- Teacher: Aswan Efendi
- Teacher: Dr. Mardianto, M.Pd.
- Teacher: ariena asrina
Mata kuliah ini didesain dengan tujuan agar mahasiswa mampu memahami konsep umum Materi
PAI SD/SMP secara teoretik dan prosedural, mengidentifikasi
signifikansi Materi PAI SD/SMP bagi
pengembangan pembelajaran PAI, serta mampu menganalisis konsep Materi PAI SD/SMP secara
komprehensif.

- Teacher: Zaini Dahlan
MATERI PAI SMA/SMK
Deskripsi
Mata kuliah Materi PAI SMA/SMK ini merupakan mata kuliah wajib, untuk memberikan pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mahasiswa Prodi PAI dalam menelaah dan mengembangkan materi Pendidikan Agama Islam dalam beberapa materi yang diajarkan di SMA/SMK. Adapun yang menjadi focus kajian di antaranya mencakup: (1) Menelaah dan mempelajari pengertian dan jenis materi pembelajaran, prinsip-prinsip pengembangan materi pembelajaran, dan penentuan sumber belajar (2) Menelaah dan mempelajari landasan, tujuan, ruang lingkup dan karakteristik materi pelajaran PAI (3) Prinsip pemilihan dan langkah-langkah penyusunan bahan ajar (4) Analisis dan pengembangan materi PAI pada SMA/SMK (5) Praktik pengembangan/ penjabaran materi PAI SMA/SMK sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kurikulum PAI Sekolah Dasar dan Menegah
- Teacher: Abd Halim Nasution
Deskripsi
Mata kuliah Materi PAI SMA/SMK ini merupakan mata kuliah wajib, untuk memberikan pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mahasiswa Prodi PAI dalam menelaah dan mengembangkan materi Pendidikan Agama Islam pada beberapa materi yang diajarkan di SMA/SMK. Adapun yang menjadi focus kajian di antaranya mencakup: (1) Pengertian dan jenis materi pembelajaran, prinsip-prinsip pengembangan materi pembelajaran, dan penentuan sumber belajar (2) Landasan, tujuan, ruang lingkup dan karakteristik materi pelajaran PAI (3) Prinsip pemilihan dan langkah-langkah penyusunan bahan ajar (4) Analisis dan pengembangan materi PAI pada SMA/SMK (5) Praktik pengembangan/ penjabaran materi PAI SMA/SMK sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kurikulum PAI Sekolah Dasar dan Menegah

Topik Pembahasan:
1. Kontrak Kuliah Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an;
2. Pengertian Al-Qur’an, Hadis Keutamaan Membaca Al-Qur’an dan hal-hal terkait;
3. Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an: Iqra’, Al-Hira’, Tilawati, Ummi, Baghdadiyah dll.
4. Karakteristik Huruf Hijaiyah, sifat-sifat dan Makhraj Huruf Hijaiyah;
5. Tahapan-tahapan perkembangan menulis Al-Qur’an;
6. Metode Pembelajaran Membaca Nun Sukun Atau Tanwin;
7. Metode Pembelajaran Membaca Mim Sukun (مْ);
8. Ujian Tengah Semester;
9. Metode membaca Macam-Macam Mad;
10. Pembelajaran Membaca Qalqalah;
11. Metode Pembelajaran Membaca Alif Lam dan Lafdzu Jalalah;
12. Metode Hukum Bacaan Ra (ر);
13. Metode Membaca Ibtida’, Washal dan Waqaf;
14. Metode Penulisan Huruf Hijaiyah;
15. Urgensi Pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an;
16. Ujian Akhir Semester.- Teacher: Zulkipli Nasution, MA
Mata kuliah Strategi Pembelajaran Fikih, didesain dan dikembangkan agar mahasiswa mampu memahami, menguasai, dan terampil dalam mengimplementasikan teori, konsep, dan prinsip strategi pembelajaran untuk pembelajaran Fikih di madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah guna mencapai tujuan pendidikan atau pembelajaran secara efektif dan efisien.
Mata kuliah ini memuat kajian tentang Pengertian fikih, faqih, tafaqquh, mutafaqqih dan beberapa peristilahan dalam dunia fikih; Tujuan umum Belajar Fikih bagi siswa pada tingkat pendidikan dasar dan menengah; urgensi tadarruj (kebertahapan dari yg mudah sampai yg sulit) dalam pembelajaran fikih dan mentelaah kitab-kitab fikih, Pendekatan dalam memulai pembelajaran fikih; Beberapa manhaj dari aliran-aliran fikih ummat Islam kontemporer dalam pengajaran konten fikih; Jenis karakter materi fikih dari sisi aspek fakta, konsep, prinsip, dan prosedurnya; Standar Proses Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013; Identifikasi dan Pertimbangan dalam pemilihan pendekatan, model, strategi, metode, teknik, dan taktik pembelajaran dan penggunaannya dalam pembelajaran Fikih; serta Komponen Strategi Pembelajaran dan Strategi Pengelolaannya.

- Teacher: Ihsan Satrya
Dengan mempelajari Strategi Pembelajaran Fiqh ini diharaapkan agar mahasiswa mampu memahami, menguasai, dan terampil dalam mengimplementasikan konsep, dan prinsip strategi pembelajaran yang ada, sehingga mahasiswa mampu mengajarkan materi fiqh kepada peserta didik di masa akan datang dengan menggunakan strategi yang efektif dan efisien di sekolah baik tingkat MI/SD, MTs/SMP maupun MA/SMA
- Teacher: Arlina Arlina