Setelaj judul mereka temukan, selanjutnya mahasiswa akan berlatih membuat latar belakang masalah (LBM) dan merumuskan masalahdari judul yang mahasiswa buat. Kemudian mahasiswa akan mempelajari tujuan dan kegunaan dari mahasiswa mempelajari PTK. Setelah mereka memahami apa yang dimaksut PTK, mahasiswa akan dianjurkan mempraktekkan ajara membuat tujuan dan kegunaan PTK untuk seorang guru.
  • Pada matakuliah ini mahasiswa juga akan memahami apa itu teori, kegunaan teori dalam penelitian, cara menuliskan teori, dan praktek membuat BAB II Kajian Teori. 
  • Mahasiswa juga akan membuat resume yang berisikan Metodologi Penelitian (Kritical Book) dan mempraktekkan membuat BAB III Metodologi
  • Mahasiswa juga ditugaskan mengamati proses pembelajaran di dalam kelas di sekolah yang mahasiswa cari sendiri. Tugas ini tuhuannya untuk mempraktekkan cara mengobservasi di lapangan, dan tujuannya agar mahsiswa mengetahui cara membuat catatan lapangan yang merupakan aplikasi dari Teknik Pengumpul Data (Observasi, Wawancara dan Dokumen).
  • Mahasiswa diharuskan membuat proposan sebelum UTS. Setelah UTS mahasiswa akan membuat laporan hasil dari pengamatan di sekolah  (BAB IV)