Mata kuliah ini adalah Teologi Islam. 

Secara bahasa, kata teologi berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari dua kata yakni theos dan logos. Theos dalam bahasa Yunani berarti Tuhan sedangkan logos berarti ilmu, wacana atau kata. Dengan demikian teologi bisa kita maknai sebagai ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan ketuhanan. Adapun pendeta Drewes dan Julianus Mojau mengartikan teologi sebagai wacana ilmiah tentang ketuhanan.

Istilah teologi sangat populer di kalangan umat Kristen, hanya saja istilah ini sebenarnya telah lama dipakai oleh bangsa Yunani kuno jauh sebelum orang-orang Kristen menggunakan kembali istilah tersebut. Pada mulanya orang Kristen menggunakan istilah teologi untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan Tuhan saja, tetapi istilah ini kemudian berkembang lebih luas lagi dan dipakai untuk membahas seluruh ajaran dan praktik agama Kristen.

Di kalangan umat Islam, istilah teologi tidak begitu populer, hal itu karena umat Islam mempunyai istilah sendiri dalam hal ilmu ketuhanan yaitu ilmu kalam. Selain nama ilmu kalam, umat Islam juga mengenal istilah-istilah lain yang bermakna sama dengan istilah tersebut, seperti ilmu tauhîd, ilmu ushûluddîn, ilmu aqâid/akidah, ilmu nadzr wa istidlâh, ilmu fikih akbâr dan sebagainya. Islam lebih mengenal dengan istilah Ilmu Kalam atau Ilmu Tauhid.