Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (APSI) dimaknai sebagai proses organisasional komplek dimana Sistem Informasi Berbasis Komputer(SIBK) diimplementasikan untuk membangun sistem informasi, menganalisis kebutuhan, merancang sistem informasi berbasis komputer dan memecahkan masalah dalam organisasi melalui sistem informasi.

Buku ini adalah buku yang membahas topik matakuliah inti di beberapa program studi bidang informatika diantaranya Sistem Informasi (SI), Teknologi Informasi maupun Teknik Informatika (TI). Dengan harapan buku ini dapat menjembatani mahasiswa dan para penggiat serta pengembang sistem informasi untuk mampu meningkatkan kemampuan analisis, pengkajian dan penelaahan lebih mendalam.

Buku ini juga disusun sebagai bahan bacaan bagi para akademisi dan praktisi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya bidang informatika komputer. Dan juga bagi buku ini bermanfaat bagi mahasiswa program studi Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak dan Manajemen Informatika yang sedang menimba ilmu di Perguruan Tinggi.

Buku ini hadir dengan kajian dan cakupan diantaranya:

  1. Konsep Dasar Sistem
  2. Stakeholder dalam Sistem Informasi
  3. Analisis dan Perancangan SIstem Informasi
  4. Pendekatan-Pendekatan Pengembangan Sistem
  5. Analisis Sistem
  6. Pendefenisian Masalah
  7. Penentuan Kebutuhan Sistem
  8. Analisis Use Case
  9. Process Modelling
  10. Data Modelling
  11. Disain Sistem
  12. Disain Arsitektur
  13. Hirarchy Input Output (HIPO) Chart
  14. Pedoman Disain Interface
  15. Implementasi Sistem
  16. Pemeliharaan Sistem
  17. Audit Sistem Informasi