Memahami dan mengetahui prinsip dasar mengajar IPS, menyusun rencana pembelajaran IPSstrategi pembelajaran IPS sumber belajar IPS, media pembelajaran IPS, instrumen Pembelajaran IPS dan penilaian pembelajaran IPS

Ruang lingkup mata kuliah pendahuluan koperasi dan umkm, sejarah pertumbuhan, perkembangan dan perjuangan koperasi sejak zaman penjahanan sampai sekarang, pedoman tata cara mendirikan koperasi, koperasi dan sistem ekonomi Indonesia, kinerja koperasi Indonesia, kebijaksanaan pemerintah dalam pembangunan koperasi di Indonesia, badan usaha berbentuk koperasi, koperasi dan mekanisme pasar, kewirausahaan, pengawasan koperasi, koperasi dalam pembangunan masyarakat, koperasi unit desa, eksistensi UKM di dalam proses pembangunan ekonomi, per masalahan UKM.
Kaitannya dengan kompetensi lulusan Program Studi yang telah ditetapkan, mata kuliah ini mendukung kompetensi lulusan untuk mendefinisikan dan mengidentifikasi konsep-konsep dan teori-teori koperasi, UMKM, mampu mendalami, mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam kasus-kasus terkait dengan perumusan, implementasi dan evaluasi strategi dalam pengembangan koperasi dan UMKM dalam mewujudkan kesejahtraan masyarakat.

Pembelajaran Terpadu salah satu mata kuliah yang membahas mengenai pengorganisasian materi IPS secara terintegrasi yakni membuat berbagai disiplin ilmu. Di SD mata kuliah disajikan secara tematik, di SMP disajikan secara terintegrasi bisa berdasarkan tema, masalah, potensi utama dan peristiwa. Dalam satu materi IPS terdiri dari berbagai disiplin ilmu, misalnya sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah. 

Mata kuliah ini mengkaji tentang model-model program pendidikan luar sekolah yang berdasar pada konsep-konsep, prinsip-prinsip teori pembelajaran dalam pendidikan luar sekolah. Secara khusus kompetensi yang ingin dicapai dari matakuliah ini adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan model program PLS berdasar kepada kebutuhan program PLS di masyarakat serta berdasar kepada perkembangan masyarakat lokal, regional maupun global. Inti kajian mata kuliah ini berkaitan dengan disain model konseptual dan implementasi model, terutama berkaitan dengan ; konsep dasar penyusunan model, prinsip-prinsip pengembangan model, cara kerja (mekanisme) model, strategi implementasi model dan evaluasi model serta pengembangan konsep-konsep model program dalam pendidikan luar sekolah di masa depan. Di samping itu pula di bahas secara khusus dampak pengembangan model-model program PLS bagi warga belajar (sasaran program). Kajian-kajian tersebut di atas diharapkan mampu mendorong mahasiswa untuk secara terus menerus memahami, menemukan dan mengembangkan inovasi bagi model-model yang dipelajarinya. Serta memberikan layanan pendidikan akademik-profesional berkualitas untuk menghasilkan tenaga kependidikan PLS yang unggul, handal dan kompetitif sesuai dengan kuantitas, kualitas dan relevansinnya dengan kebutuhan pembangunan masyarakat.