Deskrips Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang model-model program pendidikan luar sekolah yang berdasar pada konsep-konsep, prinsip-prinsip teori pembelajaran dalam pendidikan luar sekolah. Secara khusus kompetensi yang ingin dicapai dari matakuliah ini adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan model program PLS berdasar kepada kebutuhan program PLS di masyarakat serta berdasar kepada perkembangan masyarakat lokal, regional maupun global. Inti kajian mata kuliah ini berkaitan dengan disain model konseptual dan implementasi model, terutama berkaitan dengan ; konsep dasar penyusunan model, prinsip-prinsip pengembangan model, cara kerja (mekanisme) model, strategi implementasi model dan evaluasi model serta pengembangan konsep-konsep model program dalam pendidikan luar sekolah di masa depan. Di samping itu pula di bahas secara khusus dampak pengembangan model-model program PLS bagi warga belajar (sasaran program). Kajian-kajian tersebut di atas diharapkan mampu mendorong mahasiswa untuk secara terus menerus memahami, menemukan dan mengembangkan inovasi bagi model-model yang dipelajarinya. Serta memberikan layanan pendidikan akademik-profesional berkualitas untuk menghasilkan tenaga kependidikan PLS yang unggul, handal dan kompetitif sesuai dengan kuantitas, kualitas dan relevansinnya dengan kebutuhan pembangunan masyarakat.  

1.       Syarbaini Saleh, dkk, Pendidikan Luar Sekolah  (Yogyakarta: K-Media, 2020)

2.      Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999). 

3.      Arifin, HM, -Rasyad, Aminuddin, Dasar-dasar Kependidikan, (Jakarta:Dirjen.Binbaga Islam dan Universitas Terbuka, 1991).

4.      Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2001) 

5.      Joesoef, Sulaiman, Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah, (Jakarta:Bumi Aksara, 2008) 

6.      Joesoef, Sulaiman – Santoso, Slamet, Pendidikan Luar Sekolah, (Surabaya:Usaha Nasional, 1981) 

7.      Mujib, Abdul, et., al, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:Prenada Media, 2006), cet. I 

8.      Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:Prenada Media, 2009), cet. I 

9.      Sudjana, Djudju, Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, untuk pendidkan nonformal dan pengembangan sumber daya manusia, (Bandung:PT Remaja Rosda Karya, 2006) 

10.  Tanlain, Wens, dkk, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta:Gramedia, 1989) 

11.  UU Sisdiknas No. 2 Tahun 1989 

12.  UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003

13.  Sudjana, Djudju, Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, untuk pendidkan nonformal dan pengembangan sumber daya manusia, (Bandung:PT Remaja Rosda Karya, 2006

14.  Buku-buku lain yang relevan


Mata kuliah ini menyajikan perkembangan masyarakat Indonesia dari zaman awal (zaman ora sejarah di Indonesia) hingga perkambangan nya pada beberapa periode setelah nya.