Mata kuliah ini membahas terminologi Filsafat Pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, tugas dan tanggungjawan pendidik dan peserta didik,  urgensi dan orientasi kurikulum pendidikan Islam, mengembangkan metode pendidikan Islam, kedudukan evaluasi pendidikan, fungsi evaluasi, sasaran evaluasi, dan prosedur evaluasi pendidikan Islam, fungsi hukuman dan ganjaran, serta urgensi hukuman dan ganjaran dalam pendidikan Islam, fungsi lingkungan pendidikan Islam, dan berbagai lingkungan dalam pendidikan Islam serta meangalisa berbagai karakteristik masyarakat Islam, dan hubungan masyarakat Islam dengan pendidikan Islam serta meangalisa berbagai permasalahan yang relevan dengan pendidikan Islam.

Sasaran mata kuliah ini adalah untuk membekali para mahasiswa agar dapat memahami pengetahuan tentang filsafat pendidikan Islam dan beberapa konsep tentang pendidikan Islam dalam rangka mewujudkan lembaga pendidikan Islam yang berasas nilai-nilai pendidikan Islam.

Mata kuliah ini membahas terminologi Filsafat Pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, tugas dan tanggungjawan pendidik dan peserta didik, urgensi dan orientasi kurikulum pendidikan Islam, mengembangkan metode pendidikan Islam, kedudukan evaluasi pendidikan, fungsi evaluasi, sasaran evaluasi, dan prosedur evaluasi pendidikan Islam, fungsi hukuman dan ganjaran, serta urgensi hukuman dan ganjaran dalam pendidikan Islam, fungsi lingkungan pendidikan Islam, dan berbagai lingkungan dalam pendidikan Islam serta meangalisa berbagai karakteristik masyarakat Islam, dan hubungan masyarakat Islam dengan pendidikan Islam serta meangalisa berbagai permasalahan yang relevan dengan pendidikan Islam. Sasaran mata kuliah ini adalah untuk membekali para mahasiswa agar dapat memahami pengetahuan tentang filsafat pendidikan Islam dan beberapa konsep tentang pendidikan Islam dalam rangka mewujudkan lembaga pendidikan Islam yang berasas nilai-nilai pendidikan Islam. Daftar Bacaan 1. Al Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islami, Bandung: Citapustaka, 2012. 2. Rahmat Hidayat, Filsafat Pendidikan Islam, Medan: LPPPI, 2016. 3. Rahmat Hidayat, Ilmu Pendidikan Islam, Medan: LPPPI, 2016. 4. Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya media Pratama, 2005. 5. Al-Attas, M. Naquib. Konsep Pendidikan Dalam Islam. terj. Haidar Baqir. Bandung: izan. 1990. 6. Al-Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung. Diponegoro. 1992. 7. Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara. 1987. 8. Jalaluddin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali. 1996. 9. Jalaluddin dan Usman Said. Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangan Pemikirannya. Jakarta: Raja Grafindo. 1994. 10. Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif. 1989. 11. Sanusi Uwes, , Visi dan Pondasi Pendidikan (Dalam Perspektif Islam), Jakarta, Logos, 2001. 12. Omar Mohammad al-Toumy Al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung dari Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah, Jakarta: Bulan Bintang, 1979. 13. Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005. 14. Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers, 2002. 15. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008.

Materi ini menjelaskan konsep, prinsip-prinsip, tujuan dan teknik mengelola kelas untuk meningkatkan proses dan hasil belajar.

SELAMAT BELAJAR PARA MAHASISWA  PADA MATAKULIAH MANAJEMEN LABORATORIUM (PILIHAN)

Manajemen pembelajaran adalah segala usaha pengaturan proses belajar mengajar, dalam rangka tercapainya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.