Mata kuliah ini mengkaji Konsep Dasar Program, Rancangan, Penilaian dan Pengembangan Ekstrakurikuler yang Berkarakter dalam Satuan Pendidikan dan Pembelajaran. Mengetahui tentang pengertian, tujuan, manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler, jenis, peran fungsi dan karakteristik Kegiatan Ekstrakurikuler. Mengembangkan kemampuan (skill) menganalisis (analysis) jenis kegiatan, merancang (design), menerapkan (implementation) dan mengevaluasi (evaluation) kegiatan ekstrakurikuler.

Perkuliahan Metodologi penelitian kualitatif ini secara garis besar akan membahas hakikat  dan paradigma penelitian kualitatif, masalah penelitian dalam penelitian kualitatif, rumusan masalah  dalam penelitian kualitatif, teori dalam penelitian kualitatif, pendekatan-pendekatan dalam penelitian kualitatif, sumber data (populasi dan sampel) dalam penelitian kualitatif, instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, teknik analisis data, keabsahan data dalam penelitian kualitatif, analisis proposal skripsi, analisis skripsi;

Mata Kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami kurikulum secara teoretis  dan mampu mengembangkannya secara praktis untuk menjadi calon guru profesional

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami teori-teori psikologi yang berkaitan dengan proses dan dinamika keberagaman, kemudian dapat menggunakannya sebagai alat analisa dalam melihat persoalan keberagaman yang terjadi dimasyarakat dan kemudian mampu memberikan solusinya.

Mata kuliah ini memuat konsep dasar penelitian pendidikan pada umumnya dan khususnya konsep dasar Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik penyusunan perencanaan dan proposal penelitian serta tindak lanjut penelitian, membahas peran guru sebagi pelaksana PTK dan cara-cara memperbaiki pembelajaran melalui PTK. Melalui teknik pembelajaran tatap muka, media cetak, video dan web-based dengan menerapkan evaluasi tertulis dan evalasi kinerja diaharapkan mahasiswa memiliki kompetensi dalam menyusun proposal dan melaksanakan penelitian secara umum dan mampu melaksanakan PTK untuk perbaikan pembelajaran di kelasnya.

Mahasiswa mampu mengetahui konsep pembuatan penelitian tindakan kelas,mampu menuliskan latar belakang masalah,rumusan masalah,tujuan dan kegunaan penelitan. Dan Mahasiswa mampu memahami kajian teori baik fungsi maupun manfaatnya, Mampu mengetahui metodologi penelitian tindakan kelas.

Mahasiswa mampu Menuliskan latar belakang masalah,rumusan masalah,tujuan dan kegunaan penelitan.
Mampu menuliskan kajian teori dalam PTK 
Mampu menuliskan metodologi PTK(BAB III)
Mampu menuliskan Laporan penelitian PTK(BAB IV) hasil dari Mikro Teaching