KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajar agama Islam

KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, discipline, dan bertanggung jawab, peduli, santun dan responsip dalam berinteraksi secure efektif.

KI3: Menahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakpgnitif tentang IPTEK, buddy dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan dan peradaban, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI4: Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkrit dan abstract terkait dengan pengembangan pembelajaran secara mandiri dan mama menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


MATERI PAI SMA/SMK

Deskripsi

Mata kuliah Materi PAI SMA/SMK ini   merupakan mata kuliah wajib, untuk memberikan pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan   untuk mahasiswa Prodi PAI dalam menelaah dan mengembangkan materi Pendidikan Agama Islam dalam beberapa materi  yang diajarkan di SMA/SMK. Adapun yang menjadi focus kajian di antaranya mencakup:  (1) Menelaah dan mempelajari  pengertian dan jenis materi pembelajaran, prinsip-prinsip pengembangan materi pembelajaran, dan penentuan sumber belajar (2) Menelaah dan mempelajari  landasan, tujuan, ruang lingkup dan karakteristik materi pelajaran PAI (3) Prinsip pemilihan dan langkah-langkah penyusunan bahan ajar (4) Analisis dan pengembangan materi PAI pada SMA/SMK (5) Praktik pengembangan/ penjabaran materi PAI SMA/SMK sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kurikulum PAI Sekolah Dasar dan Menegah


Deskripsi

Mata kuliah Materi PAI SMA/SMK ini   merupakan mata kuliah wajib, untuk memberikan pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan   untuk mahasiswa Prodi PAI dalam menelaah dan mengembangkan materi Pendidikan Agama Islam pada beberapa materi  yang diajarkan di SMA/SMK. Adapun yang menjadi focus kajian di antaranya mencakup:  (1) Pengertian dan jenis materi pembelajaran, prinsip-prinsip pengembangan materi pembelajaran, dan penentuan sumber belajar (2) Landasan, tujuan, ruang lingkup dan karakteristik materi pelajaran PAI (3) Prinsip pemilihan dan langkah-langkah penyusunan bahan ajar (4) Analisis dan pengembangan materi PAI pada SMA/SMK (5) Praktik pengembangan/ penjabaran materi PAI SMA/SMK sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kurikulum PAI Sekolah Dasar dan Menegah


Topik Pembahasan:

1.      Kontrak Kuliah Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an;

2.      Pengertian Al-Qur’an, Hadis Keutamaan Membaca Al-Qur’an dan hal-hal terkait;

3.      Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an: Iqra’, Al-Hira’, Tilawati, Ummi, Baghdadiyah dll.

4.      Karakteristik Huruf Hijaiyah, sifat-sifat dan Makhraj Huruf Hijaiyah;

5.      Tahapan-tahapan perkembangan menulis Al-Qur’an;

6.      Metode Pembelajaran  Membaca Nun Sukun Atau Tanwin;

7.      Metode Pembelajaran Membaca  Mim Sukun (مْ);

8.      Ujian Tengah Semester;

9.      Metode membaca Macam-Macam Mad;

10.  Pembelajaran Membaca  Qalqalah;

11. Metode Pembelajaran Membaca  Alif Lam dan  Lafdzu Jalalah;

12.  Metode Hukum Bacaan Ra (ر);

13.  Metode Membaca Ibtida’, Washal dan Waqaf;

14.  Metode Penulisan Huruf Hijaiyah;

15.  Urgensi Pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an;

16. Ujian Akhir Semester.

Landasan utama Pendidikan Islam adalah Alquran. Alquran adalah sumber utama dalam memperoleh tuntunan dan pedoman kehidupan. Oleh sebab itu, Alquran merupakan dasar yang pokok dalam memaksimalkan pendidikan Islam. Alquran sangat urgen dalam pendidikan Islam, sejatinya peserta didik harus betul-betul dapat membaca, memahami dan mengaflikasikan petunjuk dan pedoman dalam Alquran. Langkah awal yang harus dilakukan oleh pendidik adalah peserta didik harus bisa membaca dan menulis Alquran dengan baik dan benar sehingga dapat dilanjutkan ke tingkat berikutnya.

Membaca dan menulis Alquran harus diajarkan dengan benar dan tepat sejak awal kepada peserta didik dangan metode yang tepat dan menyenangkan. Dengan bacaan yang benar akan membantu dalam memberikan makna yang tepat yang diinformasikan Alquran. Begitu juga dengan menulis, dengan tulisan yang benar akan memudahkan dalam memahami makna kalimat yang ditulis yang bersumber dari Alquran.

Pada buku ini disajikan konsep dasar Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an antara lain yaitu:

1.     Huruf hijaiyah

2.     Bacaan nun sukun atau tanwin

3.     Metode bacaan mim sukun

4.     Metode hukum bacaan mad

5.     Metode hukum bacaan qalqalah

6.     Metode bacaan alif lam  (ال)

7.     Metode bacaan ra (ر)

8.     Metode bacaan ibtida’ dan waqaf

9. Metode menulis al-qur’an

Perkuliahan ini mengkaji pengertian mazhab dalam fikih, sejarah timbulnya mazhab fikih, faktor-faktor timbulnya mazhab fikih, faktor-faktor penyebab perbedaan pendapat di kalangan ulama mazhab fikih, manfaat mempelajari perbandingan mazhab, adab dalam perbedaan mazhab ;Hukum bermazhab, masalah kewajiban/tidak bermazhab, masalah berpegang kepada mazhab yang lebih ringan menurut pendapat ulama dan dalil yang digunakan, masalah talfiq antar mazhab; Tokoh-tokoh Imam mazhab (Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Syafi’I dan Imam Ahmad, biografi, metode ijtihad, karya, ulama-ulama yang mengikuti berikut karya-karya mereka, contoh-contoh pendapat yang menjadi khas mazhab mereka, istilah-istilah fikih yang berkembang di kalangan mereka, wilayah penyebarannya dan sebab berkembangnya; Beberapa Perbedaan mazhab dalam masalah thaharah, sholat, munakahat, dan polemik praktek keagamaan di masyarakat muslim.

Mata kuliah Strategi Pembelajaran Fikih, didesain dan dikembangkan agar mahasiswa mampu memahami, menguasai, dan terampil dalam mengimplementasikan teori, konsep, dan prinsip strategi pembelajaran untuk pembelajaran Fikih di madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah guna mencapai tujuan pendidikan atau pembelajaran secara efektif dan efisien.

 Mata kuliah ini memuat kajian tentang Pengertian fikih, faqihtafaqquhmutafaqqih dan beberapa peristilahan dalam dunia fikih; Tujuan umum Belajar Fikih bagi siswa pada tingkat pendidikan dasar dan menengah; urgensi tadarruj (kebertahapan dari yg mudah sampai yg sulit) dalam pembelajaran fikih dan mentelaah kitab-kitab fikih, Pendekatan dalam memulai pembelajaran fikih; Beberapa manhaj dari aliran-aliran fikih ummat Islam kontemporer dalam pengajaran konten fikih; Jenis karakter materi fikih dari sisi aspek fakta, konsep, prinsip, dan prosedurnya; Standar Proses Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013; Identifikasi dan Pertimbangan dalam pemilihan pendekatan, model, strategi, metode, teknik, dan taktik pembelajaran dan penggunaannya dalam pembelajaran Fikih; serta Komponen Strategi Pembelajaran dan Strategi Pengelolaannya.