Al-Hadis adalah Mata kuliah yang diajarkan yang berkenaan dengan Pengertian, relevansi dalam kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya

Matakuliah Bahasa Indonesia ini adalah matakuliah dasar sebagai landasan dalam merancang kegiatan pembelajaran dan pelatihan. Matakuliah ini akan membahas tentang landasan Deskripsi mata kuliah ini membahas tentang kebahasaan dari ilmu keterampilan dan pengembangan untuk mahasiswa. Khususnya untuk membantu mahasiswa menusun karya ilmiah. Bahasa Indonesia menjadi salah satu instrumen pengembangan kepribadian mahasiswa menuju terbentuknya insan terpelajar yang mahir berkomunikasi dalam bahasa Indonesia.


Capaian Mata  Kuliah :

M1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

M2. Terampil mendiskripsikan dan menganalisis hakekat dan tujuan Fikih/Usul Fikih yang sesuai dengan nilai dan ajaran Islam yang bersumberkan kepada Alquran dan Hadis maupun dari pemikiran para Fuqaha.

M3.  Mampu menjelaskan konsep-konsep yang terdapat pada Fikih/Usul Fikih dengan benar.

M4. Mampu membandingkan hukum-hukum yang terdapat dalam fikih/usul fikih dengan hukum-hukum pidana, hukum perdata dan hukum adat yang berlaku di Indonesia.

Daftar Referensi:

1.      Abdul Wahab Khallaf, Ushul Fiqh.

2.      Wahbah al-Zuhaily, Ushul Fiqh al-Islami.

3.      Muhammad Abu Zahrah, Ushul Fiqh.

4.      Imam as-Syafi`i, ar-Risalah.

5.      TM.Hasbi ash-Shiddieqi, Kuliah Ibadah.

6.      Wahbah al-Zuhaily, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu.

7.      Sayid Sabiq, Fiqh al-Sunnah.

8.      Al-Mawardi, al-Ahkam al-Sultaniyah.

9.      Nurcholish Majid, Perjalanan Religius `Umrah dan Haji.

10.  Dr.J.Suyuthi Pulungan, M.A. Fiqh Siyasah.

11.  Dr. Yusuf al-Qardhawy, Fiqih Daulah.

12.  Ibnu Rusyd, Bidayah al-Mujtahid wa Nihayah al-Muqtasid.


  • Pendidkan Islam akan kokoh bila dilandasi dengan landasan filosofis yang kuat yang berdasarkan al-Qur’an dan Hadits serta pemikiran para tokoh. Dalam perkuliahan akan mengkaji secara kritis-metodologis kajian filosofis tentang konsep-konsep pendidikan Islam dari al-Qur’an yang diperkuat dengan Hadits serta pemikiran para tokoh yang ikut memberikan kontribusi terhadap landasan pendidikan Islam.