MATA KULIAH : PENGELOLAAN KELAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR AUD
BOBOT : 2 SKS
Capaian pembelajaran :
|
2. Mahasiswa mampu menilai upaya mengelola kelas dan lingkungan belajar di RA.
3. Mahasiswa terampil melaksanakan pengelolaan lingkungan belajar baik di dalam maupun di luarkelas.
Deskrifsi mata kuliah :perkuliahan ini berisikan tentang konsep penelolaan kelas Indoor maupun kelas Outdoor dan desain lingkungan belajar yang ada di lingkungan belajar anak usia dini adapunmateri pokoknya:
MATERI POKOK
1. HAKIKAT KONSEP DASAR BELAJAR AUD
2. HAKIKAT PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR AUD
3. LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR
4. LINGKUNGAN BELAJAR OUTDOOR
5. STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DI AUD
6. STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DI AUD
7. STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DI AUD
8. UTS
9. STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR OUTDOOR DI AUD
10. STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR OUTDOOR DI AUD
11. STRATEGI PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR OUTDOOR DI AUD
12. UNSUR-UNSUR YANG BERPERAN PENTING DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR
13. UNSUR-UNSUR YANG BERPERAN PENTING DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR OUTDOOR
14. EVALUASI PENGELOLAAN KELAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR
15. EVALUASI PENGELOLAAN KELAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR OUTDOOR
16.UAS
DAFTAR PUSTAKA
1. Depdikbud (1983) Pengelolaan Kelas, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Jakarta.
2. Doyle, W. (1980). Class Room Management. Indiana: Kappa Delta
3. H. A. R Tilaar, (2001), Manajemen Pendidikan Nasional, Remaja Rosdakarya, Bandung.
4. M. Entang dan Raka Joni, (1983), Pengelolaan Kelas, Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga Kependidikan, Jakarta.
5. Nawawi Hadari, (1992), Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, Gunung Agung Jakarta.
6. Suharsini Arikunto, (1993), Manajemen Secara Manusia, Rineka Cipta, Jakarta.
7. ‐‐‐‐‐‐‐‐———–, (1996), Pengelolaan Kelas dan Siswa, Raja Wali Press, Jakarta.
- Pengajar: hasnah siahaan