Penelitian tindakan kelas (PTK) juga diyakini sebagai jenis penelitian yang dapat memberi perbaikan-perbaikan khusus di bidang pendidikan melalui riset kelas. Di samping itu, penelitian ini juga bersifat real condition, di mana siswa dalam kelas diberi metode atau model pembelajaran “baru” sebagai upaya meningkatkan, hasil belajar, prestasi, motivasi dan minat belajar siswa.

Matakuliah ini membantu mahasiswa dalam upaya membenahi kelas melalui praktik pendidikan.

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk membahas berbagai konsep statistika yang diterapkan dalam penyelesaian kasus-kasus penelitian. Materi pembahasan mencakup statistik deskriptif dan Inferensia, statistik parametrik dan non parametrik serta aplikasinya menggunakan program statistik. Hal ini diharapkan akan memberikan pemahaman konsep dan metode statistik untuk menganalisis dan menyelesaikan permasalahan penelitian serta sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan penelitian secara rasional dan mengutamakan objektivitas data (jujur).


Sumber Bacaan

1. Johanes Supranto dan Syahfirin Abdullah, Pengantar Statistika untuk Berbagai Ilmu,  Jakarta.

2. Budiyono, Statistika untuk Penelitian, 2004 , UNS

3. Sudjana, Metode Statistika, Bandung, Tarsito

4. Indra Jaya & Ardat, Penerapan Statistik untuk Pendidikan, Citapustaka Media Perintis, 2013

5. Kadir. Statistika Terapan Edisi 3. Rajawali Pers 2018

6. Sri Mulyono. Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis Edisi 4. Mitra Wacana Media 2017