Memahami
dan mengetahui prinsip
dasar mengajar IPS, menyusun rencana pembelajaran IPS, strategi pembelajaran IPS sumber belajar IPS, media
pembelajaran IPS, instrumen Pembelajaran
IPS dan penilaian pembelajaran IPS
- Teacher: eka yusnaldi
Ruang lingkup
mata kuliah pendahuluan koperasi dan umkm, sejarah
pertumbuhan, perkembangan dan perjuangan koperasi sejak zaman penjahanan sampai
sekarang, pedoman tata cara mendirikan koperasi, koperasi dan sistem ekonomi
Indonesia, kinerja koperasi Indonesia, kebijaksanaan pemerintah dalam
pembangunan koperasi di Indonesia, badan usaha berbentuk koperasi, koperasi dan
mekanisme pasar, kewirausahaan,
pengawasan koperasi, koperasi dalam
pembangunan masyarakat, koperasi unit desa, eksistensi UKM di
dalam proses pembangunan ekonomi, per masalahan UKM.
Kaitannya
dengan kompetensi lulusan Program Studi yang telah ditetapkan, mata kuliah ini
mendukung kompetensi lulusan untuk mendefinisikan dan mengidentifikasi
konsep-konsep dan teori-teori koperasi, UMKM, mampu mendalami, mengaplikasikan
konsep-konsep tersebut dalam kasus-kasus terkait dengan perumusan, implementasi
dan evaluasi strategi dalam pengembangan koperasi dan UMKM dalam mewujudkan
kesejahtraan masyarakat.
- Teacher: ripho delzy
Pembelajaran Terpadu salah satu mata kuliah yang membahas mengenai pengorganisasian materi IPS secara terintegrasi yakni membuat berbagai disiplin ilmu. Di SD mata kuliah disajikan secara tematik, di SMP disajikan secara terintegrasi bisa berdasarkan tema, masalah, potensi utama dan peristiwa. Dalam satu materi IPS terdiri dari berbagai disiplin ilmu, misalnya sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah.
- Teacher: henni endayani
Mata kuliah ini mengkaji tentang model-model program pendidikan luar sekolah yang berdasar pada konsep-konsep, prinsip-prinsip teori pembelajaran dalam pendidikan luar sekolah. Secara khusus kompetensi yang ingin dicapai dari matakuliah ini adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan model program PLS berdasar kepada kebutuhan program PLS di masyarakat serta berdasar kepada perkembangan masyarakat lokal, regional maupun global. Inti kajian mata kuliah ini berkaitan dengan disain model konseptual dan implementasi model, terutama berkaitan dengan ; konsep dasar penyusunan model, prinsip-prinsip pengembangan model, cara kerja (mekanisme) model, strategi implementasi model dan evaluasi model serta pengembangan konsep-konsep model program dalam pendidikan luar sekolah di masa depan. Di samping itu pula di bahas secara khusus dampak pengembangan model-model program PLS bagi warga belajar (sasaran program). Kajian-kajian tersebut di atas diharapkan mampu mendorong mahasiswa untuk secara terus menerus memahami, menemukan dan mengembangkan inovasi bagi model-model yang dipelajarinya. Serta memberikan layanan pendidikan akademik-profesional berkualitas untuk menghasilkan tenaga kependidikan PLS yang unggul, handal dan kompetitif sesuai dengan kuantitas, kualitas dan relevansinnya dengan kebutuhan pembangunan masyarakat.