Mata kuliah Pemeriksaan Akuntansi I merupakan mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa akuntansi. Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pemahaman tentang profesi akuntan publik dan pekerjaan yang dilakukan oleh akuntan publik. Untuk itu pokok bahasan dalam mata kuliah ini mencakup: pengertian auditing, jenis-jenis audit, standar profesi akuntan publik, kode etik, perencanaan audit dan prosedur analisis, metodologi pengujian dalam audit, dan penilaian terhadap pengendalian internal dan perancangan pengujian substantive perusahaan dan pemecahan Fraud dalam suatu entitas. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri dalam bentuk ceramah, Tanya jawab, diskusi, Studi kasus dan pemecahahan masalah. 

Mata kuliah ini juga bertujuan untuk memberi pengetahuan dasar kepada mahasiswa mengenai pemeriksaan akuntansi (Auditing) serta aplikasinya didunia kerja. 

Sumber Buku:

1.       Agoes, Sukrisno. 2012. “Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik”. Jilid 1, Edisi 4, Jakarta: Salemba empat.

2.        Arens, Alvin A, Beasley dan Randal J.Elder., 2008. Auditing dan Jasa Assurance pendekatan terintegrasi”. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

3.       Arens, Alvin A, Elder J. Randal., Beasley, dan Jusuf. 2013. “jasa Audit dan assurance pendekatan terpadu (Adaptasi Indonesia)”. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

4.       Mulyadi. 2013. Auditing. Buku 1 Edisi 6. Jakarta:Salemba Empat.

5.       Arfan Ikhsan, dkk. 2018. “Pemeriksaan Akuntansi-Pendekatan Praktis”. Edisi 2, Medan: Madenaterna

6.       Jurnal-jurnal terkait Pemeriksaan Akuntansi I