Tujuan Rumpun Mata Kuliah

Memberikan pemahaman yang komprehensif tentang Bahasa Indonesia dan segala perkembangannya

Standar Kompetensi Mata kuliah

Mampu mengapresiasi bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menulis dengan pendekatan proses sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang dibakukan (EYD).


SILABUS MATA KULIAH

B.Rencana Kegiatan Pembelajaran (RKP)

a. Identitas

 . Nama  mata kuliah         : BAHASA INDONESIA

 . Kode Mata Kuliah          :BIN

 . Bobot                                  : 2 SKS

 . Fakultas                             : EKONOMI DAN BISNIS

 . Jurusan                              : PS I C dan I D

 

Deskripsi Materi

 

Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan Mata KuliahPengembangan Kepribadian (MPK) yang menitikberatkan pada kemampuan berbahasa Indonesia para mahasiswa. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan kemampuan berbahasa Indonesia itu adalah kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara tertulis maupun secara lisan. Kemampuan ini menjadi urgen bagi para mahasiswa dalam rangka penulisan makalah perkuliahan ataupun skripsi sebagai salah satu syarat mencapai gelar sarjana.                                               

Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi perkembangan bahasa Indonesia, ragam dan fungsi bahasa Indonesia, hakikat dan tujuan menulis, tata bahasa indonesia baku, minat dan motivasi menulis,  dan teknik penulisan karangan ilmiah.

Standar Kompetensi Mata Kuliah

Mampu mengapresiasi bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menulis dengan pendekatan proses sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang dibakukan (EYD).

 

b. Rancangan Kegiatan Pembelajaran

 

No

Kompetensi Dasar

Materi

Inidikator

Strategi

Estimasi waktu

Sumber

1

Mahasiswa mengetahui Perkembangan Bahasa Indonesia serta dapat mengenal Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Selain itu, dapat mengetahui apa  dasar bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia

Dan untuk Pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia

Pengertian, Objek Kajian dan sejarah perkembangan bahasa Indonesia.

-Mahasiswa mampu memahami Pengertian dan objek kajian perkembangan bahasa.

 

-Mencatat Penjelasan dosen

-Ceramah

-Diskusi dan dialog interaktif

75 Menit

Murtadho, Ali danRahmatHidayat. 2012. Bahasa Indonesia untukPerguruanTinggi: Teoridan Praktik Menulis. Medan: Wal Ashri Publishing

Arifin, Zaenaldan S. Amran Tasai.2004.CermatBerbahasa Indonesia untukPerguruanTinggi. Jakarta: AkademiaPressindo  Sugono, Dendi. 2009. MahirBerbahasa Indonesia denganBenar. Jakarta; GramediaPustakaUtama,  Wibowo, Wahyu. 2010. Tata PermainanBahasaKaryaTulisIlmiah. Jakarta: BumiAksara

 

2

-Mahasiswa memahami Ragam Bahasa

 

 

-Pengertian Ragam Bahasa.
- Jenis-Jenis dan Contoh Ragam Bahasa
- Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar 

-Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian ragam bahasa dan jenisnya dengan baik dan benar.

-Mencatat Penjelasan dosen

-Ceramah

-Diskusi dan dialog interaktif

75 Menit

Murtadho, Ali danRahmatHidayat. 2012. Bahasa Indonesia untukPerguruanTinggi: Teoridan Praktik Menulis. Medan: Wal Ashri Publishing

Arifin, Zaenaldan S. Amran Tasai.2004.CermatBerbahasa Indonesia untukPerguruanTinggi. Jakarta: AkademiaPressindo  Sugono, Dendi. 2009. MahirBerbahasa Indonesia denganBenar. Jakarta; GramediaPustakaUtama,  Wibowo, Wahyu. 2010. Tata PermainanBahasaKaryaTulisIlmiah. Jakarta: BumiAksara

 

3

-Mahasiswa memahami Diksi atau Kata dalam tata bahasa Indonesia.



-Pengertian, pembagian dan Bentuk Diksi
-Sinonim, antonim dan homonim
-Kesalahan Diksi 

-Mahasiswa dapat menyebutkan Pengertian, pembagian dan Bentuk Diksi
-Sinonim, antonim dan homonim
-Kesalahan Diksi 

-Mencatat Penjelasan dosen

-Ceramah

-Diskusi makalah dan dialog

75 Menit

Murtadho, Ali danRahmatHidayat. 2012. Bahasa Indonesia untukPerguruanTinggi: Teoridan Praktik Menulis. Medan: Wal Ashri Publishing

Arifin, Zaenaldan S. Amran Tasai.2004.CermatBerbahasa Indonesia untukPerguruanTinggi. Jakarta: AkademiaPressindo  Sugono, Dendi. 2009. MahirBerbahasa Indonesia denganBenar. Jakarta; GramediaPustakaUtama,  Wibowo, Wahyu. 2010. Tata PermainanBahasaKaryaTulisIlmiah. Jakarta: BumiAksara

 

4

-Mahasiswa memahami Kalimat dan Paragraf Dalam Bahasa Indonesia

-Pengertian dan Struktur Kalimat
 
- Kalimat Aktif dan kalimat pasif
-Pengertian, Syarat dan Fungsi Paragraf
-Pembagian dan pengembangan Paragraf

Mahasiswa dapat menjelaskan Pengertian dan Struktur Kalimat, Kalimat Aktif dan kalimat pasif, Pengertian, Syarat dan Fungsi Paragraf, Pembagian dan pengembangan Paragraf

 

-Mencatat Penjelasan dosen

-Ceramah

-Diskusi makalah dan dialog

75 menit

Murtadho, Ali danRahmatHidayat. 2012. Bahasa Indonesia untukPerguruanTinggi: Teoridan Praktik Menulis. Medan: Wal Ashri Publishing

Arifin, Zaenaldan S. Amran Tasai.2004.CermatBerbahasa Indonesia untukPerguruanTinggi. Jakarta: AkademiaPressindo  Sugono, Dendi. 2009. MahirBerbahasa Indonesia denganBenar. Jakarta; GramediaPustakaUtama,  Wibowo, Wahyu. 2010. Tata PermainanBahasaKaryaTulisIlmiah. Jakarta: BumiAksara

 

5

-Mahasiswa memahami karya tulis dengan benar .

 

-Pengertian Karya Tulis

 -Ragam Karya Tulis.

-Mahasiswa dapat menjelaskan apa itu Pengertian Karya Tulis dan  

-Ragam Karya Tulis.

-Mencatat Penjelasan dosen

-Ceramah

-Diskusi makalah dan dialog

75 Menit

Murtadho, Ali danRahmatHidayat. 2012. Bahasa Indonesia untukPerguruanTinggi: Teoridan Praktik Menulis. Medan: Wal Ashri Publishing

Arifin, Zaenaldan S. Amran Tasai.2004.CermatBerbahasa Indonesia untukPerguruanTinggi. Jakarta: AkademiaPressindo  Sugono, Dendi. 2009. MahirBerbahasa Indonesia denganBenar. Jakarta; GramediaPustakaUtama,  Wibowo, Wahyu. 2010. Tata PermainanBahasaKaryaTulisIlmiah. Jakarta: BumiAksara

 

6

Mahasiswa Mengetahui dan memahami tentang kutipan dan daftar pustaka

Kutipan dan Daftar Pustaka

-Mahasiswa dapat memahami dan mempraktekkan kutipan dan daftar pustaka dengan baik dan benar

-mencatat penjelasan dosen

- ceramah

-diskusi makalah dan dialog

75 menit

Murtadho, Ali danRahmatHidayat. 2012. Bahasa Indonesia untukPerguruanTinggi: Teoridan Praktik Menulis. Medan: Wal Ashri Publishing

Arifin, Zaenaldan S. Amran Tasai.2004.CermatBerbahasa Indonesia untukPerguruanTinggi. Jakarta: AkademiaPressindo  Sugono, Dendi. 2009. MahirBerbahasa Indonesia denganBenar. Jakarta; GramediaPustakaUtama,  Wibowo, Wahyu. 2010. Tata PermainanBahasaKaryaTulisIlmiah. Jakarta: BumiAksara

7

-Mahasiswa mengetahui dan memahami Teknik Menulis Artikel



- Teori dan Praktek (Pengertian, Karakteristik, dan.  Jenis-Jenis Artikel
 -Persiapan Menulis Artikel
 -Teknik Penulisan Artikel
) 

-Mahasiswa dapat memahami dan mempraktekkan teknik menulis artikel dengan baik dan benar.

 

 

-Mencatat Penjelasan dosen

-Ceramah

-Diskusi makalah dan dialog

150 Menit

-Mahasiswa mengetahui dan memahami Teknik Menulis Artikel



8

 

UTS

Mahasiswa mampu menjadi penulis yang baik tentang atikel

-

75 Menit

 

9

Mahasiswa dapat membuat tulisan artikel

Praktek membuat Artikel

Mahasiswa mampu menjadi penulis yang baik tentang atikel

Mengerjakan tugas dosen

75 Menit

Murtadho, Ali danRahmatHidayat. 2012. Bahasa Indonesia untukPerguruanTinggi: Teoridan Praktik Menulis. Medan: Wal Ashri Publishing

Arifin, Zaenaldan S. Amran Tasai.2004.CermatBerbahasa Indonesia untukPerguruanTinggi. Jakarta: AkademiaPressindo  Sugono, Dendi. 2009. MahirBerbahasa Indonesia denganBenar. Jakarta; GramediaPustakaUtama,  Wibowo, Wahyu. 2010. Tata PermainanBahasaKaryaTulisIlmiah. Jakarta: BumiAksara

10-11

-Mahasiswa memahami dan mengetahui Teknik Menulis Feature.



- Teori dan Praktek (Pengertian, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Feature
 -Persiapan Menulis Feature
-Teknik Penulisan Feature
)

Mahasiswa dapat memahami dan mempraktekkan teknik menulis feature dengan benar.

 

Mencatat Penjelasan dosen

-Ceramah

-Diskusi makalah dan dialog

150 menit

Murtadho, Ali danRahmatHidayat. 2012. Bahasa Indonesia untukPerguruanTinggi: Teoridan Praktik Menulis. Medan: Wal Ashri Publishing

Arifin, Zaenaldan S. Amran Tasai.2004.CermatBerbahasa Indonesia untukPerguruanTinggi. Jakarta: AkademiaPressindo  Sugono, Dendi. 2009. MahirBerbahasa Indonesia denganBenar. Jakarta; GramediaPustakaUtama,  Wibowo, Wahyu. 2010. Tata PermainanBahasaKaryaTulisIlmiah. Jakarta: BumiAksara

12-13

-Mahasiswa mengetahui Teknik Menulis Resensi

 

- Teori dan Praktek (Pengertian dan Unsur-Unsur Rensensi
-Persiapan Menulis Resensi
-Teknik Penulisan Resensi )

Mahasiswa dapat memahami membuat resensi buku dengan baik dan benar.

 

 

Mencatat Penjelasan dosen

-Ceramah

-Diskusi makalah dan dialog

150 menit

Murtadho, Ali danRahmatHidayat. 2012. Bahasa Indonesia untukPerguruanTinggi: Teoridan Praktik Menulis. Medan: Wal Ashri Publishing

Arifin, Zaenaldan S. Amran Tasai.2004.CermatBerbahasa Indonesia untukPerguruanTinggi. Jakarta: AkademiaPressindo  Sugono, Dendi. 2009. MahirBerbahasa Indonesia denganBenar. Jakarta; GramediaPustakaUtama,  Wibowo, Wahyu. 2010. Tata PermainanBahasaKaryaTulisIlmiah. Jakarta: BumiAksara

14

-Mahasiswa mengetahui Teknik dalam membuat catatan kaki.

Catatan kaki atau footnote

Mahasiswa dapat memahami cara membuat catatan kaki atau footnote dengan baik dan benar

Mencatat Penjelasan dosen

-Ceramah

-Diskusi makalah dan dialog

75 Menit

Murtadho, Ali danRahmatHidayat. 2012. Bahasa Indonesia untukPerguruanTinggi: Teoridan Praktik Menulis. Medan: Wal Ashri Publishing

Arifin, Zaenaldan S. Amran Tasai.2004.CermatBerbahasa Indonesia

15

-Mahasiswa mengetahui bagaimana mengetahui preenatsi dan hakikat serta cara dan adab presentasi ilmiah

Presentasi ilmiah

Mengetahui hakikat presentasi ilmiah dan cara dan etika nya

Mencatat Penjelasan dosen

-Ceramah

-Diskusi makalah dan dialog

 

Murtadho, Ali danRahmatHidayat. 2012. Bahasa Indonesia untukPerguruanTinggi: Teoridan Praktik Menulis. Medan: Wal Ashri Publishing

Arifin, Zaenaldan S. Amran Tasai.2004.CermatBerbahasa Indonesia

16

 

UAS

 

 

 

 

 

Dosen Pengampu,

SUASANA NIKMAT GINTING, MPd