LOGO UINJ SU revisi 6 okeSILABUS MATA KULIAH

Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini

SEMESTER GASAL

 

Mata Kuliah         :     Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (AUD)

Prodi                      :     PIAUD

Kode                      :     01030807

Bobot                      :     4 SKS

Dosen                     :     Sri Wahyuni, M.Psi

 

I.          Capaian Pembelajaran

M1. Mahasiswa mampu menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri yang ditunjukkan dalam kejujuran dan kerjasama tim dalam menyusun tugas-tugas dan kejujuran dalam ujian.

M2. Mahasiswa mampu memahami tentang Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini

M3 Mahasiswa mampu mengidentifikasi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini dan permasalahan yang berkaitan Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui pengamatan.

 

II. Materi Pokok

1.       Pengertian Anak Usia Dini

2.       Pengembangan Kognitif, objek dan manfaat mempelajari Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

3.       Sejarah Perkembangan Anak Usia Dini

4.       Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

5.       Proses dan Periode Perkembangan Anak Usia Dini

6.       Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

7.       Teori-teori Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini

8.       Ujian Mid Semester

9.       Macam-macam Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini

10.    Media dan kreativitas Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini

11.    Jenis-jenis Media Pembelajaran Kognitif

12.    Model Taksonomi Bloom Ranah Kognitif

13.    Hakikat dan Konsep Permainan MM Anak Usia Dini

14.    Hakikat dan Konsep Permainan Sains Anak Usia Dini

15.    Hakikat Evaluasi/Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini

16.    Pedoman Evaluasi/Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini

 

III. Refrensi

Drs, ahmad Susanto, M.Pd, 2014, Perkembangan AUD, Jakarta, Prenadamedia                                Group.

Ahmadi, A. dan Supriono, W., 1990., Psikologi Belajar. Solo: Rineka Cipta

Cahyani, A.,  Psikologi Perkembangan, 2006 Ciputat Press, Jakarta.

Children Resources Internasional., 2000., Menciptakan Kelas yang Berpusat

                           pada Anak 3-5 Tahun. Jakarta: CRI Indonesia.

Elizabeth B. Hurlock, 1993, Psikologi Perkembangan, Jakarta, Airlangga.

Hawadi, R.A., 2001., Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak. Jakarta: Grasindo.

-------.2001., Kreatifitas, Panduan bagi Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar. Jakarta: Grasindo.

Hawadi, RA. Sool., Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo.

-------.1978., Perkembangan Anak (terj), Meitasari Tjandrasa dan Soejarwo. Jakarta: Erlangga. Jilid II Edisi-VI .

-------.1991., Psikologi Perkembangan (terj.). Jakarta: Erlangga.

Jamaris, M., 2002., Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak;Pedoman bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: Grasindo.

Dr. Hj. Khadijah, M.Pd, 2016, Pengembangan Kognitif AUD, Medan, Perdana                 Publishing.

Dr. Masganti Sit, M.Pd, 2015, Psikologi Perkembangan AUD, Jilid I, 2015, Medan,          Perdana Publishing.

Masitah, dkk., 2005., Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Moeslichatoen., 2004., Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

F.J.Monks. A.M.P.Knoers & Siti Rahayu Haditono, 1982, Psikologi                       Perkembangan, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Muhibin, Syah., 2004., Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuraini, SY., 2007., Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta Press.

Rahman, S., 2002., Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo.

Ruslan, A., 2007., Pendidikan Anak Usia Dini yang Baik Landasan Keberhasilan Pendidikan Masa Depan. Tersedia: http;//researchengines.

                           com/agusruslan31-5-2.html.

Santoso, S., 2002., Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.

Solehuddin. M., 1997., Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Depdikbut-FIP IKIP.

Sunarto dan Agung, Hartono., 2002., Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S.2004., Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LOGO UINJ SU revisi 6 okeFAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN

 

                      PROGRAM SEMESTER GASAL

 

Program Studi                   : Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Mata Kuliah                                      : Pengembangan Kognitif AUD

Kode Mata Kuliah                           : MPB 404

Semester                                             : III/PIAUD-1 dan 2

Sks                                                       : 4 SKS

Dosen Pengampu                             : Sri Wahyuni, S.Psi.,M.Psi

 

 

Capaian Pembelajaran Prodi :

 

 

S1.   Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

S2.   Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

S8.   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S9.   Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S11.  Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan   

      otonomi akademik.

S12.  Bertanggungjawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya.

KU1.  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau

      implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KU2.  Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU5.  Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,

      berdasarkan hasil analisi informasi dan data

KU9.  Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunukasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan

      kerja.

P2.    Mampu  mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia dengan

      menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia

      kerja (dunia non akademik)

P4.    Memiliki kemampuan dalam berfikir kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki

       keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam

       komunitas akademik dan non akademik

P5.    Memiliki pengetahuan dasar-dasar keIslaman sebagai agama rahmatan lil alamin

P6.    Memiliki kemampuan penguasaan pengetahuan terkait dengan integrasi keilmuan dan keIslaman sebagai

       paradigma keilmuan

KK2.  Terampil menemukan masalah yang terjadi pada pengembangan kognitif AUD dan faktor penyebabnya.

KK3.  Terampil menyusun karya tulis ilmiah berdasarkan teknik penulisan ilmiah.

KK6.  Terampil menyusun karangan ilmiah sesuai format atau sistematika FITK UIN Sumatera Utara yang up to

       date.

KK7.  Terampil mempresentasikan serta mempertanggungjawabkan karangan ilmiah yang telah disusun.

 

Capaian Mata Kuliah :

M1.  Mahasiswa mampu menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri yang ditunjukkan dalam  

      kejujuran dan kerjasama tim dalam menyusun tugas-tugas dan kejujuran dalam ujian.

M2.  Mahasiswa mampu menunjukkan sikap berpikir kritis, cermat dan saling menghargai

M3.  Mahasiswa mampu menguasai penyususunan makalah secara baik dan benar dalam penyusunan kalimat yang efektif, dan penataan  

     wacana yang baik sesuai dengan ragam dalam penulisan karya ilmiah

 

Minggu ke-

Kemampuan Akhir Mahasiswa yang Diharapkan

Bahan Kajian

Bentuk Pembelajaran.

Waktu

Pengalaman Belajar Mahasiswa

Kriteria dan Indikator Penilaian

Bobot Nilai

1

Mahasiswa memahami pengembangan kognitif AUD sebagai sebuah disiplin ilmu

 

Pengembangan kognitif AUD sebagai sebuah disiplin ilmu: Pengertian pengembangan kognitif AUD, objek kajian pengembangan kognitif anak usia AUD, dan manfaat mempelajari pengembangan kognitif anak usia AUD

Brain storming. Penugasan, dan Every one is teacher here

 

4 x 50 menit

Mengajukan Pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan Membuat simpulan

Indikator Aktivitas

 

1.1    Menjelaskan pengertian pengembangan kognitif anak usia AUD dengan bahasa sendiri

1.2  Menjelaskan objek kajian pengembangan kognitif anak usia AUD

1.3  Menjelaskan manfaat mempelajari pengembangan kognitif anak usia AUD

3 %

2

Mahasiswa memahami dunia anak dan yang berperan dan bertanggung jawab dalam pengembangan kognitif AUD

 

Dunia anak dan yang berperan dan bertanggung jawab dalam pengembangan kognitif AUD: Mengenal lebih jauh dunia anak dan orang-orang yang berperan aktif dan bertanggung jawab dalam pengembangan kognitif AUD

Brain storming. Penugasan, dan STAD

 

4 x 50 menit

Kriteria

Aktivitas:

Tatap Muka;

Tugas Berstruktur;

Belajar Mandiri.

Indikator Aktivitas

 

2.1 Menjelaskan pengertian dunia anak dan perkembangan dunia anak

2.2 Menjelaskan tentang  orang-orang yang berperan aktif dan bertanggung jawab dalam pengembangan kognitif AUD

 

4 %

3

Mahasiwa memahami sejarah dan studi modern tentang AUD

 

Sejarah dan studi modern tentang AUD: Sejarah perkembangan AUD di masa modern

 

Brain storming. Penugasan, dan STAD

 

4 x 50 menit

Kriteria

Aktivitas:

Tatap Muka;

Tugas Berstruktur;

Belajar Mandiri.

Indikator Aktivitas

 

3.1 Menjelaskan sejarah perkembangan AUD di masa modern

3.2  Menjelaskan studi modern tentang AUD

 

4 %

4

Mahasiswa memahami pertumbuhan dan perkembangan AUD

 

Pertumbuhan dan perkembangan AUD: Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan AUD dan perubahan-perubahan yang terjadi dalam pertumbuhan dan perkembangan AUD

Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi

4 x 50 menit

Kriteria

Aktivitas:

Tatap Muka;

Tugas Berstruktur;

Belajar Mandiri.

Indikator Aktivitas

 

4.1  Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan AUD

4.2  Menjelaskan perbedaan yang terjadi dalam pertumbuhan dan perkembangan AUD  

4 %

5

Mahasiswa memahami proses dan periode perkembangan anak 

Proses dan periode perkembangan AUD: Proses-proses perkembangan dan periodesasi perkembangan AUD

Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi

4 x 50 menit

Kriteria

Aktivitas:

Tatap Muka;

Tugas Berstruktur;

Belajar Mandiri.

Indikator Aktivitas

 

 5.1Menjelaskan proses-proses perkembangan AUD

5.2Menjelaskan periodesasi perkembangan AUD

4 %

6

 Mahasiswa

 memahami

 masalah

 perkembangan

 

Masalah perkembangan: Masalah yang terjadi dalam proses perkembangan AUD khususnya dalam pengembangan kognitif AUD

Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi

4 x 50 menit

Kriteria

Aktivitas:

Tatap Muka;

Tugas Berstruktur;

Belajar Mandiri.

Indikator Aktivitas

 

6.1 Menjelaskan masalah perkembangan

6.2 Menjelaskan masalah  pengembangan kognitif AUD

4 %

7

 Mahasiswa

 memahami

 pertumbuhan

 dan

 perkembangan

 otak AUD

Pertumbuhan dan perkembangan otak anak usia RA: Proses pertumbuhan dan perkembangan otak anak usia RA

Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi

2 x 50 menit

Kriteria

Aktivitas:

Tatap Muka;

Tugas Berstruktur;

Belajar Mandiri.

Indikator Aktivitas

 

7.1   Menjelaskan

      proses pertumbuhan AUD

7.2   Menjelaskan 

      perkembangan otak AUD:

4 %

8

Review materi perkuliahan pertemua 1 sd/ 7 dan Ujian Tengah Semester

20%

9

 Mahasiswa

 memahami

 metode

 penelitian  

 pengembangan

 kognitif AUD

Metode penelitian  pengembangan kognitif AUD: Metode penelitian yang dilakukan dalam pengembangan kognitif AUD  

Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi

4 x 50 menit

Kriteria

Aktivitas:

Tatap Muka;

Tugas Berstruktur;

Belajar Mandiri.

Indikator Aktivitas

 

9.1Menjelaskan pengertian metode penelitian  pengembangan kognitif AUD

9.2Menjelaskan jenis-jenis metode penelitian  yang dilakukan dalam pengembangan kognitif AUD

4 %

 

10

 

Mahasiswa  

 memahami

 teori-teori

 pengembangan

 kognitif AUD dalam

 perspektif Barat

 

Teori-teori pengembangan kognitif anak usia RA dalam perspektif Barat: Pandangan para ahli Barat tentang teori pengembangan kognitif AUD 

 

Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi

 

4 x 50 menit

 

Kriteria

Aktivitas:

Tatap Muka;

Tugas Berstruktur;

Belajar Mandiri.

 

Indikator Aktivitas

 

10.1Menjelaskan pandangan para ahli Barat tentang teori pengembangan kognitif AUD

10.2Menjelaskan perbedaan pandangan para ahli Barat tentang teori pengembangan kognitif AUD

4 %

11     

 Mahasiswa  

 memahami

 teori-teori

 pengembangan

 kognitif AUD dalam

 perspektif Islam

 Teori-teori pengembangan kognitif AUD dalam perspektif Islam: Pandangan para ahli Islam tentang teori pengembangan kognitif AUD

Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi

4 x 50 menit

Kriteria

Aktivitas:

Tatap Muka;

Tugas Berstruktur;

Belajar Mandiri.

Indikator Aktivitas

 

11.1Menjelaskan pandangan para ahli Islam tentang teori pengembangan kognitif AUD

11.2Menjelaskan perbedaan pandangan para ahli Islam tentang teori pengembangan kognitif AUD

4 %

12

 Mahasiswa  

 memahami

 pengembangan

 kognitif AUD masa

 modern

Pengembangan kognitif AUD masa modern: Perbandingan pemikiran para ahli Barat dan Islam tentang teori pengembangan kognitif AUD untuk diaplikasikan pada masa modern

Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi

4 x 50 menit

Kriteria

Aktivitas:

Tatap Muka;

Tugas Berstruktur;

Belajar Mand

iri.

Indikator Aktivitas

 

12.1 Menjelaskan konsep pemikiran pengembangan kognitif AUD masa modern

12.2Menjelaskan perbandingan pemikiran para ahli Barat dan Islam tentang teori pengembangan kognitif AUD untuk diaplikasikan pada masa modern

4 %

13

Mahasiswa memahami Metode-metode pengembangan kognitif AUD

Metode-metode pengembangan kognitif AUD: Metode-metode yang digunakan dalam pengembangan kognitif AUD

Brain storming, Penugasan, Information Search, dan Presentasi

4 x 50 menit

Kriteria

Aktivitas:

Tatap Muka;

Tugas Berstruktur;

Belajar Mandiri.

Indikator Aktivitas

 

13.1  Menjelaskan

     metode-metode yang digunakan dalam pengembangan kognitif AUD secara teori

13.2 Menjelaskan

      metode-metode yang digunakan dalam pengembangan kognitif AUD secara praktek

4 %

14

Mahasiswa memahami alat evaluasi pengembangan

kognitif AUD

Alat evaluasi pengembangan kognitif AUD: Alat evaluasi yang digunakan dalam pengembangan kognitif AUD

Observasi, menulis laporan,  Presentasi, dan diskusi

4 x 50 menit

Kriteria

Aktivitas:

Tatap Muka;

Tugas Berstruktur;

Belajar Mandiri.

Indikator Aktivitas

 

14.1Menjelaskan alat evaluasi yang digunakan dalam pengembangan kognitif AUD secara teori

14.2 Menjelaskan alat evaluasi yang digunakan dalam pengembangan kognitif AUD secara praktek

4 %

15

Mahasiwa mampu memahami pengembangan kognitif AUD melalui pengamatan

Pengembangan kognitif AUD melalui pengamatan: Pengamatan terhadap alat evaluasi pengembangan kognitif AUD di Raudhatul Athfal

Observasi, menulis laporan,  Presentasi, dan diskusi

4 x 50 menit

Kriteria

Aktivitas:

Tatap Muka;

Tugas Berstruktur;

Belajar Mandiri.

Indikator Aktivitas

 

15.1  Mengidentifikasi

     pengembangan kognitif AUD 4 – 5 tahun

15.2  Mengidentifikasi

    pengembangan kognitif AUD 5 – 6 tahun

4 %

16

Review materi perkuliahan pertemua 1 sd/ 7 dan Ujian Tengah Semester

20%

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Abdulhak, I., 2003., Pemetaan Tatanan Kebijakan Serta Sistem dan Program Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Jakarta: Buletin PADU .

Ahmadi, A. dan Supriono, W., 1990., Psikologi Belajar. Solo: Rineka Cipta.

Cahyani, A., 2006., Psikologi Perkembangan. Jakarta: Ciputat Press.

Children Resources Internasional., 2000., Menciptakan Kelas yang Berpusat pada Anak 3-5 Tahun. Jakarta: CRI Indonesia.

Hawadi, R.A., 2001., Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak. Jakarta: Grasindo.

-------.2001., Kreatifitas, Panduan bagi Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar. Jakarta: Grasindo.

Hatimah, Ihat., 2002., Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini pada Keluarga. Tesis Magister PPs UNPAD Bandung, tidak di terbitkan.

Hawadi, RA. Sool., Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo.

Hurlock, Elizabeth B., 1974., Personaliti Development. New Delhi: Tata McGraww-Hill Publising Co. ltd.

-------.1978., Perkembangan Anak (terj), Meitasari Tjandrasa dan Soejarwo. Jakarta: Erlangga. Jilid II Edisi-VI .

-------.1980., Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terj.). Jakarta: Erlangga.

-------.1991., Psikologi Perkembangan (terj.). Jakarta: Erlangga.

Indrawati, SW., 2005., Upaya Orang tua dan Guru T K untuk Mencegah Perkembangan Emosi Negatif pada Anak Usia Dini. Tesis: SPS-UPI. (Tidak di terbitkan).

Jamaris, M., 2002., Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak;Pedoman bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: Grasindo.

Mariani, D. A., 2008., Bermain dan Kreatifitas pada Anak Usia Dini. Tersedia: http://deviarimariani.wordpress.com.

Masitah, dkk., 2005., Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Mayang Sari, S., 2005., Peran Ruang dalam Menunjang Perkembangan Kreativitas Anak. Tersedia: http://puslit.perta Ac.id/jounale/interior.

Moeslichatoen., 2004., Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibin, Syah., 2004., Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuraini, SY., 2007., Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta Press.

Rahman, S., 2002., Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo.

Rosida, I., 2008., Belajar Sambil Bermain pada Anak Usia Dini. http;//tarsisius I-jkt,sch.id/a162m23/belajar-sambil-bermain.html.

Ruslan, A., 2007., Pendidikan Anak Usia Dini yang Baik Landasan Keberhasilan Pendidikan Masa Depan. Tersedia: http;//researchengines.com/agusruslan31-5-2.html.

Santoso, S., 2002., Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.

Solehuddin. M., 1997., Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Depdikbut-FIP IKIP.

-------.2004., Menfasilitasi Perkembangan Berfikir dan Kreatifitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan Pedagogis UPI.

Sunarto dan Agung, Hartono., 2002., Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S., 2004., Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

 

Disusun oleh:

Diperiksa oleh:

Disahkan oleh:

Dosen Pengampu

 

 

 

Sri Wahyuni, M.Psi.

Penanggung jawab Keilmuan

 

 

 

Dr. Khadijah. M.Ag.

Ketua Program Studi

 

 

 

Dr. Khadijah. M.Ag.

Dekan

 

 

 

Dr. Amiruddin Siahaan. M.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA

 

Kontrak Kuliah   

 

Nama Dosen Pengampu

Sri Wahyuni, S.Psi.,M.Psi

Mata Kuliah

Pengembangan Kognitif AUD

Ruang Kelas

-

Fakultas Dan Program Studi

FITK/PIAUD-1 dan 2

Semester

III

Tahun Akademik

Gasal

Mekanisme Penilaian

Ketentuan Lain Harus Dipenuhi

Item Penilaian

Bobot

 

1.   Kehadiran kuliah mahasiswa minimal 75% dari total tatap muka.

2.   Berpakaian muslim dan muslimah.

3.   Hadir 5 menit sebelum perkuliahan, jika terlambat 10 menit dihitung tidak hadir, kecuali ada insiden.

4.   Seluruh tugas harus dikumpulkan tepat waktu dalam bentuk hard copy dan Soft copy ke email (sriwahyuni@uinsu.ac.id/ WA 081361724025)

5.   Penulisan tugas individu memenuhi Standart: Judul, Pendahuluan, Kaji teoritik, Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka menggunakan Standart Bibiografi (AFA) min 15 Lembar. dan membuat Power Point min: 10 Slide dari makalah tersebut.

6.   Penulisan harus konsisten antara pengutipan dari sumber buku internet, journal, artikel koran majalah dengan daftar pustaka, dan memenuhi kaidah unsur dan teknik penulisan pada point 5

 

- Ujian Akhir Semester

25 %

- Ujian Tengah Semester

20 %

- Tugas

25 %

- Kuis

10 %

- Partisipasi Pembelajaran

10 %

- Sikap

10 %

Total

100 %

Hal – Hal lain yang perlu disampaikan

Tidak ada ujian ulangan kecuali mahasiswa yang sakit pada hari ujian dan dibuktikan dengan surat keterangan dokter

 

Medan,

 

                   Dosen Pengampu

 

 

 

                              Sri Wahyuni, M.Psi

                                    Nip. 197406212014112002

Mata Kuliah: Pengembangan Kognitif AUD

Capaian Mata Kuliah

Mahasiswa mampu menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri yang ditunjukkan dalam kejujuran dan kerjasama tim dalam menyusun tugas-tugas dan kejujuran dalam ujian.

Mahasiswa mampu memahami tentang Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini

Mahasiswa mampu mengidentifikasi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini dan permasalahan yang berkaitan Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui pengamatan.