Capaian Pembelajaran Mata  Kuliah: Mahasiswa mampu menyikapi bahwa mata kuliah Al-Qur’an sangat penting untuk dikuasai setiap mahasiswa lulusan Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara, sehingga menguasai kajian Al-Qur’an adalah sebuah kewajiban dan mampu mengaplikasikannya dalam Al-Qur’an untuk memberi kontribusi dalam mempelajari sumber-sumber ajaran Islam dengan baik.

Topik Pembahasan:

  1. Kontrak Kuliah Al-Qur’an;
  2. Pengertian, tujuan, dan fungsi Alquran;
  3. Sejarah turunnya Alquran, pengumpulan, penulisan, dan kodifikasi;
  4. Mukjizat Alquran;
  5. Perbedaan terjemah, tafsir dan takwil;
  6. Asbabun Nuzul;
  7. Munasabah Alquran;
  8. Ujian MID Semester
  9. Kisah Alquran;
  10. Isi dan kandungan Alquran yang berhubungan dengan akidah, ibadah, akhlak, muamalah;
  11. Isu-isu kontemporer dalam Alquran;
  12. Isi dan kandungan Alquran yang berhubungan dengan Sains dan Teknologi: Biologi;
  13. Isi dan kandungan Alquran yang berhubungan dengan Sains dan Teknologi: Fisika, Kimia/Farmasi, Astronomi;
  14. Isi dan kandungan Alquran yang berhubungan dengan Sains dan Teknologi: Geografi, Matematika dan Komputer;
  15. Pendalaman Materi Isu dan kandungan Alquran berkaitan dengan kontemporer dan Sains Teknologi;
  16. Ujian Akhir Semester.
Media dan Sumber Belajar:

Mursal Aziz dan Zulkipli Nasution, Al-Qur’an: Sumber Wawasan Pendidikan dan Sains Teknologi, Medan: Widya Puspita, 2019.

Referensi:

  • Abdul Djalal, Ulumul Quran, Surabaya: Dunia Islam, 2000.
  • Akmal, Taufik Adnan, Rekonstruksi Sejarah Alquran (perhitungan menurut Friedrich Schwally), Edisi Digital. Jakarta: Pustaka Alvabert, 2011.
  • Hasan Mansur Nasution, Lebih Dekat Dengan Al-Qur’an, Bandung, Cciptapustaka Media Perintis, 2009.
  • Hasanuddin, Anatomi alquran Perbedaan Qiraat dan Pengaruhnya Terhadap Istimbat Hukum Dalam Alquran , Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 1995.
  • Kamaluddin Marzuki, Ulum Quran, Bandung: Rosdakarya, 1992.
  • M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur’an; Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Jakarta: Mizan, Mei 1992.
  • M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an; (Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Jakarta: Mizan, Maret 1996.
  • Mursal Aziz dan Zulkipli Nasution, Al-Qur’an: Sumber Wawasan Pendidikan dan Sains Teknologi, Medan: Widya Puspita, 2019.
  • Mursal Aziz dan Zulkipli Nasution, Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’anMedan: Pusdikra MJ, 2020.
  • Mursal Aziz dkk. Ekstra Kurikuler PAI: Dari Membaca Alquran Sampai Menulis Kaligrafi. Serang: Media Madani, 2020.
  • Nawir Yuslem, Ulumul Qur’an , Bandung: Ciptapustaka Media Perintis, 2011.
  • Qaththan, Manna'. Mabahis fi 'Ulum Al-Qur'an. Kairo: Maktabah Wahbah, 2000.
  • Rosihon Anwar, Ulumul Alquran, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2007.