Pengajaran mikro merupakan salah satu cara latihan praktek yang dilakukan

dalam proses pembelajaran untuk membentuk/mengembangkan keterampilan

mengajar. Karena situasi pembelajaran itu sengaja didisain sedemikian rupa, maka

pembentukan keterampilan baru ataupun pembaharuan sesuatu keterampilan mengajar

dapat dilakukan secara terisolasi. Sebagai latihan praktek mengajar dalam situasi

laboratoris, melalui pengajaran mikro calon guru ataupun guru dapat berlatih berbagai

keterampilan mengajar (teaching skills) dalam keadaan terkontrol guna meningkatkan

kompetensinya.

Mata kuliah PTK ini akan mempelajari teori-teori yang berkenaan metode penelitian tindakan kelas, yang akhirnya mahasiswa akan dapat menyusun propOsal (BAB I, II, III) sehingga mahasiswa memiliki keterampilan membuat proposal dan skripsi


Perkuliahan pengembangan kurikulum PAI ini secara garis besar akan membahas pengembangan kurikulum PAI baik pada tataran konseptual dan juga praktik dari pengembangan kurikulum yang telah dilakukan sejauh ini. Maka, materi perkuliahan mulai dari pengenalan konsep kurikululm, sejarah perkembangan kurikulum terkhusus di Indonesia, selanjutnya kebijakan kurikulum PAI. Dilanjutkan dengan penjelasan konseptual mengenai pengembangan kurikulum, mulai dari dasar, prinsip, model sampai evaluasi dari sebuah pengembangan kurikulum, dan diakhiri dengan analisis kurikulum mutakhir dari kebijakan Pemerintah yang diterapkan di lembaga pendidikan.

Pengajaran mikro merupakan salah satu cara latihan praktek yang dilakukan

dalam proses pembelajaran untuk membentuk/mengembangkan keterampilan

mengajar. Karena situasi pembelajaran itu sengaja didisain sedemikian rupa, maka

pembentukan keterampilan baru ataupun pembaharuan sesuatu keterampilan mengajar

dapat dilakukan secara terisolasi. Sebagai latihan praktek mengajar dalam situasi

laboratoris, melalui pengajaran mikro calon guru ataupun guru dapat berlatih berbagai

keterampilan mengajar (teaching skills) dalam keadaan terkontrol guna meningkatkan

kompetensinya.

Mahasiswa mampu mengetahui konsep pembuatan penelitian tindakan kelas,mampu menuliskan latar belakang masalah,rumusan masalah,tujuan dan kegunaan penelitan. Dan Mahasiswa mampu memahami kajian teori baik fungsi maupun manfaatnya, Mampu mengetahui metodologi penelitian tindakan kelas.

Mahasiswa mampu Menuliskan latar belakang masalah,rumusan masalah,tujuan dan kegunaan penelitan.
Mampu menuliskan kajian teori dalam PTK 
Mampu menuliskan metodologi PTK(BAB III)
Mampu menuliskan Laporan penelitian PTK(BAB IV) hasil dari Mikro Teaching

Mata kuliah ini memuat konsep dasar penelitian pendidikan pada umumnya dan khususnya konsep dasar Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik penyusunan perencanaan dan proposal penelitian serta tindak lanjut penelitian, membahas peran guru sebagi pelaksana PTK dan cara-cara memperbaiki pembelajaran melalui PTK. Melalui teknik pembelajaran tatap muka, media cetak, video dan web-based dengan menerapkan evaluasi tertulis dan evalasi kinerja diaharapkan mahasiswa memiliki kompetensi dalam menyusun proposal dan melaksanakan penelitian secara umum dan mampu melaksanakan PTK untuk perbaikan pembelajaran di kelasnya.