Mata Kuliah ini membahas tentang teori perkembangan anak usia dini dalam Islam dan psikologi.

Capaian Mata  Kuliah :

CPMK
Mampu merancang
mini riset perkembangan anak usia secara mandiri, bermutu, terukur, dan bebas plagiasi, serta mampu mempresentasikannya dengan sikap bertanggungjawab.
  1. Sub-CPMK-1. Merumuskan pengertian, Ruang lingkup, sejarah dan studi modern, Proses dan Periode perkembangan, masalah perkembangan,  metodologi penelitian, dan manfaat mempelajari psikologi anak usia dini bagi guru PAUD [C2,A3]
  2. Sub-CPMK-2. Menguraikan persamaan dan perbedaan berbagai teori perkembangan anak usia dini [C2,A3]
  3. Sub-CPMK-3. Membuat daftar indikator perkembangan anak usia dini dg sumber rujukan bermutu, terukur dan sahih [C3,A3]
  4. Sub-CPMK-4. Memilih dan menetapkan indikator perkembangan anak usia dini yang akan diteliti [C3,A3]
  5. Sub-CPMK-5. Mebuat laporan mini riset tentang perkembangan anak  yang sesuai indiktor yang sudah dipilih dengan penuh tanggung jawab [C6,A3,P3]



Mata kuliah ini diberikan untuk melatih mahasiswa memahami dan menguasai bahasa Indonesia secara tepat. Kecakapan yang diharapkan dimiliki oleh mahasaiswa adalah kemampuan untuk berbicara dengan baik dalam setiap kegiatan dan pengetahuan yang mencukupi untuk menuangkan ide dan gagasannya ke dalam bentuk tulisan dengan tepat