Mata Kuliah: Pengembangan Kognitif AUD
Capaian Mata Kuliah
Mahasiswa mampu menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri yang ditunjukkan dalam kejujuran dan kerjasama tim dalam menyusun tugas-tugas dan kejujuran dalam ujian.
M2. Mahasiswa mampu memahami tentang Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini
M3 Mahasiswa mampu mengidentifikasi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini dan permasalahan yang berkaitan Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui pengamatan.Berikut Silabus, RPS dan kontrak kuliah.
SILABUS MATA KULIAH
Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini
SEMESTER GASAL
Mata Kuliah : Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (AUD)
Prodi : PIAUD
Kode : 01030807
Bobot : 4 SKS
Dosen : Sri Wahyuni, M.Psi
I. Capaian Pembelajaran
M1. Mahasiswa mampu menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri yang ditunjukkan dalam kejujuran dan kerjasama tim dalam menyusun tugas-tugas dan kejujuran dalam ujian.
M2. Mahasiswa mampu memahami tentang Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini
M3 Mahasiswa mampu mengidentifikasi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini dan permasalahan yang berkaitan Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui pengamatan.
II. Materi Pokok
1. Pengertian Anak Usia Dini
2. Pengembangan Kognitif, objek dan manfaat mempelajari Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
3. Sejarah Perkembangan Anak Usia Dini
4. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini
5. Proses dan Periode Perkembangan Anak Usia Dini
6. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
7. Teori-teori Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini
8. Ujian Mid Semester
9. Macam-macam Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini
10. Media dan kreativitas Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini
11. Jenis-jenis Media Pembelajaran Kognitif
12. Model Taksonomi Bloom Ranah Kognitif
13. Hakikat dan Konsep Permainan MM Anak Usia Dini
14. Hakikat dan Konsep Permainan Sains Anak Usia Dini
15. Hakikat Evaluasi/Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini
16. Pedoman Evaluasi/Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini
III. Refrensi
Drs, ahmad Susanto, M.Pd, 2014, Perkembangan AUD, Jakarta, Prenadamedia Group.
Ahmadi, A. dan Supriono, W., 1990., Psikologi Belajar. Solo: Rineka Cipta
Cahyani, A., Psikologi Perkembangan, 2006 Ciputat Press, Jakarta.
Children Resources Internasional., 2000., Menciptakan Kelas yang Berpusat
pada Anak 3-5 Tahun. Jakarta: CRI Indonesia.
Elizabeth B. Hurlock, 1993, Psikologi Perkembangan, Jakarta, Airlangga.
Hawadi, R.A., 2001., Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak. Jakarta: Grasindo.
-------.2001., Kreatifitas, Panduan bagi Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar. Jakarta: Grasindo.
Hawadi, RA. Sool., Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo.
-------.1978., Perkembangan Anak (terj), Meitasari Tjandrasa dan Soejarwo. Jakarta: Erlangga. Jilid II Edisi-VI .
-------.1991., Psikologi Perkembangan (terj.). Jakarta: Erlangga.
Jamaris, M., 2002., Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak;Pedoman bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: Grasindo.
Dr. Hj. Khadijah, M.Pd, 2016, Pengembangan Kognitif AUD, Medan, Perdana Publishing.
Dr. Masganti Sit, M.Pd, 2015, Psikologi Perkembangan AUD, Jilid I, 2015, Medan, Perdana Publishing.
Masitah, dkk., 2005., Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Moeslichatoen., 2004., Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
F.J.Monks. A.M.P.Knoers & Siti Rahayu Haditono, 1982, Psikologi Perkembangan, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.
Muhibin, Syah., 2004., Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuraini, SY., 2007., Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta Press.
Rahman, S., 2002., Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo.
Ruslan, A., 2007., Pendidikan Anak Usia Dini yang Baik Landasan Keberhasilan Pendidikan Masa Depan. Tersedia: http;//researchengines.
com/agusruslan31-5-2.html.
Santoso, S., 2002., Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.
Solehuddin. M., 1997., Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Depdikbut-FIP IKIP.
Sunarto dan Agung, Hartono., 2002., Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, S.2004., Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN
PROGRAM SEMESTER GASAL
Program Studi : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Mata Kuliah : Pengembangan Kognitif AUD
Kode Mata Kuliah : MPB 404
Semester : III/PIAUD-1 dan 2
Sks : 4 SKS
Dosen Pengampu : Sri Wahyuni, S.Psi.,M.Psi
|
Capaian Pembelajaran Prodi : |
|
|||||||||
|
S1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius S2. Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S11. Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik. S12. Bertanggungjawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya. KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisi informasi dan data KU9. Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunukasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja. P2. Mampu mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik) P4. Memiliki kemampuan dalam berfikir kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik P5. Memiliki pengetahuan dasar-dasar keIslaman sebagai agama rahmatan lil alamin P6. Memiliki kemampuan penguasaan pengetahuan terkait dengan integrasi keilmuan dan keIslaman sebagai paradigma keilmuan KK2. Terampil menemukan masalah yang terjadi pada pengembangan kognitif AUD dan faktor penyebabnya. KK3. Terampil menyusun karya tulis ilmiah berdasarkan teknik penulisan ilmiah. KK6. Terampil menyusun karangan ilmiah sesuai format atau sistematika FITK UIN Sumatera Utara yang up to date. KK7. Terampil mempresentasikan serta mempertanggungjawabkan karangan ilmiah yang telah disusun.
|
|
|||||||||
Minggu ke- |
Kemampuan Akhir Mahasiswa yang Diharapkan |
Bahan Kajian |
Bentuk Pembelajaran. |
Waktu |
Pengalaman Belajar Mahasiswa |
Kriteria dan Indikator Penilaian |
Bobot Nilai |
||||
1 |
Mahasiswa memahami pengembangan kognitif AUD sebagai sebuah disiplin ilmu
|
Pengembangan kognitif AUD sebagai sebuah disiplin ilmu: Pengertian pengembangan kognitif AUD, objek kajian pengembangan kognitif anak usia AUD, dan manfaat mempelajari pengembangan kognitif anak usia AUD |
Brain storming. Penugasan, dan Every one is teacher here
|
4 x 50 menit |
Mengajukan Pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan Membuat simpulan |
Indikator Aktivitas
1.1 Menjelaskan pengertian pengembangan kognitif anak usia AUD dengan bahasa sendiri 1.2 Menjelaskan objek kajian pengembangan kognitif anak usia AUD 1.3 Menjelaskan manfaat mempelajari pengembangan kognitif anak usia AUD |
3 % |
||||
2 |
Mahasiswa memahami dunia anak dan yang berperan dan bertanggung jawab dalam pengembangan kognitif AUD
|
Dunia anak dan yang berperan dan bertanggung jawab dalam pengembangan kognitif AUD: Mengenal lebih jauh dunia anak dan orang-orang yang berperan aktif dan bertanggung jawab dalam pengembangan kognitif AUD |
Brain storming. Penugasan, dan STAD
|
4 x 50 menit |
Kriteria Aktivitas: Tatap Muka; Tugas Berstruktur; Belajar Mandiri. |
Indikator Aktivitas
2.1 Menjelaskan pengertian dunia anak dan perkembangan dunia anak 2.2 Menjelaskan tentang orang-orang yang berperan aktif dan bertanggung jawab dalam pengembangan kognitif AUD
|
4 % |
||||
3 |
Mahasiwa memahami sejarah dan studi modern tentang AUD
|
Sejarah dan studi modern tentang AUD: Sejarah perkembangan AUD di masa modern
|
Brain storming. Penugasan, dan STAD
|
4 x 50 menit |
Kriteria Aktivitas: Tatap Muka; Tugas Berstruktur; Belajar Mandiri. |
Indikator Aktivitas
3.1 Menjelaskan sejarah perkembangan AUD di masa modern 3.2 Menjelaskan studi modern tentang AUD
|
4 % |
||||
4 |
Mahasiswa memahami pertumbuhan dan perkembangan AUD
|
Pertumbuhan dan perkembangan AUD: Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan AUD dan perubahan-perubahan yang terjadi dalam pertumbuhan dan perkembangan AUD |
Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi |
4 x 50 menit |
Kriteria Aktivitas: Tatap Muka; Tugas Berstruktur; Belajar Mandiri. |
Indikator Aktivitas
4.1 Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan AUD 4.2 Menjelaskan perbedaan yang terjadi dalam pertumbuhan dan perkembangan AUD |
4 % |
||||
5 |
Mahasiswa memahami proses dan periode perkembangan anak |
Proses dan periode perkembangan AUD: Proses-proses perkembangan dan periodesasi perkembangan AUD |
Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi |
4 x 50 menit |
Kriteria Aktivitas: Tatap Muka; Tugas Berstruktur; Belajar Mandiri. |
Indikator Aktivitas
5.1Menjelaskan proses-proses perkembangan AUD 5.2Menjelaskan periodesasi perkembangan AUD |
4 % |
||||
6 |
Mahasiswa memahami masalah perkembangan
|
Masalah perkembangan: Masalah yang terjadi dalam proses perkembangan AUD khususnya dalam pengembangan kognitif AUD |
Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi |
4 x 50 menit |
Kriteria Aktivitas: Tatap Muka; Tugas Berstruktur; Belajar Mandiri. |
Indikator Aktivitas
6.1 Menjelaskan masalah perkembangan 6.2 Menjelaskan masalah pengembangan kognitif AUD |
4 % |
||||
7 |
Mahasiswa memahami pertumbuhan dan perkembangan otak AUD |
Pertumbuhan dan perkembangan otak anak usia RA: Proses pertumbuhan dan perkembangan otak anak usia RA |
Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi |
2 x 50 menit |
Kriteria Aktivitas: Tatap Muka; Tugas Berstruktur; Belajar Mandiri. |
Indikator Aktivitas
7.1 Menjelaskan proses pertumbuhan AUD 7.2 Menjelaskan perkembangan otak AUD: |
4 % |
||||
8 |
Review materi perkuliahan pertemua 1 sd/ 7 dan Ujian Tengah Semester |
20% |
|||||||||
9 |
Mahasiswa memahami metode penelitian pengembangan kognitif AUD |
Metode penelitian pengembangan kognitif AUD: Metode penelitian yang dilakukan dalam pengembangan kognitif AUD |
Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi |
4 x 50 menit |
Kriteria Aktivitas: Tatap Muka; Tugas Berstruktur; Belajar Mandiri. |
Indikator Aktivitas
9.1Menjelaskan pengertian metode penelitian pengembangan kognitif AUD 9.2Menjelaskan jenis-jenis metode penelitian yang dilakukan dalam pengembangan kognitif AUD |
4 % |
||||
10 |
Mahasiswa memahami teori-teori pengembangan kognitif AUD dalam perspektif Barat |
Teori-teori pengembangan kognitif anak usia RA dalam perspektif Barat: Pandangan para ahli Barat tentang teori pengembangan kognitif AUD |
Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi |
4 x 50 menit |
Kriteria Aktivitas: Tatap Muka; Tugas Berstruktur; Belajar Mandiri. |
Indikator Aktivitas
10.1Menjelaskan pandangan para ahli Barat tentang teori pengembangan kognitif AUD 10.2Menjelaskan perbedaan pandangan para ahli Barat tentang teori pengembangan kognitif AUD |
4 % |
||||
11 |
Mahasiswa memahami teori-teori pengembangan kognitif AUD dalam perspektif Islam |
Teori-teori pengembangan kognitif AUD dalam perspektif Islam: Pandangan para ahli Islam tentang teori pengembangan kognitif AUD |
Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi |
4 x 50 menit |
Kriteria Aktivitas: Tatap Muka; Tugas Berstruktur; Belajar Mandiri. |
Indikator Aktivitas
11.1Menjelaskan pandangan para ahli Islam tentang teori pengembangan kognitif AUD 11.2Menjelaskan perbedaan pandangan para ahli Islam tentang teori pengembangan kognitif AUD |
4 % |
||||
12 |
Mahasiswa memahami pengembangan kognitif AUD masa modern |
Pengembangan kognitif AUD masa modern: Perbandingan pemikiran para ahli Barat dan Islam tentang teori pengembangan kognitif AUD untuk diaplikasikan pada masa modern |
Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi |
4 x 50 menit |
Kriteria Aktivitas: Tatap Muka; Tugas Berstruktur; Belajar Mand iri. |
Indikator Aktivitas
12.1 Menjelaskan konsep pemikiran pengembangan kognitif AUD masa modern 12.2Menjelaskan perbandingan pemikiran para ahli Barat dan Islam tentang teori pengembangan kognitif AUD untuk diaplikasikan pada masa modern |
4 % |
||||
13 |
Mahasiswa memahami Metode-metode pengembangan kognitif AUD |
Metode-metode pengembangan kognitif AUD: Metode-metode yang digunakan dalam pengembangan kognitif AUD |
Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi |
4 x 50 menit |
Kriteria Aktivitas: Tatap Muka; Tugas Berstruktur; Belajar Mandiri. |
Indikator Aktivitas
13.1 Menjelaskan metode-metode yang digunakan dalam pengembangan kognitif AUD secara teori 13.2 Menjelaskan metode-metode yang digunakan dalam pengembangan kognitif AUD secara praktek |
4 % |
||||
14 |
Mahasiswa memahami alat evaluasi pengembangan kognitif AUD |
Alat evaluasi pengembangan kognitif AUD: Alat evaluasi yang digunakan dalam pengembangan kognitif AUD |
Observasi, menulis laporan, Presentasi, dan diskusi |
4 x 50 menit |
Kriteria Aktivitas: Tatap Muka; Tugas Berstruktur; Belajar Mandiri. |
Indikator Aktivitas
14.1Menjelaskan alat evaluasi yang digunakan dalam pengembangan kognitif AUD secara teori 14.2 Menjelaskan alat evaluasi yang digunakan dalam pengembangan kognitif AUD secara praktek |
4 % |
||||
15 |
Mahasiwa mampu memahami pengembangan kognitif AUD melalui pengamatan |
Pengembangan kognitif AUD melalui pengamatan: Pengamatan terhadap alat evaluasi pengembangan kognitif AUD di Raudhatul Athfal |
Observasi, menulis laporan, Presentasi, dan diskusi |
4 x 50 menit |
Kriteria Aktivitas: Tatap Muka; Tugas Berstruktur; Belajar Mandiri. |
Indikator Aktivitas
15.1 Mengidentifikasi pengembangan kognitif AUD 4 – 5 tahun 15.2 Mengidentifikasi pengembangan kognitif AUD 5 – 6 tahun |
4 % |
||||
16 |
Review materi perkuliahan pertemua 1 sd/ 7 dan Ujian Tengah Semester |
20% |
|||||||||
DAFTAR PUSTAKA
Abdulhak, I., 2003., Pemetaan Tatanan Kebijakan Serta Sistem dan Program Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Jakarta: Buletin PADU .
Ahmadi, A. dan Supriono, W., 1990., Psikologi Belajar. Solo: Rineka Cipta.
Cahyani, A., 2006., Psikologi Perkembangan. Jakarta: Ciputat Press.
Children Resources Internasional., 2000., Menciptakan Kelas yang Berpusat pada Anak 3-5 Tahun. Jakarta: CRI Indonesia.
Hawadi, R.A., 2001., Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak. Jakarta: Grasindo.
-------.2001., Kreatifitas, Panduan bagi Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar. Jakarta: Grasindo.
Hatimah, Ihat., 2002., Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini pada Keluarga. Tesis Magister PPs UNPAD Bandung, tidak di terbitkan.
Hawadi, RA. Sool., Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo.
Hurlock, Elizabeth B., 1974., Personaliti Development. New Delhi: Tata McGraww-Hill Publising Co. ltd.
-------.1978., Perkembangan Anak (terj), Meitasari Tjandrasa dan Soejarwo. Jakarta: Erlangga. Jilid II Edisi-VI .
-------.1980., Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terj.). Jakarta: Erlangga.
-------.1991., Psikologi Perkembangan (terj.). Jakarta: Erlangga.
Indrawati, SW., 2005., Upaya Orang tua dan Guru T K untuk Mencegah Perkembangan Emosi Negatif pada Anak Usia Dini. Tesis: SPS-UPI. (Tidak di terbitkan).
Jamaris, M., 2002., Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak;Pedoman bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: Grasindo.
Mariani, D. A., 2008., Bermain dan Kreatifitas pada Anak Usia Dini. Tersedia: http://deviarimariani.wordpress.com.
Masitah, dkk., 2005., Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Mayang Sari, S., 2005., Peran Ruang dalam Menunjang Perkembangan Kreativitas Anak. Tersedia: http://puslit.perta Ac.id/jounale/interior.
Moeslichatoen., 2004., Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhibin, Syah., 2004., Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuraini, SY., 2007., Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta Press.
Rahman, S., 2002., Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo.
Rosida, I., 2008., Belajar Sambil Bermain pada Anak Usia Dini. http;//tarsisius I-jkt,sch.id/a162m23/belajar-sambil-bermain.html.
Ruslan, A., 2007., Pendidikan Anak Usia Dini yang Baik Landasan Keberhasilan Pendidikan Masa Depan. Tersedia: http;//researchengines.com/agusruslan31-5-2.html.
Santoso, S., 2002., Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.
Solehuddin. M., 1997., Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Depdikbut-FIP IKIP.
-------.2004., Menfasilitasi Perkembangan Berfikir dan Kreatifitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan Pedagogis UPI.
Sunarto dan Agung, Hartono., 2002., Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, S., 2004., Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Disusun oleh: |
Diperiksa oleh: |
Disahkan oleh: |
|
Dosen Pengampu
Sri Wahyuni, M.Psi. |
Penanggung jawab Keilmuan
Dr. Khadijah. M.Ag. |
Ketua Program Studi
Dr. Khadijah. M.Ag. |
Dekan
Dr. Amiruddin Siahaan. M.Pd. |
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
Kontrak Kuliah
Nama Dosen Pengampu |
Sri Wahyuni, S.Psi.,M.Psi |
|||
Mata Kuliah |
Pengembangan Kognitif AUD |
|||
Ruang Kelas |
- |
|||
Fakultas Dan Program Studi |
FITK/PIAUD-1 dan 2 |
|||
Semester |
III |
|||
Tahun Akademik |
Gasal 2020/2021 |
|||
Mekanisme Penilaian |
Ketentuan Lain Harus Dipenuhi |
|||
Item Penilaian |
Bobot |
|
1. Kehadiran kuliah mahasiswa minimal 75% dari total tatap muka. 2. Berpakaian muslim dan muslimah. 3. Hadir 5 menit sebelum perkuliahan, jika terlambat 10 menit dihitung tidak hadir, kecuali ada insiden. 4. Seluruh tugas harus dikumpulkan tepat waktu dalam bentuk hard copy dan Soft copy ke email (sriwahyuni@uinsu.ac.id/ WA 081361724025) 5. Penulisan tugas individu memenuhi Standart: Judul, Pendahuluan, Kaji teoritik, Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka menggunakan Standart Bibiografi (AFA) min 15 Lembar. dan membuat Power Point min: 10 Slide dari makalah tersebut. 6. Penulisan harus konsisten antara pengutipan dari sumber buku internet, journal, artikel koran majalah dengan daftar pustaka, dan memenuhi kaidah unsur dan teknik penulisan pada point 5
|
|
25 % |
||||
- Ujian Tengah Semester |
20 % |
|||
- Tugas |
25 % |
|||
- Kuis |
10 % |
|||
- Partisipasi Pembelajaran |
10 % |
|||
- Sikap |
10 % |
|||
Total |
100 % |
|||
Hal – Hal lain yang perlu disampaikan |
||||
Tidak ada ujian ulangan kecuali mahasiswa yang sakit pada hari ujian dan dibuktikan dengan surat keterangan dokter |
||||
Medan, 21 Oktober 2020
Dosen Pengampu
Sri Wahyuni, M.Psi
Nip. 197406212014112002
Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep dasar pendidikan Islam dalam ruang lingkup ontologi, epistemologi dan aksiologi dengan pembahasan yang mencakup:1) pengertian, tujuan, fungsi, metode dan ruang lingkup kajian Filsafat Pendidika dan Islam 2) Hakikat manusia, masyarakat, alam semesta dan ilmu pengetahuan dalam Islam 3) unsur-unsur pendidikan Islam dan kepribadian muslim