Matakuliah ini membahas berbagai konsep dasar tentang program pendidikan, identifikasi komponen dan indikator program pendidikan, penyusunan kisi-kisi dan instrumen evaluasi program, pengumpulan data evaluasi program dan pengolahan/analisis data evaluasi program serta penyusunan proposal evaluasi program serta cara untuk meningkatkan kinerja dan produk program bertitik tolak dari hasil evaluasi yang dilakukan secara terarah, sistematik dan kontinyu. Perkuliahan dilakukan secara tatap muka mencakup teori dan praktek. Evaluasi dilakukan secara tertulis dan penilaian terhadap hasil praktek.


Mata Kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, wawasan dan keterampilan tentang proses, mekanisme, prosedur dan strategi manajemen sumberdaya manusia pada umumnya juga manajemen pada organisasi pendidikan secara khusus, selanjutnya mata kuliah ini memberikan bekal untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam peningkatan mutu sumber daya manusia secara komprehensif dalam sistem pendidikan nasional.


Mata kuliah ini berisi kajian teoritik dan praksis mengenai manajemen kurikulum dan program pendidikan. Kajian teoritik berisi: konsep pengembangan kurikulum (pengertian, komponen, asas, prinsip pengembangan, model-model pengembangan dan evaluasi kurikulum, pada aspek praksisnya berupa Penyusunan Kurikulum dan silabus berbasis karakter di lembaga pendidikan. Sedangkan praksisnya berisi studi lapangan mengenai manajemen kurikulum di sekolah-sekolah dan praktik penyusunan kurikulum.

Mata kuliah ini membahas tentang beberapa komponen utama merencanakan, mengelola dan mengembangkan serta mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran. Pembahasan mata kuliah ini meliputi landasan dasar dan tujuan manajemen kurikulum dan pembelajaran, kemudian landasan pengembangan, lintasan sejarah kurikulum, desain struktur dan fungsi, pengembangan perangkat, evaluai dan inovasi kurikulum. Pada bagian berikutnya adalah landasan pengembangan pmbelajaran, pengembangan strategi, media dan sumber, penilaian dan inovasi pembealjaran

 

 

Description: Daftar UIN di Seluruh Indonesia - Ayo Madrasah

 

 

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARAN MEDAN

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate 20371 Sumatera Utara,Indonesia

Telepon (061) 6615683, 6622925, Fax. (061) 6615683

Website: www.mpis2.uinsu.ac.id dan http://www.fitk.uinsu.ac.id

 

 

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

 

A. IDENTITAS MATA KULIAH

     1.  Nama Mata Kuliah

METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF

Sks: 3

Kode: 01031210

     2.  Program Studi

Manajemen Pendidikan Islam (S2)

Semester

II

     2.  Prasyarat

-

T.A.

Gasal 2019/2020

     3.  Dosen Pengampu

1. Dr. Tien Rafida, M.Hum.

 

 

 

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Sikap dan tata nilai

Berperilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui proses pembelajaran. Memiliki perilaku dan tata nilai yang berkarakter atau jati diri bangsa dan negara Indonesia. Memiliki sikap dan tata nilai terinternalisasi selama proses belajar, baik terstruktur maupun tidak dalam pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif  

Kemampuan kerja

Kemampuan melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen, yang diperoleh melalui pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif.  Berpengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif. Mewujudkan transformasi potensi yang ada dalam setiap mahasiswa menjadi kompetensi atau kemampuan yang aplikatif dan bermanfaat dalam pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk mengembangkan IPTEKS melalui riset inter/multi disiplin, inovasi, teruji.  

Penguasaan pengetahuan

Menguasai  konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif. Melakukan transformasi informasi yang telah diproses dan diorganisasikan untuk memperoleh pemahaman, pengetahuan, dan pengalaman yang terakumulasi untuk memiliki suatu kemampuan dalam Metodologi Penelitian Kuantitatif

Wewenang dan tanggung Jawab

Melakukan tugas dan tanggungjawab sebagai konsekuensi seorang mahasiswa yang telah memiliki kemampuan dan pengetahuan pendukungnya melalui konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran untuk berperan dalam masyarakat secara benar dan beretika sesuai Metodologi Penelitian Kuantitatif

 

C.  DESKRIPSI MATA KULIAH

 

Matakuliah ini memuat kajian tentang Pendekatan Ilmiah, Jenis-jenis Penelitian, Masaslah Penelitian, Metode-metode Penelitian dalam bidang Pendidikan, Subjek Penelitian, Instrumen Penelitian, Analisis Data dan Interpretasinya. Kegiatan perkuliahan terdiri atas beberapa bentuk, yakni: kuliah, penugasan, presentasi dan diskusi di kelas, dan seminar.

 

 

D.  PENDEKATAN, MODEL, STARTEGI DAN METODE PEMBELAJARAN:

1. Bentuk Pembelajaran

Kuliah, Responsi dan Tutorial, Seminar, dan Praktikum/Praktik Studio/Praktik lapangan

2. Kegiatan Perkuliahan

Diskusi kelompok, Simulasi, Studi Kasus, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Masalah, Penelitian, Perancangan, dan Pengembangan

 

No

MODEL PEMBELAJARAN

KEGIATAN MAHASISWA

KEGIATAN DOSEN

SOFT SKILL YANG DIHARAPKAN

1

Small Group Discussion

•     membentuk kelompok (5-10)

•     memilih bahan diskusi

•     mepresentasikan paper dan mendiskusikan di Mata Kuliah

•     Membuat rancangan bahan dikusi dan aturan diskusi.

•     Menjadi moderator dan sekaligus mengulas pada setiap akhir sesion diskusi mahaMahasiswa.

•      Kerja sama

•      Berfikir kritis

•      Kreatif

•      Komunikasi

•      berargumentasi

2

Role Playing & Simulasi

•     mempelajari dan menjalankan suatu peran yang ditugaskan kepadanya.

•     atau mempraktekan/mencoba berbagai model (komputer) yang telah disiapkan.

•     Merancang situasi/ kegiatan yang mirip dengan yang sesungguhnya, bisa berupa bermain peran, model komputer, atau berbagai latihan simulasi.

•     Membahas kinerja mahaMahasiswa.

•      Ketrampilan sesuai peran

•      Jati diri dan Percaya diri

•      Sikap kerja keras

•      Pengalaman

•      Pengendalian diri

3

Discovery Learning

•     mencari, mengumpulkan, dan menyusun informasi yang ada untuk mendeskripsikan suatu pengetahuan.

•     Menyediakan data, atau petunjuk (metode) untuk menelusuri suatu pengetahuan yang harus dipelajari oleh mahaMahasiswa.

•     Memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar mandiri maha Mahasiswa.

•      Berfikir kritis

•      Kreatif

•      Responsif

•      Bertanggung jawab

•      Berfikir sistimatis Etika

•      Komunikasi

4

Self-Directed Learning

•     merencanakan kegiatan belajar, melaksanakan, dan menilai pengalaman belajarnya sendiri.

•     sebagai motivator dan fasilitator.

•      Kemandirian

•      Pengendalian diri

•      Kepercayaan kemampuan diri

•      Kepemimpinan

5

E-Learning

•     Membahas dan menyimpulkan masalah/ tugas yang diberikan dosen secara individu atau berkelompok melalui interenet.

•     merancang pembelajaran melalaui internet

•     Memmonitor proses belajar secara individu dan kelompok secara online

•     Menyiapkan suatu masalah/ kasus atau bentuk tugas untuk diselesaikan oleh mahaMahasiswa secara berkelompok.

•      Kerjasama

•      berfikir kritis

•      Percaya diri

•      Interaksi ICT

•      Akseleratif dan Inovatif

•    Etika

•    Komunikasi

6

Cooperative Learning

•     Bekerja sama dengan anggota kelompoknya dalam mengerjakan tugas

•     Membuat rancangan proses dan bentuk penilaian berdasarkan konsensus kelompoknya sendiri.

•     Merancang  tugas yang bersifat open ended.

•     Sebagai fasilitator dan motivator.

•      Pengambilan keputusan

•      Inovator

•      Leadership

•      Manajemen waktu, konflik

•      kerjasama

7

Contextual Teaching and Learning

•     Membahas konsep (teori) kaitannya dengan situasi nyata

•     Melakukan studi lapang/ terjun di dunia nyata untuk mempelajari kesesuaian teori.

•     Menjelaskan  bahan kajian yang bersifat teori dan mengkaitkannya dengan  situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari, atau kerja profesional, atau manajerial, atau entrepreneurial.

•     Menyusun tugas untuk studi mahaMahasiswa terjun ke lapangan

•      Analisis

•      Percaya diri

•      Berfikir kritis

•      Sensitif / kepekaan

•      Pengalaman

•    Etika

•    Komunikasi

8

Project Based Learning

•     Mengerjakan tugas (berupa proyek) yang telah dirancang secara sistematis.

•     Menunjukan kinerja dan mempertanggung jawabkan hasil kerjanya di forum.

•     Merancang suatu tugas (proyek) yang sistematik agar mahaMahasiswa belajar pengetahuan dan ketrampilan melalui proses pencarian/ penggalian (inquiry), yang terstruktur  dan kompleks.

•     Merumuskan dan melakukan proses pembimbingan dan asesmen.

•      Kreatifitas

•      Inisiatif

•      Bertanggung jawab

•      Berfikir komprehensif

•      Kepemimpinan

•      Komunikatif

9

Problem Based Learning

•     Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual/ yang dirancang oleh dosen .

•     Merancang tugas untuk mencapai kompetensi tertentu

•     Membuat petunjuk(metode) untuk mahaMahasiswa dalam mencari pemecahan masalah yang dipilih oleh Mahasiswa sendiri atau yang ditetapkan.

•      Mengidentifikasi dan analisis

•      Belajar mandiri

•      Kerjasama

•      Keberanian membuat keputusan

•      Berfikir kritis, bertanggung jawab

•      Komunikasi

 

E. PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN

Minggu Ke

Kemampuan Akhir Yang Diharapkan

Bahan Kajian (Materi Ajar)

Metode Pembelajaran

Wak-tu

Pengalaman Belajar

Kriteria/Indikator Penilaian

Bobot Nilai

1

Mampu menjelaskan dan menidentifikasi

Hakikat Pendekatan

Ilmu, Pengetahuan dan Penelitian Ilmiah

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Kelengkapan, kebenaran penjelasan, tingkat komunikatif, presentasi

5%

2

Mampu mengidentifikasi dan bekerjasama

Jenis-jenis Penelitian

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Kebenaran metode, kerjasama, tingkat komunikatif

5%

3

Mampu menjelaskan dan menganalisis

Masalah Penelitian

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Pemahaman, kebenaran analisis, kelancaran komunikasi

5%

4

Mampu menganalisis dan berkomunikasi

Penelitian Sejarah, Deskriptif, dan Korelasional

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Ketajaman analisis, kelancaran komunikasi, kebenaran analisis

5%

5

Mampu menjelaskan dan menganalisis serta kerjasama

Penelitian Ex-Post Facto dan Experimental

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Kelengkapan, kebenaran penjelasan, tingkat komunikatif, presentasi

10%

6

Mampu mengidentifikasi dan mencirikan permasalahan

Penelitian Pengembangan

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Kebenaran metode, kerjasama, tingkat komunikatif

10%

7

Mampu menganalisis dan mensintesiskan

Subjek Penelitian

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Pemahaman, kebenaran analisis, kelancaran komunikasi

10%

8

UTS (Ujian Tengah Semester)

3x50’

 

 

 

9

Mampu menjelaskan dan mengidentifikasi

Instrumen Penelitian

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Kelengkapan, kebenaran penjelasan, tingkat komunikatif, presentasi

5%

10

Mampu menjelaskan dan menidentifikasi

Analisis Data dan Interpretasinya

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Kebenaran metode, kerjasama, tingkat komunikatif

5%

11

Mampu menidentifikasi dan bekerjasama

Penelitian Kuantitatif

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Pemahaman, kebenaran analisis, kelancaran komunikasi

5%

12

Mampu menjelaskan dan menganalisis

Konsep Variabel dan Sub-Variabel Sebagai Dasar Penyusunan Instrumen Penelitian

 

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Ketajaman analisis, kelancaran komunikasi, kebenaran analisis

5%

13

Mampu menyusun menganalisis dan berkomunikasi

Format Penyusunan Proposal dan

Penulisan Laporan Penelitian

 

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Kelengkapan, kebenaran penjelasan, tingkat komunikatif, presentasi

10%

14

Mampu menjelaskan dan menganalisis serta kerjasama

Seminar Proposal

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Kebenaran metode, kerjasama, tingkat komunikatif

10%

15

Mampu mengidentifikasi dan mencirikan permasalahan

Seminar Proposal

Ceramah, diskusi, PBL, debat, studi kasus

3x50’

Tugas makalah, presentasi, diskusi

Pemahaman, kebenaran analisis, kelancaran komunikasi

10%

16

UAS Unian Akhir Semester)

3x50’

 

 

 

 

Total

100%

 

 

F. KOMPETENSI LULUSAN

KOMPETENSI

KULI-AH

RESPONSI/ TUTORIAL

SEMI-NAR

PRAK-TIK

TR

CBR

RR

MR

RI

PR

Sikap

perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui: (1) proses pembelajaran, (2) pengalaman kerja mahasiswa, (3) penelitian dan/atau, (4) pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran  Metodologi Penelitian Kuantitatif  

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

Pengetahuan

penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui: (1) penalaran dalam proses pembelajaran,  (2) pengalaman kerja mahasiswa,  (3) penelitian dan/atau, (4)  pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif       

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

Keterampilan

kemampuan melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen, yang diperoleh melalui : (1) pembelajaran Metodologi Penelitian Kuantitatif , (2) pengalaman kerja mahasiswa, (3) penelitian dan/atau,  (4) pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran, mencakup: (a) keterampilan umum sebagai kemampuan kerja umum yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis pendidikan tinggi; dan (b) keterampilan khusus sebagai kemampuan kerja khusus yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi Teknologi Pendidikan

v

v

v

v

v

v

v

v

v

v

Jumlah

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

 

    Catatan: Beri tanda V pada masing-masing kolom yang tersedia

 

 

 

G. TAGIHAN/TUGAS:

Jenis Tugas

Uraian Tugas

Bentuk Tugas

Bobot

Nilai

1. Tugas Rutin (TR)

 

Tugas yang diberikan oleh dosen untuk ketuntansan (daya serap) belajar mahasiswa menguasai materi kuliah yang disampaikan oleh dosen

1. Makalah

2. Presentasi

3. Peta konsep

4. Solusi pemecahan  masalah

5. Ide dan gagasan

10%

2. Critical Book Report (CBR)

Diskusi kelompok, Simulasi, Studi Kasus, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Masalah, Penelitian, Perancangan, dan Pengembangan

1. Makalah

2. Presentasi

3. Peta konsep

4. Solusi pemecahan  masalah

5. Ide dan gagasan

15%

3. Critical Research Review (CRR)/ Critical Journal Review (CJR)

Tugas kajian hasil penelitian terkait pemecahan masalah atau pengkajian yang mendalam tentang konsep dan prinsip ilmu yang dipelajari ditinjau dari berbagai referensi hasil penelitian (jurnal) yang relevan digunakan sebagai sumber belajar pada mata kuliah tertentu.

1. Makalah

2. Presentasi

3. Peta konsep

4. Solusi pemecahan  masalah

5. Ide dan gagasan

15%

4. Mini Research (MR)

Tugas yang diberikan berupa kegiatan penelitian dalam skala terbatas yang ditujukan untuk memecahkan masalah, aplikasi teori, membuat dugaan melalui proses observasi, penyajian data, analisis data, temuan penelitian, penarikan kesimpulan tentang pemecahan masalah penelitian, dan pela[orannya

1. Makalah

2. Presentasi

3. Peta konsep

4. Solusi pemecahan  masalah

5. Ide dan gagasan

20%

5. Rekayasa Ide (RI)

Tugas berupa penyusunan karya ilmiah atau artikel ilmiah atau artikel popular secara tertulis tentang aplikasi muatan materi perkuliahan (kurikulum) dengan daya dukung referensi (buku, jurnal, jkarya ilmiah) yang up to date.

1. Makalah

2. Presentasi

3. Peta konsep

4. Solusi pemecahan  masalah

5. Ide dan gagasan

10%

6. Project (PR)

Tugas yang menuntut mahasiswa melakukan transferebel pengetahuan yang dipelajari dalam pemecahan masalah otentik berbagai bidang ilmu melalui proses investigasi ide dan pertanyaan, proses inquiry, proses berpikir kritis dan kreatif, dan terampil mengkomunikasikan hasil pemecahan masalah dengan batas waktu tertentu

1. Makalah

2. Presentasi

3. Peta konsep

4. Solusi pemecahan  masalah

5. Ide dan gagasan

20%

Total

100%

 

TUGAS PERKULIAHAN:

                                       Tugas perkuliahan

                                       Diarahkan kepada pencapaian kompetensi dan tujuan belajar yang mencakup belajar terbimbing, terstruktur, dan mandiri. Tugas-Tugas perkuliahan ini mencakup tugas individual dan tugas kelompok. Setiap tugas merupakan hasil belajar mahasiswa orisinal individu atau kelompok, bukan pemindahan, peniruan atau pengcopian atau plagiat dari teman.

                                       Softskill,

                                       Merupakan tugas mahasiswa yang mempunyai penilaian tersendiri. Hal ini meliputi: intergrasi pribadi, beretika, kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama dengan orang lain/teman, kemampuan berpikir kritis, menghargai pendapat orang lain, kemampuan menyelesaikan masalah pribadi maupun kelompok, dan kemampuan mengambil keputusan.

 

PERATURAN TUGAS:

Hal-hal yang harus diperhatikan dan ditaati bersama, sesuai dengan peraturan yang disepakati bersama meliputi:

1.     Jumlah kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan tatap muka 75% dalam satu semester

2.     Paper dikumpulkan sesuai jadwal, satu exemplar. Penyerahan tugas akan ditentukan oleh dosen melalui: e-mail, hardcopy, dan softcopy.

3.     Tugas diserahkan tepat waktu sesuai jadwal yang telah disepakati. Presentasi menggunakan program power point, dikumpulkan dalam bentuk file digital, dengan identitas mahasiswa yang jelas

4.     Tugas diketik huruf arial/Calibri/time new roman fount 12, spasi 1,5 berwarna biru untuk tulisan yang bersumber dari referensi, berwarna hitam untuk ditulis/hasil/ kajian sendiri. Hasil sitisasi harus ditulis sumbernya (yang layak secara akademik).

5.     Penyerahan tugas paling lambat sesuai dengan jadwal, dan bila melampaui batas yang ditentukan maka mahasiswa akan di hubungi dan akan mempengaruhi nilai

6.     Tugas mahasiswa yang pengerjaannya sama 60% lebih dengan teman, maka akan dinilai kurang atau dipanggil mahasiswa tersebut yang jawabannya sama untuk mempertanggungjawabkan tugas yang mereka buat.

7.     Tugas terlambat dikumpulkan dan telah dihubungi, masih belum mengumpulkan, maka nilainya adalah BL (Belum Lengkap), belum keluar nilai di DPNA, sampai mahasiswa benar-benar sudah mengumpulkan tugas yang menjadi persyaratan yang disepakati.

 

 

H.  KRITERIA PENILAIAN

Prinsip Penilaian

Uraian Kriteria Penilaian

Edukatif

Merupakan penilaian yang memotivasi mahasiswa agar mampu: (1) memperbaiki perencanaan dan cara belajar; dan (2) meraih capaian pembelajaran lulusan.

Otentik

Merupakan penilaian yang berorientasi pada proses belajar yang berkesinambungan dan hasil belajar yang mencerminkan kemampuan mahasiswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Objektif

Merupakan penilaian yang didasarkan pada standar yang disepakati antara dosen dan mahasiswa serta bebas dari pengaruh subjektivitas penilai dan yang dinilai.

Akuntabel

Merupakan penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas, disepakati pada awal kuliah, dan dipahami oleh mahasiswa

Transparan

Merupakan penilaian yang prosedur dan hasil penilaiannya dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan

 

Rentang Nilai

Nilai

Bobot

Taraf Kompetensi

90 – 100

80 - 89

70 - 79

0 - 69

A

B

C

E

4

3

2

0

Sangat Kompeten

Kompeten

Cukup Kompeten

Tidak Kompeten

 

Nilai Akhir (NA) =

 

Penilaian formatif berdasarkan pada NF1, NF2, NF3, NF4 disamping sudah mencakup penilaian pada: (1) keaktifan dan/atau potensi individu mahasiswa; (2) tugas kelompok dalam presentasi; (3) tugas individu mahasiswa.

 

 

 

I. REFERENSI/SUMBER BACAAN:

1.     Alan, Peshkin, & Corrine, Glesne. (1992). Becoming qualitative researchers: An Introduction. Longman.

2.     Ary, Donald., Jacobs, Lucy Chesar., & Razaviech, Asghar. (1979). Introduction to research in education. New York: Holt, Rinehart and Winston.

3.     Bogdan, Robert C., & Biklen, Sari Khopp. (1982). Qualitative research for education. Boston: Allyn and Bacon.

4.     Borg, Walter R., & Gall, Meredith Damein. (1983). Educational research. New York: Longman.

5.     Fraenkel, Jack R., & Wallen, Norman E. (1990). How to design and evaluate research in education. New York: McGraw-Hill Publishing Company.

6.     Gay, L.R. (1981). Educational research. Columbus, Ohio: Abell & Howell Company.

7.     Geoffrey E. Mils. (2000). Action research: A guide for teacher research.

8.     Sprintal, Richard C., Schmutte, Gregry T., & Sirois Lee, Lee. (1991). Understanding educational research. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.

9.     Tuckman, W. Bruce. (1972). Conducting educational research. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.

 

 

 

Medan, 04 Maret 2019

 

Mengetahui Ketua Prodi,

 

 

 

 

Dr. Candra Wijaya, M.Pd.

NIP. 197404072007011037

Dosen Pengampu ,

 

 

 

 

Dr. Tien Rafida, M.Hum

NIP. 197011101997032004

 

 

 


Mata Kuliah ini memberi wawasan kepada mahasiswa untuk dapat melakukan analisis terhadap strategi dan media pembelajaran, dan banyak tugas khususnya berbasis Pengelolaan Kelas

Mata kuliah perencanaan pendidikan Islam merupakan mata kuliah yang akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan perencanaan pendidikan secara efektif, untuk itu kepada mahasiswa diberikan materi-materi terkait Filosofi Perencanaan Pendidikan Islam; Unsur, Prinsip dan Ruang Lingkup Perencanaan Pendidikan Islam; Perkembangan Perencanaan Pendidikan dan Aliran-Aliran Perencanaan; Teori Perencanaan Pendidikan; Jenis-Jenis Dimensi dan Karakteristik Perencanaan Pendidikan; Model-model Perencanaan Pendidikan; Siklus perencanaan Pendidikan; Berbagai macam teknik perencanaan pendidikan ( Diagram Blok, Melstone, PERT, CPM); Hubungan Perencanaan Pendidikan dengan Aspek Demografi, Sosial, Politik dan Ekonomi; Perencanaan Kurikulum; Perencanaan Peserta didik; Perencanaan Sarana dan Prasarana; Perencanaan Keuangan;    Perencanaan Pendidik dan Tenaga kependidikan; dan Rencana Pengembangan Sekolah/ Madrasah.