Selamat Datang

Pada Mata Kuliah Pendidikan Luar Sekolah


Mata kuliah ini mengkaji tentang model-model program pendidikan luar sekolah yang berdasar pada konsep-konsep, prinsip-prinsip teori pembelajaran dalam pendidikan luar sekolah. Secara khusus kompetensi yang ingin dicapai dari matakuliah ini adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan model program PLS berdasar kepada kebutuhan program PLS di masyarakat serta berdasar kepada perkembangan masyarakat lokal, regional maupun global. Inti kajian mata kuliah ini berkaitan dengan disain model konseptual dan implementasi model, terutama berkaitan dengan ; konsep dasar penyusunan model, prinsip-prinsip pengembangan model, cara kerja (mekanisme) model, strategi implementasi model dan evaluasi model serta pengembangan konsep-konsep model program dalam pendidikan luar sekolah di masa depan. Di samping itu pula di bahas secara khusus dampak pengembangan model-model program PLS bagi warga belajar (sasaran program). Kajian-kajian tersebut di atas diharapkan mampu mendorong mahasiswa untuk secara terus menerus memahami, menemukan dan mengembangkan inovasi bagi model-model yang dipelajarinya. Serta memberikan layanan pendidikan akademik-profesional berkualitas untuk menghasilkan tenaga kependidikan PLS yang unggul, handal dan kompetitif sesuai dengan kuantitas, kualitas dan relevansinnya dengan kebutuhan pembangunan masyarakat.

 

 Sumbaer Bacaan

Umberto Sihombing, Pendidikan Luar Sekolah Kini dan masa depan.

Angus Reynolds, (1994) The Global Learning, New York, Illinois, Bur Ridge,

Professional Publishing.

Gordon G., Darkenwald and Sharan B. Meriam, (1982), Adult Eduction (Foundations of

Practice), New York : Harper & Row Publishers.

Ian Cunningham, (1994). The Wisdom of Strategic Learning. The University Press,

Cambridge.

Malkolm S., Knowles, (1975) Self Directed Learning.Chicago : Follet Publishing

Company.

Tom, W Goao, (1982) Delivering Effective Training : University Associate, Sandiego,

California.


Mata kuliah ini membahas teori, pendekatan, sejarah, makna, implikasi, dasar, tujuan, dan fungsi pendidikan multikultural, permasalahan pendidikan multikultural di Indonesia, dan peran penting sekolah sebagai lembaga pengembangan kebudayaan