Kimia dasar, disebut juga kimia umum, adalah mata kuliah pengantar pada level universitas sebagai studi pengenalan kimia. Bidang ini akan mengantarkanmu untuk mengenal dunia kimia : histori kimia, kimia dalam al-quran, tembok raksasa dari besi panas dan tembaga oleh raja Dzulkarnain alaihissalam, pemilik emas terkaya si qorun, zharrah/atom, penomena alam, jabir ibnu hayyan atau geber, penemu metode distilasi disebut juga di the father of chemistry, dari al-kimiya, alchemy hingga chemistry, kimia modern, dan masih banyak lagi.

Kimia itu mencakup semua aspek hidup manusia. bisa ditemukan ketika kamu melihat, menyentuh, bersin, makan, bersedih, bergerak, ini melibatkan kimia. Mulai dari sabun yang digunakan ketika mandi dan kertas yang kamu gunakan untuk menulis. 

Kimia Dasar I membahas tentang zat, teori dan struktur atom, lambang nuklida, persamaan kimia, konsep mol, mekanika kuantum, tabel periodik unsur, ikatan kimia, struktur lewis, teori VSEPR, hukum termodinamika, diagram energi, asam basa, hidrokarbon, dll.