Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Mampu
Mengajarkan, Memperaktekan (Mikro Teaching ) materi pelajaran ilmu pengetahuan social di MI serta memahami keterampilan Dasar mengajar IPS
- معلم: Torkis Dalimunthe
Selamat Datang
Pada Mata Kuliah Pendidikan Luar Sekolah
Mata
kuliah ini mengkaji tentang model-model program pendidikan luar sekolah yang
berdasar pada konsep-konsep, prinsip-prinsip teori pembelajaran dalam pendidikan
luar sekolah. Secara khusus kompetensi yang ingin dicapai dari matakuliah ini
adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan
model program PLS berdasar kepada kebutuhan program PLS di masyarakat serta
berdasar kepada perkembangan masyarakat lokal, regional maupun global. Inti
kajian mata kuliah ini berkaitan dengan disain model konseptual dan implementasi
model, terutama berkaitan dengan ; konsep dasar penyusunan model, prinsip-prinsip
pengembangan model, cara kerja (mekanisme) model, strategi implementasi model
dan evaluasi model serta pengembangan konsep-konsep model program dalam
pendidikan luar sekolah di masa depan. Di samping itu pula di bahas secara
khusus dampak pengembangan model-model program PLS bagi warga belajar (sasaran
program). Kajian-kajian tersebut di atas diharapkan mampu mendorong mahasiswa untuk
secara terus menerus memahami, menemukan dan mengembangkan inovasi bagi
model-model yang dipelajarinya. Serta memberikan layanan pendidikan
akademik-profesional berkualitas untuk menghasilkan tenaga kependidikan PLS
yang unggul, handal dan kompetitif sesuai dengan kuantitas, kualitas dan
relevansinnya dengan kebutuhan pembangunan masyarakat. Umberto Sihombing, Pendidikan
Luar Sekolah Kini dan masa depan. Angus Reynolds, (1994) The
Global Learning, New York, Illinois, Bur Ridge, Professional Publishing. Gordon G., Darkenwald and Sharan
B. Meriam, (1982), Adult Eduction (Foundations of Practice), New York : Harper
& Row Publishers. Ian Cunningham, (1994). The
Wisdom of Strategic Learning. The University Press, Cambridge. Malkolm S., Knowles, (1975) Self
Directed Learning.Chicago : Follet Publishing Company. Tom, W Goao, (1982) Delivering
Effective Training : University Associate, Sandiego, California.