Studi Islam membuktikan kepada umat manusia bahwa Islam adalah ajaran yang dapat membawa manusia kepada kehidupan yang lebih baik, tanpa harus mengganggu keyakinan agama Islam. Selain itu, studi Islam juga dapat menumbuhkan sikap objektif dan menghilangkan citra negatif dari sebagian masyarakat terhadap ajaran Islam.

Matakuliah Metodologi Studi Islam (MSI) merupakan mata kuliah wajib untuk Program Studi S-1 di UINSU. Perkuliahan MSI mengarahkan mahasiswa pada cara memahami Islam secara metodologis. Islam sebagai agama menjadi pandangan hidup dan Islam sebagai budaya menjadi gejala sosial yang muncul sebagai jawaban kritis masyarakat. Selain itu, Islam sebagai ilmu sangat menarik untuk dikaji dengan berbagai pendekatan, metode dan kajian ilmiah lainnya.

Hal ini tentu harus dipahami secara benar oleh para mahasiswa, karena pendekatan dan metode yang digunakan dalam kajian Islam sangat beragam. Implikasi dari keragaman ini adalah adanya warna-warni dalam berislam yang dilakukan oleh pengikutnya. Oleh sebab itu, pemahaman terhadap keragaman pendekatan dan metode perlu dipelajari dengan baik.