resume materi pertemuan I
- معلم: Arma Nila
KONTRAK PERKULIAHAN
A. Identitas Mata Kuliah
a. Nama mata kuliah : Metodologi Studi Islam
b. Kode Mata Kuliah : ISN 107
c. Komponen : MKU
d. Bobot : 2 SKS
e. Fakultas : FITK
f. Jurusan : II/ PIAUD3
g. Dosen : Dr.Zulfahmi Lubis, M.Ag
h. HP : 081265569119
i. Email : sirjila@gmail.com
B. Materi Kuliah
1. Epistimilogi Islam : defenisi Islam, aspek-aspek ajaran Islam, sumber ajaran Islam, karekteristik ajaran Islam dan misi Islam
2. sekularisasi dan Islamisasi ilmu pengetahuan
3. .Filsafat Ilmu Islam, Metodologi Ilmu: tajribi, burhani, bayani dan irfani.dan
4. Islam sebagai objek kajian: Islam sebagai sumber, Islam sebagai pemahaman, Islam sebagai praktek, pendekatan, metode penelitian
5. Study Ilmu Akidah : Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode.
6. Study Ilmu Hukum Islam: Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode.
7. Study Ilmu Tasauf : Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode
8. Study Ilmu Filsafat Islam: Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode
9. Study Ilmu politik Islam : Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode
10. Study Ilmu Ekonomi Islam : Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode
12 Study Ilmu Pendidikan Islam : Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode.
13.Study Ilmu Sains Islam : Sejarah, istilah-istilah, tokoh dan referensi serta metode.
14. Problematika umat Islam Kontemporer
C. Evaluasi
1. Mid Semester : 20%
2. Ujian Semester : 20%
3. Makalaj : 20%
4. Kritik Jurnal : 20%
5. Book Report : 20%
D. Referensi
A.Khaer Suryaman, Pengantar Ilmu Hadist ( Jakarta : IAIN Jakarta, 1980).
Abd Latihf Muhammad, al-Ushul al-Fikriyah li Mazhab Ahl as-Sunnah ( Cairo : Dar an-Nahdhah al-`Arabiyah, t.t).
Abd al-Ghani, Abd al-Hakim, al-Mazahib as-Sufiyah wa Madarisuha (Cairo : Maktabah Madbuli, 1989).
Abdul Wahhab Khallaf , Ilmu Uhsul Fiqh , (Cairo : Dar as-Salam , 1994).
Abu Zahra , Tarikh al-Mazahib al-Islamiyah ( Cairo : Dar al-Fikri al-Islami, 1998).
Abu Zahra, Ushul Fiqh (Cairo : Dar al-Fikri al-Arabi, 1970).
Abu Yazid al-`Ajami, Fi Tasawuf al-Islami (Cairo: Dar ats -Tsaqafah al-Islamiyah, 1996).
Abuddin Nata, M.A, Metodologi Studi Islam (Jakarta : Rajawali Press, 2004).
Ali Sari`ati, Tentang Teologi Islam , (terj) Saifudidin Mahyuddin, dari judul asli On The Sociology of Islam , (Yogyakarta : Ananda, 1982).
Al-Hadi Karwo, at-Tasyri` al-Islami ( Beirut : Dar al-Fikri al-Islami, 1986) .
Hasballah Thaib, al-Ushul Fi `ilmu al-Ushul (Medan: Darul Arafah Press, 1990).
Nasaruddin Razak, Islamologi (Bandung : Dar al-Ma`arif, 1976), cet.I
Saifuddin Abu al-Hasan al-Amadi, al-Ahkam fi Ushul al-Ahkam ( Cairo : Maktabah Wahbah , 1976).
Usep Fathuddin , Perlukah Islamisasi Ilmu ? Dalam Moeflich Hasbullah (ed), Gagasan dan Perdebatan Islamisasi Ilmu Pengetahuan , (Jakarta : Pustaka Cidesindo, 2000).
Zain, Mengenal Pelbagai Aliran Pemikiran Islam, Lihat : http/www.Al-Ahkam.com, 14Aril 2001.
Fazlur Rahman, Islamisasi ilmu , Sebuah Respon, Dalam Moeflich Hasbullah (ed), Gagasan dan Perdebatan Islamisasi Ilmu Pengetahuan , (Jakarta : Pustaka Cidesindo, 2000) dan sebagainya.
Dr. Jamali Sahrodi, Metodologi Study Islam, Pustaka Setia
Dr. Muhyar Fanani, Metodologi Study Islam, Pustaka Pelajar
Drs. Atang Abd Hakim dan Dr.Jaih Mubarok, Metodologi Study Islam, Rosda
Dr. Faisar Ananda Arfa dkk, Metodologi Study Islam, Rajawali Press
E. BOOK REPORT
1. Abuddin Nata, M.A, Metodologi Studi Islam (Jakarta : Rajawali Press, 2004).
2. Nasaruddin Razak, Islamologi (Bandung : Dar al-Ma`arif, 1976), cet.I
3. Said Hawa, al-Islam (Cairo: Dar as-Salam).
4. Dr. Jamali Sahrodi, Metodologi Study Islam, Pustaka Setia
5. Dr. Muhyar Fanani, Metodologi Study Islam, Pustaka Pelajar
6. Drs. Atang Abd Hakim dan Dr.Jaih Mubarok, Metodologi Study Islam, Rosda
7. Dr. Faisar Ananda Arfa dkk, Metodologi Study Islam, Rajawali Press
Mahasiswa dapat mengaplikasikan teori psikologi perkembangan yang sudah mereka pelajari, dalam layanan konseling berdasarkan nilai-nilai keislaman
Mahasiswa mengetahui setiap tahapan perkembangan individu dan mampu menerapkan ilmu psikologi perkembangan dalam bidang pengajaran anak usia dini dan mengatasi masalah perkembangan anak