Mata kuliah ini merupakan aplikasi dari perkuliahan Media Pembelajaran Matematika, Evaluasi Pembelajaran Matematika, Strategi Pembelajaran Matematika, dan Telaah Kurikulum Matematika. Dengan demikian sifat mata kuliah ini tidak lagi mengkaji teori melainkan cenderung pada praktek penyusunan rencana dan pelaksanaan pembelajaran matematika. Pelaksanaan perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika lebih dominan berupa diskusi-presentasi yang berkenaan dengan kajian kurikulum dan administrasi pembelajaran matematika. Kajian kurikulum matematika berupa penugasan mengkaji kompetensi dan cakupan materi ajar matematika yang ada pada kurikulum yang saat ini digunakan di SMP/MTs dan SMA/MA/SMK, sedangkan kajian administrasi pembelajaran matematika berupa penugasan mengkaji kalender akademik, program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan silabus yang digunakan di SMP/MTs dan SMA/MA/SMK, kemudian mendiskusikannya di kelas. Selanjutnya mahasiswa diberi tugas menyusun program tahunan, program semester, silabus, dan RPP (mulai dari mengembangan kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), indikator, analisis materi pembelajaran, mengembangkan strategi pembelajaran, bahan ajar, media pembelajaran, sampai penilaian, serta tindak lanjutnya) pada tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK.