Memiliki kemampuan untuk memahami dan mengidentifikasi berbagai materi mendasar yang terkait dengan manajemen humas, era globalisasi dituntut untuk bisa memadukan antara kepentingan sosial dengan pendekatan promosi dan pemasaran terhadap nilai keunggulan lembaga. Memadukan kedua hal tersebut merupakan suatu tantangan tersendiri, sehingga dibutuhkan teknik dan cara pengelolaan informasi yang profesional. Hal ini menjadikan humas benar-benar berperan sebagai corong atau mercusuar lembaga, sehingga dipercaya oleh masyarakat dan citra lembaga menjadi terbangun. Oleh karena itu mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memahami tentang fungsi dan peran humas , strategi humas dalam membangun citra positif lembaga, teknik dan media pengelolaan informasi yang profesional, dan juga bagaimana membangun hubungan yang baik dengan masyarakat. Karena keberhasilan setiap lembaga tidak lepas dari dukungan masyarakat. Untuk kompetensi pemahaman itu, mahasiswa juga dibekali dengan teori-teori komunikasi sebagai kunci pokok keberhasilan aktifitas humas.
- معلم: indira fatra deni
mata kuliah riset media dan budaya merupakan mataku kuliah lanjutan yang lebih bermain pada tataran praktis. Mata kuliah ini nantinya akan membedah secara lebih mendalam konten-konten media, baik bahasa tekstual maupun visual (image-based research). Mata kuliah ini secara spesifik akan membahas model dan contoh penelitian komunikasi yang cenderung berfokus pada ranah kualitatif. Kemampuan akhir yang diharapkan dari mata kuliah ini, mahasiswa mampu memainkan nalar kritis dan sensitivitas terkait konten media. Mahasiswa nantinya juga mampu membedah secara teoritis dan metodologis fenomena-fenomena media dan budaya.
- معلم: Syukur Kholil
- معلم: Hasan Sazali
Matakuliah Tata Letak dan Desain Grafis untuk Mahasiswa Semester VI IKOM 3 dan IKOM 4
- معلم: Zulfahmi Syahputra MKom
Mata kuliah ini merupakan kuliah dasar yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berpikir dan menganalisis secara kritis suatu peristiwa, mampu mengimplementasikannya dalam sebuah artikel dan editorial yang memiliki argumen kuat, sehingga menimbulkan ketertarikan atau pengaruh bagi opini pembacanya.
- معلم: T. Prasetiyo M.I.Kom