Mampu menjelaskan dan menerapkankan pengertian dan tujuan BK, prinsip dan asas bimbingan konseling, pola umum dan program bimbingan konseling, BK dan perkembangan AUD,  belajar dan pembelajaran berbasis BK untuk AUD, BK untuk mengendalikan Perilaku agresif, BK  dalam pengembangan moral AUD, BK dalam pengembangan penyesuaian diri AUD, BK dalam peningkatan perilaku social AUD, BK untuk pengembangan kecerdasan social AUD, BK untuk pengembangan kecerdasan jamak, BK untuk pengembangan Kemampuan bahasa AUD, BK untuk penanganan anak berkebutuhan khusus.

Mata Kuliah

:

Evaluasi Pembelajaran AUD

Kode

:

01030822

Sks

:

2 SKS

Program Studi

:

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Dosen Pengampu

:

Nurlaili, M.Pd

Capaian Pembelajaran Prodi :

S1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

S2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama , moral dan etika

S3.  Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

KU1. Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atauimplementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KU2.  Mampu   menunjukkan   kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

P1.   Mampu memecahkan persoalan sosial, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dengan paradigma evaluasi pembelajaran anak usia dini

KK.    Mengimplementasikan berbagai cara dan alat untuk mengevaluasi pembelajaran di AUD

 

Capaian Mata  Kuliah :

M1. Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas yang diberikan sesuai dengan waktu yang disepakati.

M2. Mahasiswa mampu memahami tentang evaluasi pembelajaran anak usia dini

M3. Mahasiswa mampu mendesain instrumen evaluasi pembelajaran anak usia dini

M4. Mahasiswa Terampil menggunakan berbagai cara dan alat untuk mengevaluasi pembelajaran AUD


Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memahami karakteristik dan konsepsi peserta didik PIAUD, memahami karakteristik dan konsepsi pendidik dan tenaga kependidikan PIAUD, menguasai konsep dasar penyelenggaraan PIAUD, mengaplikasikan manajemen pendirian,  mendeskripsikan menajemen pemasaran atau promosi, menjalankan menajemen input, proses, dan out put, menyelenggarakan lembaga pendidikan anak usia dini, serta melaksanakan pengawasan lembaga PIAUD.


Capaian MataKuliah :

M1.  Mampu membahas pengelolaan kelas  anak usia dini dengan kajian integratif dalam laporan tertulis dan lisan secara mandiri maupun kerja tim (S1, S6, S9, KU1, KU10, KU11, P4, dan P6)

M2. Mampu merancang kegiatan dalam pengelolaan kelas bagi anak usia  sesuai dengan kebutuhan anak dalam laporan tertulis secara mandiri dan kelompok. (S1, S6, S9, KU1, KU10, KU11, P2, dan P4)

M3 Mampu mengimplementasikan pengelolaaan kelas anak usia dini  yang sesuai dengan kebutuhan anak dalam bentuk lisan dan laporan secara mandiri dan kelompok   (S1, S6, S9, KU1, KU10, KU11, P2, P4, dan KK 1)