MATA KULIAH KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN

Matakuliah kepemimpinan pendidikan bersifat wajib tempuh bagi mahasiswa program studi PIPS. Matakuliah ini membahas berbagai konsep, teori, fungsi, tipologi, gaya dan model/pendekatan kepemimpinan pada umumnya; selanjutnya pembahasan dikaitkan dengan bidang pendidikan dan lembaga pendidikan di indonesia, termasuk karakteristik dan kemampuan yang diperlukan bagi pemimpin- pemimpin pendidikan di indonesia dan kemudian lebih dikonsentrasikan pada kekepala sekolahan (principalship) terutama yang berkenaan dengan peran dan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Kegiatan pembelajaran meliputi pemberian informasi, diskusi, pemberian tugas, presentasi, dan praktek (simulasi) kepemimpinan pendidikan (memberikan briefing, memimpin rapat, menjalankan peran dalamforum seminar, diskusi dan praktek pengambilan keputusan) dan dilengkapi pula dengan kegiatan outbond untuk mengembangkan sikap kepemimpinan dan kreativitas. Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui tes tertulis, tugas, presentasi dan perfomansi dalam praktek.


DAFTAR PUSTAKA

Basri Hasan. 2014, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka setia

Hoy. K Wayne & Miskel G. Cecil. 2014. Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartono Kartini. 2016. Pemimpin dan Kepmimpinan. Jakarta: Rajawali Pers.

Robertson Jan, 2008.  Coaching Educational Leadership (Building Leadership Capacit through Partnership). Los Angles: SAGE

Suharsaputra Uhar, 2016. Kepemimpinan Inovasi Pendidikan. Bandung: Refika Adiyama

Syafaruddin & Asrul. 2013. Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung Perdana Peblishing.

Thoha Miftah, 2015. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahab Azis Abdul. 2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wiseman, W. Alexander. 2009. Educational Leadership: Global Contexts And International Comparisons. United Kingdon, North America Japan India – Malaysia – China


Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami perencanaan pembelajaran IPS baik secara teoretis maupun praktis 

Mata Kuliah ini membahas tentang konsep dan klasifikasi strategi pembelajaran dalam sistem penyampaian, berbagai jenis model, pendekatan, strategi, metode, pembelajaran aktif untuk membelajarkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013

Mata Kuliah ini membahas tentang konsep dan klasifikasi strategi pembelajaran dalam sistem penampaian, berbagai jenis model, pendekatan, strategi, metode, pembelajaran aktif untuk membelajarkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013