Mata kuliah ini didesain dengan tujuan agar mahasiswa mampu memahami konsep umum Materi PAI SD/SMP secara teoretik dan prosedural, mengidentifikasi signifikansi Materi PAI SD/SMP bagi pengembangan pembelajaran PAI, serta mampu menganalisis konsep Materi PAI SD/SMP secara komprehensif.

MATERI PAI SMA/SMK

Deskripsi

Mata kuliah Materi PAI SMA/SMK ini   merupakan mata kuliah wajib, untuk memberikan pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan   untuk mahasiswa Prodi PAI dalam menelaah dan mengembangkan materi Pendidikan Agama Islam dalam beberapa materi  yang diajarkan di SMA/SMK. Adapun yang menjadi focus kajian di antaranya mencakup:  (1) Menelaah dan mempelajari  pengertian dan jenis materi pembelajaran, prinsip-prinsip pengembangan materi pembelajaran, dan penentuan sumber belajar (2) Menelaah dan mempelajari  landasan, tujuan, ruang lingkup dan karakteristik materi pelajaran PAI (3) Prinsip pemilihan dan langkah-langkah penyusunan bahan ajar (4) Analisis dan pengembangan materi PAI pada SMA/SMK (5) Praktik pengembangan/ penjabaran materi PAI SMA/SMK sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kurikulum PAI Sekolah Dasar dan Menegah


Deskripsi

Mata kuliah Materi PAI SMA/SMK ini   merupakan mata kuliah wajib, untuk memberikan pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan   untuk mahasiswa Prodi PAI dalam menelaah dan mengembangkan materi Pendidikan Agama Islam pada beberapa materi  yang diajarkan di SMA/SMK. Adapun yang menjadi focus kajian di antaranya mencakup:  (1) Pengertian dan jenis materi pembelajaran, prinsip-prinsip pengembangan materi pembelajaran, dan penentuan sumber belajar (2) Landasan, tujuan, ruang lingkup dan karakteristik materi pelajaran PAI (3) Prinsip pemilihan dan langkah-langkah penyusunan bahan ajar (4) Analisis dan pengembangan materi PAI pada SMA/SMK (5) Praktik pengembangan/ penjabaran materi PAI SMA/SMK sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kurikulum PAI Sekolah Dasar dan Menegah


Topik Pembahasan:

1.      Kontrak Kuliah Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an;

2.      Pengertian Al-Qur’an, Hadis Keutamaan Membaca Al-Qur’an dan hal-hal terkait;

3.      Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an: Iqra’, Al-Hira’, Tilawati, Ummi, Baghdadiyah dll.

4.      Karakteristik Huruf Hijaiyah, sifat-sifat dan Makhraj Huruf Hijaiyah;

5.      Tahapan-tahapan perkembangan menulis Al-Qur’an;

6.      Metode Pembelajaran  Membaca Nun Sukun Atau Tanwin;

7.      Metode Pembelajaran Membaca  Mim Sukun (مْ);

8.      Ujian Tengah Semester;

9.      Metode membaca Macam-Macam Mad;

10.  Pembelajaran Membaca  Qalqalah;

11. Metode Pembelajaran Membaca  Alif Lam dan  Lafdzu Jalalah;

12.  Metode Hukum Bacaan Ra (ر);

13.  Metode Membaca Ibtida’, Washal dan Waqaf;

14.  Metode Penulisan Huruf Hijaiyah;

15.  Urgensi Pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an;

16. Ujian Akhir Semester.

Mata kuliah Strategi Pembelajaran Fikih, didesain dan dikembangkan agar mahasiswa mampu memahami, menguasai, dan terampil dalam mengimplementasikan teori, konsep, dan prinsip strategi pembelajaran untuk pembelajaran Fikih di madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah guna mencapai tujuan pendidikan atau pembelajaran secara efektif dan efisien.

 Mata kuliah ini memuat kajian tentang Pengertian fikih, faqih, tafaqquh, mutafaqqih dan beberapa peristilahan dalam dunia fikih; Tujuan umum Belajar Fikih bagi siswa pada tingkat pendidikan dasar dan menengah; urgensi tadarruj (kebertahapan dari yg mudah sampai yg sulit) dalam pembelajaran fikih dan mentelaah kitab-kitab fikih, Pendekatan dalam memulai pembelajaran fikih; Beberapa manhaj dari aliran-aliran fikih ummat Islam kontemporer dalam pengajaran konten fikih; Jenis karakter materi fikih dari sisi aspek fakta, konsep, prinsip, dan prosedurnya; Standar Proses Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013; Identifikasi dan Pertimbangan dalam pemilihan pendekatan, model, strategi, metode, teknik, dan taktik pembelajaran dan penggunaannya dalam pembelajaran Fikih; serta Komponen Strategi Pembelajaran dan Strategi Pengelolaannya.

Dengan mempelajari Strategi Pembelajaran Fiqh ini diharaapkan   agar mahasiswa mampu memahami, menguasai, dan terampil dalam mengimplementasikan  konsep, dan  prinsip strategi pembelajaran yang ada, sehingga mahasiswa mampu mengajarkan materi fiqh kepada peserta didik di masa akan datang dengan menggunakan strategi yang efektif dan efisien di sekolah baik tingkat MI/SD, MTs/SMP maupun MA/SMA