Mata Kuliah                             : Manajemen Organisasi

Kode Mata Kuliah                    : 1010410

Komponen                               : Fakultas

Program Studi                         : Komunikasi dan Penyiaran Islam

Program                                   : S.1

Bobot                                       : 2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini berisi tentang: Pengantar Perkuliahan: “Menelaah Pentingnya Berorganisasi; Konsep Dasar Manajemen Organisasi (Pengertian, Prinsip-prinsip Berorganisasi, Penentuan Visi & Misi, Tujuan & Sasaran, dan Pencapaiannya, Bentuk-Bentuk organisasi); Pendekatan dalam Manajemen Modern (SWOT-SLOT-TSOL, Empirical Case Approach, Behavior Approach, System Approach, Decision Theory Approach, Communication Center Approach, Management Science Approach, Situational/An Interdiciplinary Approach,  Human Resources/Supportive Approach, Operation Approach); Teori-Teori Manajemen dan Organisasi (dari Teori Manajemen Organisasi Klasik hingga Teori Siklus Ibn Khaldun); Fungsi-Fungsi Manajemen; Leadership Dalam Organisasi; Problem Solving & Manajemen Konflik.

 

Referensi              :

  1. Ritonga, Hasnun Jauhari. Manajemen Organisasi: Pengantar Teori dan Praktek. Medan: Perdana Publishing, 2015.
  2. Hasibuan, Malayu S. P. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara, 2008. Edisi Revisi.
  3. Shaleh, Abdul Rosyad. Manajemen Dakwah Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1988.
  4. Ilyas, Alwahidi. Manajemen Dakwah: Kajian Menurut Perspektif Al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
  5. Kast, Fremont E. & Rosenzweig, James E. Organisasi dan Manajemen: Suatu Sistem dan Pendekatan Kontingensi, (terj.) Mohammad Yasin. Jakarta: Bina Aksara, 1986.
  6. Hagemann, Gisela. Motivasi Untuk Pembinaan Organisasi, (terj.) Fery Dwi Nugroho. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo, 1993.
  7. Athoillah, M. Anton. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
  8. Munir, M. & Ilaihi, Wahyu. Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media, 2006.
  9. Sarwoto, Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen, Jakarta: Ghalia Indonesia, tt.
  10. Handoko, T. Hani. Manajemen. Yogyakarta: BPFE, 1995.
  11. Locke, Edwin A., Essensi Kepemimpinan (terj.) Aris Ananda. Jakarta: Spektrum, 1997.
  12. Manz, Charles C. dan Slims Jr., Henry P., The Super Leadership. San Francisco: Jossey Bass Publishers, 2001.
  13. Nawawi, Hadari dan Nawawi, Martini, Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: UGM Press, 2003.
  14. Shelton, Ken, The New Paradigmont Leadership. New York: Amerika Execurtif Exellence Publishing, 1997.
  15. Winardi, Azas-Azas Manajemen, Bandung: Mandar Madju, 1990.