Mata kuliah ini akan mempelajari tentang:

1. Paradigma Penelitian Tindakan Kelas,

2. Mempelajari apa itu masalah dalam PTK,

3. mahasiswa akan mempraktekkan bagaimana menemukan masalah sehingga dapt menetapkan satu judul penelitian

4. mahasiswa akan mempraktekkan cara menulis Latar belakang masalah

5. mahasiswa akan mempelajari apa itu rumusan masalah dan bagiamana cara menuliskan rumusan masalah, dan mempraktekkan cara membuat rumusan masalah

6. Mahasiswa akan Mempelajari Tujuan PTK, Mempraktekkan Tujuan PTK dari tulisan skripsi ataupun proposal

7. mahasiswa akan mempelajari tetnatang manfaat atau kegunaan dari PTK, dan mempraktekkan manfaat atau kegunaan dari PTK

8. mahasiswa akan memepelajari tentang teori: apa itu teori, apa manfaat teori dalam PTK, dan cara menuliskan teori dalam BAB II, dan mempraktekkan penulisan landasan teori pada BAB II

9.  mahasiswa akan mempelajari metodologi penelitian dalam PTK: a) Pendekatan dan jenis penelitian dalam PTK, b) Prosedur penelitian dalam PTK, c) data dan sumber data dalam PTK, d) teknik pengumpulan data dalam PTK, e) teknik analisa data dalam PTK, f) teknik keabsahan data dalam PTK

untuk tugas UTS mahasiswa membuat propossal BAB I, BAB II, dan BAB III

sedangkan untuk UAS mahasiswa membuat BAB IV


Perkuliahan Metodologi penelitian kualitatif ini secara garis besar akan membahas hakikat  dan paradigma penelitian kualitatif, masalah penelitian dalam penelitian kualitatif, rumusan masalah  dalam penelitian kualitatif, teori dalam penelitian kualitatif, pendekatan-pendekatan dalam penelitian kualitatif, sumber data (populasi dan sampel) dalam penelitian kualitatif, instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, teknik analisis data, keabsahan data dalam penelitian kualitatif, analisis proposal skripsi, analisis skripsi;

Mata Kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami kurikulum secara teoretis dan melaksanakan kurikulum secara praktis sebagai syarat calon guru profesional

Mata kuliah ini memuat konsep dasar penelitian pendidikan pada umumnya dan khususnya konsep dasar Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik penyusunan perencanaan dan proposal penelitian serta tindak lanjut penelitian, membahas peran guru sebagi pelaksana PTK dan cara-cara memperbaiki pembelajaran melalui PTK. Melalui teknik pembelajaran tatap muka, media cetak, video dan web-based dengan menerapkan evaluasi tertulis dan evalasi kinerja diaharapkan mahasiswa memiliki kompetensi dalam menyusun proposal dan melaksanakan penelitian secara umum dan mampu melaksanakan PTK untuk perbaikan pembelajaran di kelasnya.

Mahasiswa mampu mengetahui konsep pembuatan penelitian tindakan kelas,mampu menuliskan latar belakang masalah,rumusan masalah,tujuan dan kegunaan penelitan. Dan Mahasiswa mampu memahami kajian teori baik fungsi maupun manfaatnya, Mampu mengetahui metodologi penelitian tindakan kelas.

Mahasiswa mampu Menuliskan latar belakang masalah,rumusan masalah,tujuan dan kegunaan penelitan.
Mampu menuliskan kajian teori dalam PTK 
Mampu menuliskan metodologi PTK(BAB III)
Mampu menuliskan Laporan penelitian PTK(BAB IV) hasil dari Mikro Teaching