SILABUS

  1. Identitas Mata Kuliah

·         Mata Kuliah: Pendidikan Anak Usia Dini

·         Bobot SKS: 2 SKS

·         Semester: IV-TIPS-1

·         Dosen: Dr. Masganti Sit, M.Ag.

 

  1. Tujuan Mata Kuliah:  Mahasiswa memahami secara komprehensif tentang konsep dan teori dasar pendidikan anak usia dini serta bersedia dan dapat mengaplikasikannya secara professional pada lembaga PAUD (formal, nonformal, dan informal).
  2. Deskripsi Mata Kuliah Dalam perkuliahan dibahas tentang definisi, rasional, tujuan, ruang lingkup, karakteristik dan fungsi pendidikan anak usia dini. Selanjutnya dieksplorasi pula tentang pendekatan, peran guru/pendidik, perkembangan dan permasalahan berkaitan pendidikan anak usia dini. Untuk menyempurnakan pemahaman, dibahas pula tentang kebijakan-kebijakan berkaitan dengan pendidikan anak usia dini di Indonesia.
  3. Pendekatan Pembelajaran Pendekatan: Pendekatan yang digunakan adalah integerasi antara penguasaan kemampuan hardskills dengan softskills dengan metode bervariasi, meliputi: presentasi, ceramah, diskusi, pemecahan masalah dan penugasan. Media yang digunakan: media cetak dan non cetak
  4.  Evaluasi

·         Quis 10%

·         Tugas 25%

·         Partisipasi 20%

·         Ujian Tengah Semester 20 %

·         Ujian Akhir Semester 25 %

 

  1. Deskripsi Pertemuan

Pertemuan 1: Hakekat Anak Usia Dini: Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Jenis-jenis Lembaga PAUD

Pertemuan 2: Pentingnya PAUD: Filosofi, Psikologis, Empiris, Yuridis, Praktis

Pertemuan 3: Sejarah Lembaga PAUD di Indonesia (Review Buku)

Pertemuan 4: Teori-teori Pembelajaran di PAUD: Montessori, Erikson, dan Frued (Review Buku)

Pertemuan 5: Teori-teori Pembelajaran DAP: Piaget, Vygotsky, dan Bandura (Review Buku)

Pertemuan 6: Kurikulum PAUD di Indonesia (Review Buku)

Pertemuan 7: Parenting di Lembaga PAUD (Review Buku)

Pertemuan 8: UTS

Pertemuan 9: Belajar Melalui Bermain

Pertemuan 10: Implementasi Bermain di PAUD (Observasi)

Pertemuan 11: Layanan Kesehatan di PAUD (Observasi)

Pertemuan 12: Implementasi Pembelajaran di PAUD (Observasi)

Pertemuan 13: Pelaksanaan Kurikulum di PAUD (Observasi)

 Pertemuan 14: Pelaksanaan Parenting di PAUD (Observasi)

Pertemuan 15:  Permasalahan anak di PAUD (Observasi)

Pertemuan 16: UAS