MAHASISWA MAMPU MEMAHAMI DAN MENGAPLIKASIKAN BAHASA INDONESIA DALAM PERCAKAPAN MAUPUN TERTULIS SECARA BAIK DAN BENAR BERDASARKAN NILAI-NILAI KE-ISLAMAN






















Mata kuliah ilmu komunikasi merupakan mata kuliah dasar yang pada hakikatnya merupakan aspek fundamental dalam ilmu sosial. Ilmu komunikasi akan mempelajari secara spesifik bagaimana efektivitas dalam proses interaksi dapat tercapai. Di samping itu, mata kuliah ini akan membahas fenomena-fenomena kontemporer yang bersinggungan erat dengan kajian ilmu komunikasi, seperti media massa dan media baru dengan berbagai dinamika yang ada di dalamnya.

                                                 SILABUS PSIKOLOGI KOMUNIKASI

1.    Nama Mata kuliah             :         Psikologi Komunikasi

2.    Kode/SKS                           :         KPI/ V-D/ 2 SKS

3.    Prasyarat                            :         -

4.    Status Matakuliah              :         Wajib Prodi

5.    Dosen Pengampu               :         Berliani Ritonga, M.Pd

6.    Deskripsi singkat MK         

Mata Kuliah Psikologi komunikasi ini dipelajari untuk dapat mengetahui serta memahami ruang lingkup psikologi komunikasi dalam dakwah dan penerangan sebuah agama adalah menyangkut masalah pembentukan sikap psikologi dan pengembangan motivasi dalam hal yang positif.

7.  Materi Pembelajaran atau Pokok Bahasan atau Topik

 

1.

Ruang  Lingkup Psikologi

a.  Sejarah Perkembangan Psikologi

b.  Pengertian Psikologi Komunikasi dan Psikologi Sosial

c.  Awal Studi Komunikasi

d. Peran Studi  Komunikasi

e.  Tiga Fungsi UtamaPsikologi

2.

Pendekatan Psikologi Terhadap Prilaku Manusia

a. Pendekatan Neuroscience

b. Pendekatan Psikdinamik

c. Penedekatan Behavioral

d.Pendekatan Kognitif, Humanistik

Faktor Personal dan Situasional yang Mempengaruhi Prilaku Manusia

3.

Pengelolaan dan Penerimaan Informasi Dalam Diri Individu Manusia

a. Persepsi

b. Sensasi

 4.

Karakteristik Manusia Komunikan

a.    Memori

b.   Berpikir

5.

Kognisi

Komunikasi

Komunikasi Interpersonal

a. Penilaian

b. b.Perubahan Sikap

6.

Diri ( The Self)

a.    Konsep diri

b.   Harga diri

c.    Kontrol diri

d.   Kesadaran  diri

e.    Persentasi diri

7.

Komunikasi Interpersonal

a.    Defenisi

b.    Pembentukan

c.    Pengukuran

d.   Perubahan sikap

e.    Sikap dan Prilaku

8

Persepsi Sosial

9.

Komunikasi Publik

10.

Komunikasi Efektif

11.

Media Komunikasi

 12.

Komunikasi Massa

13.

Persepsi Sosial

 14.

Tinjauan Terhadap Manusia


8.  Bahan, sumber informasi, dan referensi

A.    Buku Wajib:

1.      Endin Nasution, Psikologi Komunikasi,Jakarta: Pustaka Setia, 2016

2.      Jalaluddin Rahmat, Psikologi Komunikasi, Jakarta: Simbosa Rekatama Media, 2018

3.      Saifuddin Azwar, Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2016

4.      Riswandi, Psikologi Komunikai,Yogyakarta:Pustaka Sinar Harapan, 2017

5.      Denis McQuail, Teori Komunikasi Massa,Jakarta: Erlangga, 1987

B.     Buku Anjuran:

 

1.      M.Alisuf.Sabri, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Pedoman Ilmu jaya, 2018

2.      Djamaluddin Ancok, Psikologi Islam, Jakarta: Pustaka Pelajar,2017 

3.      Sarlito, Pengantar  Psikologi Umum, Yogyakarta: Eko Meima, 2004