Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan teori serta pengetahuan tentang kaidah Bahasa Inggris yang meliputi kemampuan Reading, Writing, Listening, Speaking, dan Traslating  dalam bidang Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, dan mampu menggunakan bahasa Inggris dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyedia dan pelayan informasi di bidang Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan secara baik dan benar. Cakupan materi meliputi Reading and Summarization, 16 Tenses, Speaking Skills, Readers’ Advisory Work, Information Literacy in the Reference Department, Reference work with children and young adult, When and how to use internet as a reference tools, Listening Skills, Selecting and Evaluating reference materials, Finding the answer: basic search techniques, Managing reference department, Reference 2.0, dan The Future of information services. Perkuliahan diselenggarakan dengan ceramah, diskusi dalam kelompok-kelompok kecil maupun berpasangan, membaca terbimbing (guided reading), dan pronunciation practices sebagai bentuk pengaplikasian Students-Centered Learning (SCL) strategy. Penilaian pencapaian Pembelajaran mahasiswa dilakukan melalui partisipasi perkuliahan, penugasan berupa reading reports, kuis-kuis, ujian tengah semester, dan ujian Akhir semester.