Assalamu'alaikum.Wr.Wb

Sekilas Informasi terkait perkuliahan Matakuliah Organizational Management, saya sampaikan sebagai berikut :

DESKRIPSI MATA KULIAH       :

Organisasi dan pengorganisasian merupakan dua hal yang saling berhubungan, kalau organisasi diibaratkan wadah, maka pengorganisasian adalah organisme yang membuatnya hidup secara dinamis. Pengorganisasian (organizing) merupakan langkah dalam pembelajaran matakuliah Organizational Management. Perencanaan dalam manajemen organisasi yang matang tidak akan berjalan sempurna, tanpa ada yang menjalankan dan menggerakkan (actuating), tanpa diperjelas pekerjaan dan siapa yang akan mengerjakannya. Adapun esensi manajemen organisasi yang baik akan menghasilkan tujuan organisasi yang sesuai dengan yang telah ditetapkan berdasarkan pada sistem kerja, struktur, sumberdaya hingga aspek lainnya secara efektif dan efisien.

MODEL PEMBELAJARAN :

Mata kuliah Organizational Management ini diselenggarakan dengan menggunakan model pembelajaran dari yang tersedia dalam model pembelajaran KBK-KKNI yang melibatkan Mahasiswa secara aktif mengembangkan pengetahuan dan menjadikan Mahasiswa sebagai pusat pembelajaran.

Secara umum perkuliahan dapat menggunakan strategi belajar aktif (active learning), dikelas dimana Mahasiswa secara aktif, responsif dan kreatif terlibat pembelajaran bersama-sama dosen, namun karena wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) melanda dunia tanpa terkecuali Indonesia, maka proses pembelajaran dilakukan secara virtual class melalui aplikasi Google Meets dan aplikasi E-Learning UINSU https://elearning.uinsu.ac.id.

Adapun model pembelajaran KBK KKNI yang digunakan yaitu:

  1. Contextual Instruction. Mengharuskan Mahasiswa membahas konsep dan teori yang diajarkan dosen dan menghubungkannya dengan fakta di lapangan atau fakta di organisasi/perusahaan/kehidupan sehari-hari yang akan diteliti dan disusun dalam bentuk makalah.
  2. Small Group Discussion. Mengharuskan Mahasiswa membentuk kelompok diskusi, membahas bahan diskusi berupa studi kasus. Selain itu, Mahasiswa dituntut untuk mereview materi kuliah sebelumnya dan materi kuliah berikutnya dalam bentuk ringkasan (summary).
  3. Project Based Learning. Mengharuskan Mahasiswa menyelesaikan tugas project yang dibuat dosen melalui instruksi-instruksi kerja yang telah disusun sebelumnya.

BAHAN AJAR/LITERATUR BACAAN :

  1. Amirullah dan Rindyah Hanafi, Pengantar Manajemen, Edisi pertama, Cetakan pertama, (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2002)
  2. Richard L. Daft. Manajemen, Jilid 1 & 2, Edisi Kelima, (Jakarta : Erlangga, 2002)
  3. Stephen P. Robins dan Mery coulter, Manajemen, Edisi Indonesia, Jilid 1 dan 2, (Jakarta : Prehellindo, 1999)
  4. M. A. Mukhyi, Pengantar Manajemen Umum, (Jakarta : Gunadarma, 1995)
  5. Soedjadi, Fx., Analisis Manajemen Modern, Kerangka pikir dan Pokok Aplikasinya, (Jakarta : Gunung Agung, 1997)
  6. Sondang P. Siagian MPA, Fungsi-fungsi Manajemen, (Jakarta : Bumi Aksara, 1996)
  7. Sukanto Reksohadiprodjo M. Com. Ph. D, Dasar-dasar Manajemen, (Yogyakarta : BPFE, 1996)
  8. Basu Swastha, DH, SE, MBA, Pengantar Bisnis Modern, (Yogyakarta : Liberty, 1993)
  9. Indriyo Gito Sudarmo M, Com, Pengantar Bisnis, (Yogyakarta : BPFE, 1996)
  10. M. Fuad, Chrisine H, Nurlela, Sugiarto, Paulus YEF, Pengantar Bisnis, (Jakarta : Gramedia, 2001)
  11. Ricky W. Griffin, Ronald J. Ebert (Prof. Dr. Wagiono Ismangil), Bisnis, Jilid 1 dan 2, (Jakarta : Prenhallindo, 1998)
Wasalamu'alaikum.Wr.Wb