Memiliki kemampuan untuk memahami dan mengidentifikasi berbagai materi mendasar yang terkait dengan manajemen humas, era globalisasi dituntut untuk bisa memadukan antara kepentingan sosial dengan pendekatan promosi dan pemasaran terhadap nilai keunggulan lembaga. Memadukan kedua hal tersebut merupakan suatu tantangan tersendiri, sehingga dibutuhkan teknik dan cara pengelolaan informasi yang profesional. Hal ini menjadikan humas benar-benar berperan sebagai corong atau mercusuar lembaga, sehingga dipercaya oleh masyarakat dan citra lembaga menjadi terbangun. Oleh karena itu mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memahami tentang fungsi dan peran humas , strategi humas dalam membangun citra positif lembaga, teknik dan media  pengelolaan informasi yang profesional, dan juga bagaimana membangun hubungan yang baik dengan masyarakat. Karena keberhasilan setiap lembaga tidak lepas dari dukungan masyarakat. Untuk kompetensi pemahaman itu, mahasiswa juga dibekali dengan teori-teori komunikasi sebagai kunci pokok keberhasilan aktifitas humas.