Deskripsi mata kuliah ini Mahasiswa mampu memahami prinsip prinsip dasar mengajar ips, menjelaskan dan merancang rencana pembelajaran ips, memahami keterampilan dasar dalam mengajar ips, Mahasiswa dapat memahami strategi pembelajaran ips, menjelaskan dan menerapkan berbagai strategi pembelajaran ips, membedakan pengertian sumber dan alat pembelajaran ips, memahami dan menerapkan media pembelajaran ips,menjelaskan model – model pembelajaran ips serta penerapan dalam pembelajaran ips, menjelaskan metode , teknik, taktik pembelajaran ips, menjelaskan pengertian penilaian dan jenis penilaian dan penerapan penilaian,Mahasiswa dapat menjelaskan instrumen penilaian pembelajaran ips , menjelaskan tujuan pembelajaran ips yang bernuasa islami, Mahasiswa dapat menjelaskan jenis-jenis strategi pembelajaran yang bernuasa islami

 


Mata kuliah ini menyajikan materi perkembangan masyarakat Indonesia mulai dari zaman awal mula kehidupan manusia (zaman pra sejarah di Indonesia) hingga era saat ini.

Sosiologi Pendidikan, ilmu yang mencoba melihat bagaimana proses sosial dalam dunia pendidika, serta menganalisis bagaimana masalah masalah sosial dalam lembaga pendidikan yang kemudian pemecahan masalahnya dilakukan dengan pendekatan sosial.