SILABUS

MATAKULIAH  : PENGELOLAAN KELAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR AUD

BOBOT             : 2 SKS

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

1.      Mahasiswa mampu memahami konseptual pengelolaan kelas dan lingkungan belajar secara komprehensif.

2.      Mahasiswa mampu menilai upaya mengelola kelas dan lingkungan belajar di RA.

3.      Mahasiswa terampil melaksanakan pengelolaan lingkungan belajar baik di dalam maupun di luar kelas.

DESKRIFSI MATAKULIAH:

mata kuliah ini menejelaskan tentang keterampilan dalam mengelola kelas indoor maupun kelas indor agar suasan pembelajaran dapat menari dan gembira bagi anak usia dini.

MATERI POKOK

1. perkembangan model PAUD dari masa ke masa

2. Konsep dasar belajar

3. Hakekat pengelolaan kelas dan lingkungan belajar

4. Lingkungan belajar Indoor

5. Lingkungan belajar out door

6. strategi pengelolaan lingkungan belajar di indoor

7. strategi pengelolaan lingkungan belajar di indoor

8. uts

9. strategi pengelolaan lingkungan belajar di indoor

10. strategi pengelolaan lingkungan belajar di otdoor

11. strategi pengelolaan lingkungan belajar di otdoor

12. strategi pengelolaan lingkungan belajar di otdoor

13. unsur-unsur penting dalam pengelolaan kelas  lingkungan belajar di indoor

14. unsur-unsur penting dalam pengelolaan kelas  lingkungan belajar di indoor

15. evaluasi pengelolaan kelas dan lingkungan belajar di indoor dan outdoor di AUD

16. UAS

DAFTAR PUSTAKA

1.    Depdikbud (1983) Pengelolaan Kelas, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Jakarta.

2.    Doyle, W. (1980). Class Room Management. Indiana: Kappa Delta

3.    H. A. R Tilaar, (2001),  Manajemen Pendidikan Nasional,  Remaja Rosdakarya, Bandung.

4.    M. Entang dan Raka Joni, (1983),  Pengelolaan Kelas, Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga Kependidikan, Jakarta.

5.    Nawawi Hadari, (1992),  Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, Gunung Agung Jakarta.

6.    Suharsini Arikunto, (1993),  Manajemen Secara Manusia, Rineka Cipta, Jakarta.

7.    ‐‐‐‐‐‐‐‐———–, (1996), Pengelolaan Kelas dan Siswa, Raja Wali Press, Jakarta.