Mata Kuliah ini memberikan pemahaman tentang dasar-dasar teori sosiologi klasik. Teori sosiologi yang muncul sebelum dan pasca perang dunia kedua. Mata kuliah ini juga memberikan pengetahuan mahasiswa terkait sosiologi dalam perspektif ilmuan Islam, khususnya Ibn Khaldun.  Mata Kuliah ini juga memberikan pengetahuan dan pemahaman pada mahasiswa bagaimana menganalisa perkembangan manusia, masyarakat dan peradabannya dari berbagai perspektif teori, baik yang menggunakan paradigma fakta sosial (Khaldun, Comte, Spencer, Simmel, Durkheim, hingga Parson dan Marx), yang menggunakan  definisi sosial seperti Webber, sampai yang menggunakan paradigma prilaku sosial seperti Herbert Mead. Dalam perkuliahan ini mahasiswa juga diharapkan mampu menganalisa perkembangan masyarakat menggunakan instrument analisa dari teori-teori sosiologi klasik dan modern. Mahasiswa juga diharapkan mampu mengidentifikasi tema-tema penelitian yang linier dengan paradigma teori sosiologi


Mata Kuliah ini memanfaatkan secara praktis pemahaman dan keterampilan dalam bidang bisnis seperti pemasaran, produksi, keuangan, sumberdaya manusia, akuntansi keuangan, organisasi dan manajemen serta etika bisnis dalam menyusun rencana usaha baik itu berdasarkan bakat dan keahlian kejuruan yang dimiliki maupun berdasarkan tren industri. Dalam kuliah ini juga dibahas aspek internal sumber daya manusia dalam hal konsep, sikap mental , motivasi dan cara berpikir wirausaha.