Agar Mahasiswa memahami dan menghayati dasar dan falsafah Negara pancasila dan UUD 1945 dari etis, historis, yuridid, sosio-politis dan filosofis untuk membentuk nilai sikap, serta tinkah laku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara sebagai warga Negara yang baik.

Mata kuliah ini adalah cabang ilmu komunikasi yang tidak hanya membahas konsep dasar keilmuannya itu sendiri seperti, pengertian, tujuan, dan fungsi melainkan bertalian dengan aspek psikologi antara lain, persepsi, interaksi dan relasi. Selain itu gaya, kompetensi dan keterampilan, efektifitas, etika sampai kepada relevansi terhadap nilai-nilai Islam menjadi substansi pokok materi berikutnya.

Mata kuliah ini membahas tentangkonsep-konsep dasar komunikasi antarpibadi,pentingnya bahasa

  tubuh, konsep diri dan etika dalam melakukan komunikasi antarpibadi, teori-teori untuk menganalisis

  situasi komunikasi antar pribadi, gaya komunikasi dan dimensi-dimensi relasi antarpribadi ( keakraban    

  dan konflik) untuk bisa menjadi pelaku komunikasi antarpibadi yang efektif

Mata Kuliah                             : Manajemen Organisasi

Kode Mata Kuliah                    : 1010410

Komponen                               : Fakultas

Program Studi                         : Komunikasi dan Penyiaran Islam

Program                                   : S.1

Bobot                                       : 2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini berisi tentang: Pengantar Perkuliahan: “Menelaah Pentingnya Berorganisasi; Konsep Dasar Manajemen Organisasi (Pengertian, Prinsip-prinsip Berorganisasi, Penentuan Visi & Misi, Tujuan & Sasaran, dan Pencapaiannya, Bentuk-Bentuk organisasi); Pendekatan dalam Manajemen Modern (SWOT-SLOT-TSOL, Empirical Case Approach, Behavior Approach, System Approach, Decision Theory Approach, Communication Center Approach, Management Science Approach, Situational/An Interdiciplinary Approach,  Human Resources/Supportive Approach, Operation Approach); Teori-Teori Manajemen dan Organisasi (dari Teori Manajemen Organisasi Klasik hingga Teori Siklus Ibn Khaldun); Fungsi-Fungsi Manajemen; Leadership Dalam Organisasi; Problem Solving & Manajemen Konflik.

 

Referensi              :

  1. Ritonga, Hasnun Jauhari. Manajemen Organisasi: Pengantar Teori dan Praktek. Medan: Perdana Publishing, 2015.
  2. Hasibuan, Malayu S. P. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara, 2008. Edisi Revisi.
  3. Shaleh, Abdul Rosyad. Manajemen Dakwah Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1988.
  4. Ilyas, Alwahidi. Manajemen Dakwah: Kajian Menurut Perspektif Al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
  5. Kast, Fremont E. & Rosenzweig, James E. Organisasi dan Manajemen: Suatu Sistem dan Pendekatan Kontingensi, (terj.) Mohammad Yasin. Jakarta: Bina Aksara, 1986.
  6. Hagemann, Gisela. Motivasi Untuk Pembinaan Organisasi, (terj.) Fery Dwi Nugroho. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo, 1993.
  7. Athoillah, M. Anton. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
  8. Munir, M. & Ilaihi, Wahyu. Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media, 2006.
  9. Sarwoto, Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen, Jakarta: Ghalia Indonesia, tt.
  10. Handoko, T. Hani. Manajemen. Yogyakarta: BPFE, 1995.
  11. Locke, Edwin A., Essensi Kepemimpinan (terj.) Aris Ananda. Jakarta: Spektrum, 1997.
  12. Manz, Charles C. dan Slims Jr., Henry P., The Super Leadership. San Francisco: Jossey Bass Publishers, 2001.
  13. Nawawi, Hadari dan Nawawi, Martini, Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: UGM Press, 2003.
  14. Shelton, Ken, The New Paradigmont Leadership. New York: Amerika Execurtif Exellence Publishing, 1997.
  15. Winardi, Azas-Azas Manajemen, Bandung: Mandar Madju, 1990.