• Ruang lingkup mata kuliah pendahuluan koperasi dan umkm, sejarah pertumbuhan, perkembangan dan perjuangan koperasi sejak zaman penjahanan sampai sekarang, pedoman tata cara mendirikan koperasi, koperasi dan sistem ekonomi Indonesia, kinerja koperasi Indonesia, kebijaksanaan pemerintah dalam pembangunan koperasi di Indonesia, badan usaha berbentuk koperasi, koperasi dan mekanisme pasar, kewirausahaan, pengawasan koperasi, koperasi dalam pembangunan masyarakat, koperasi unit desa, eksistensi UKM di dalam proses pembangunan ekonomi, per masalahan UKM.
  • Kaitannya dengan kompetensi lulusan Program Studi yang telah ditetapkan, mata kuliah ini mendukung kompetensi lulusan untuk mendefinisikan dan mengidentifikasi konsep-konsep dan teori-teori koperasi, UMKM, mampu mendalami, mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam kasus-kasus terkait dengan perumusan, implementasi dan evaluasi strategi dalam pengembangan koperasi dan UMKM dalam mewujudkan kesejahtraan masyarakat.

 


  • Ruang lingkup mata kuliah pendahuluan koperasi dan umkm, sejarah pertumbuhan, perkembangan dan perjuangan koperasi sejak zaman penjahanan sampai sekarang, pedoman tata cara mendirikan koperasi, koperasi dan sistem ekonomi Indonesia, kinerja koperasi Indonesia, kebijaksanaan pemerintah dalam pembangunan koperasi di Indonesia, badan usaha berbentuk koperasi, koperasi dan mekanisme pasar, kewirausahaan, pengawasan koperasi, koperasi dalam pembangunan masyarakat, koperasi unit desa, eksistensi UKM di dalam proses pembangunan ekonomi, per masalahan UKM.
  • Kaitannya dengan kompetensi lulusan Program Studi yang telah ditetapkan, mata kuliah ini mendukung kompetensi lulusan untuk mendefinisikan dan mengidentifikasi konsep-konsep dan teori-teori koperasi, UMKM, mampu mendalami, mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam kasus-kasus terkait dengan perumusan, implementasi dan evaluasi strategi dalam pengembangan koperasi dan UMKM dalam mewujudkan kesejahtraan masyarakat.

 


  • Ruang lingkup mata kuliah pendahuluan koperasi dan umkm, sejarah pertumbuhan, perkembangan dan perjuangan koperasi sejak zaman penjahanan sampai sekarang, pedoman tata cara mendirikan koperasi, koperasi dan sistem ekonomi Indonesia, kinerja koperasi Indonesia, kebijaksanaan pemerintah dalam pembangunan koperasi di Indonesia, badan usaha berbentuk koperasi, koperasi dan mekanisme pasar, kewirausahaan, pengawasan koperasi, koperasi dalam pembangunan masyarakat, koperasi unit desa, eksistensi UKM di dalam proses pembangunan ekonomi, per masalahan UKM.
  • Kaitannya dengan kompetensi lulusan Program Studi yang telah ditetapkan, mata kuliah ini mendukung kompetensi lulusan untuk mendefinisikan dan mengidentifikasi konsep-konsep dan teori-teori koperasi, UMKM, mampu mendalami, mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam kasus-kasus terkait dengan perumusan, implementasi dan evaluasi strategi dalam pengembangan koperasi dan UMKM dalam mewujudkan kesejahtraan masyarakat.

 


SILABUS

  1. Identitas Mata Kuliah

·         Mata Kuliah: Pendidikan Anak Usia Dini

·         Bobot SKS: 2 SKS

·         Semester: IV-TIPS-1

·         Dosen: Dr. Masganti Sit, M.Ag.

 

  1. Tujuan Mata Kuliah:  Mahasiswa memahami secara komprehensif tentang konsep dan teori dasar pendidikan anak usia dini serta bersedia dan dapat mengaplikasikannya secara professional pada lembaga PAUD (formal, nonformal, dan informal).
  2. Deskripsi Mata Kuliah Dalam perkuliahan dibahas tentang definisi, rasional, tujuan, ruang lingkup, karakteristik dan fungsi pendidikan anak usia dini. Selanjutnya dieksplorasi pula tentang pendekatan, peran guru/pendidik, perkembangan dan permasalahan berkaitan pendidikan anak usia dini. Untuk menyempurnakan pemahaman, dibahas pula tentang kebijakan-kebijakan berkaitan dengan pendidikan anak usia dini di Indonesia.
  3. Pendekatan Pembelajaran Pendekatan: Pendekatan yang digunakan adalah integerasi antara penguasaan kemampuan hardskills dengan softskills dengan metode bervariasi, meliputi: presentasi, ceramah, diskusi, pemecahan masalah dan penugasan. Media yang digunakan: media cetak dan non cetak
  4.  Evaluasi

·         Quis 10%

·         Tugas 25%

·         Partisipasi 20%

·         Ujian Tengah Semester 20 %

·         Ujian Akhir Semester 25 %

 

  1. Deskripsi Pertemuan

Pertemuan 1: Hakekat Anak Usia Dini: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Jenis-jenis Lembaga PAUD

Pertemuan 2: Pentingnya PAUD: Filosofi, Psikologis, Empiris, Yuridis, Praktis

Pertemuan 3: Sejarah Lembaga PAUD di Indonesia (Review Buku)

Pertemuan 4: Teori-teori Pembelajaran di PAUD: Montessori, Erikson, dan Frued (Review Buku)

Pertemuan 5: Teori-teori Pembelajaran DAP: Piaget, Vygotsky, dan Bandura (Review Buku)

Pertemuan 6: Kurikulum PAUD di Indonesia (Review Buku)

Pertemuan 7: Parenting di Lembaga PAUD (Review Buku)

Pertemuan 8: UTS

Pertemuan 9: Belajar Melalui Bermain

Pertemuan 10: Implementasi Bermain di PAUD (Observasi)

Pertemuan 11: Layanan Kesehatan di PAUD (Observasi)

Pertemuan 12: Implementasi Pembelajaran di PAUD (Observasi)

Pertemuan 13: Pelaksanaan Kurikulum di PAUD (Observasi)

 Pertemuan 14: Pelaksanaan Parenting di PAUD (Observasi)

Pertemuan 15:  Permasalahan anak di PAUD (Observasi)

Pertemuan 16: UAS

 


Mata kuliah ini membahas teori, pendekatan, sejarah, makna, implikasi, dasar, tujuan, dan fungsi pendidikan multikultural, permasalahan pendidikan multikultural di Indonesia, dan peran penting sekolah sebagai lembaga pengembangan kebudayaan

Mata Kuliah pengembangan keterampilan sosial ini merupakan salah satu komponen dari pendidikan life skill yang harus dimiliki seseorang agar dapat menjalankan kehidupannya secara baik sebagai makhluk sosial. Kemampuan ini juga termasuk kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap manusia khususnya bagi mahasiswa untuk menciptakan hubungan sosial yang baik kepada masyarakat disekitarnya dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya, serta memecahkahkan problematika sosial yang dihadapi.

Mata Kuliah Materi Pengembangan Keterampilan Sosial ini merupakan mata kuliah wajib, untuk memberikan pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam menelaah, mengkaji dan mengembangkan materi Pengembangan Keterampilan Sosial dalam beberapa materi yang diajarkan di Sekolah.

Sasaran pembelajaran mata kuliah ini  agar mahasiswa mampu memahami makna pengembangan keterampilan sosial dalam pembelajaran serta dapat menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di dalam dan di luar kelas.

Mata Kuliah Materi Pengembangan Keterampilan Sosial ini merupakan mata kuliah wajib, untuk memberikan pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam menelaah, mengkaji dan mengembangkan materi Pengembangan Keterampilan Sosial dalam beberapa materi yang diajarkan di Sekolah.

Sasaran pembelajaran mata kuliah ini  agar mahasiswa mampu memahami makna pengembangan keterampilan sosial dalam pembelajaran serta dapat menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di dalam dan di luar kelas.

Mata kuliah ini berisi tentang Perkembangan Masyarakat Indonesia sejak masuknya pengaruh Agama Hindu-Budha dan Islam di Indonesia. Masuknya Agama Hindu-Budha dan Islam ke Indonesia tentu saja membawa pengaruh yang besar terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Materi selanjutnya adalah menggambarkan awal munculnya imperialisme dan kolonialisme di Indonesia, Pergerakan Masyarakat dan Organisasi dalam melawan penjajahan. Pemahaman ini sangat penting bagi mahasiswa selain meningkatkan rasa nasionalisme yang tinggi juga agar generasi mendatang tidak buta dan lupa dengan sejarah bangsanya.