Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep dasar Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an AUD dalam ruang lingkup ontology, epistimologi, dan aksiologi dengan bahasan yang mencakup: (a) pengertian, tujuan, fungsi, metode, dan ruang lingkup kajian Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an AUD, (b) esensi Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an AUD dalam Islam, (c) pembentukan kepribadian Muslim, dan (c) unsur-unsur dasar Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an AUD.

Tujuan Pembelajaran

Mahasiswa peserta program memahami konsep-konsep dasar Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an AUD sebagai acuan dan landasan pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an AUD yang bersifat faktual, sistematis, dan universal dalam penyusunan dan pengembangan konsep dan praktik Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Qur’an AUD untuk diaplikasikan dalam rangka mencerdaskan umat Islam dan membangun peradaban Muslim.

Mampu menjelaskan dan menerapkankan hakikat pendidikan ABK (peran keluarga dan pandangan islam terhadap anak berkebutuhan khusus), perbedaan pendidikan inklusi, sekolah luar biasa dan home schooling, macam-macam anak berkebutuhan khusus (tuna grahita, tuna larass, tuna rungu, tuna netra, tuna daksa, tuna ganda, anak gifted, hiperaktif, berkesulitan belajar, enuresis, temper tantrum serta memahami perilaku anak autis dan alexythimia.

Mata kuliah ini mampu menjelaskan dan menerapkan tentang hakikat pendidikan ABK (peran keluarga dan pandangan islam terhadap anak berkebutuhan khusus), perbedaan pendidikan inklusi, sekolah luar biasa dan home schooling, macam-macam anak berkebutuhan khusus (tuna grahita, tuna laras, tuna rungu, tuna netra, tuna daksa, tuna ganda, anak gifted, hiperaktif, berkesulitan belajar, enuresis, temper tantrum serta memahami perilaku anak autis dan alexythimia dan bagaimana mengatasi permasalahn anak berkebutuhan khusus.

Mata kuliah ini sangat penting bagi para pendidik, dimana akan sangat membantu mahasiswa dalam memahami karakter seorang pendidik terhadap anak didiknya, sehingga anak didik merasa senang dan bahagia dalam proses belajar mengajar bersama pendidik. ayat-ayat tarbiyah ini memotivasi para pendidik supaya menjadi pendidik yang berakhlakul karimah sesuai dengan Alquran Dan Sunnah Rasulullah saw.